20 Oleh-Oleh Khas Bandung yang Menggugah Selera dan Harga Terjangkau

20 Oleh-Oleh Khas Bandung yang Menggugah Selera dan Harga Terjangkau
info gambar utama

Bandung, ibukota dari Provinsi Jawa Barat ini tak pernah gagal dalam memikat para wisatawan. Baik dengan ragam wisatanya yang selalu hits karena mengikuti perkembangan zaman dan kekinian, juga tak ketinggalan dengan ragam kulinernya yang selalu penuh inovasi dan pastinya enak!

Bukan hanya itu, di Kota Kembang ini juga terdapat ragam oleh-oleh khas Bandung yang dapat membuat siapa saja kalap dalam membelinya. Bagaimana tidak? Tampilan visual yang menggugah selera, rasa yang super lezat, serta harga yang terjangkau dan ramah di kantong pun menjadi daya tarik utama yang sulit untuk ditolak.

Lalu, apa saja jajanan khas Bandung yang bisa dijadikan oleh-oleh? Tak perlu khawatir, karena kami akan membagikan rekomendasinya untuk Anda!

Apabila Anda sedang berlibur ke Kota Kembang maka jangan lewatkan 20 oleh-oleh khas Bandung dalam bentuk jajanan berikut ini.

1. Kue Balok

oleh oleh bandung
info gambar

Oleh-oleh khas Bandung yang pertama adalah Kue Balok. Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan jajanan yang ada pada posisi pertama pada daftar ini, bukan?

Sebab keberadaan kue balok ini begitu populer dan bahkan disukai oleh banyak orang. Ciri khusus dari kue ini tentu saja terletak pada bentuknya yang menyerupai balok.

Menariknya lagi, kue balok ini tersedia dalam berbagai macam rasa mulai dari original, coklat, brownies, dan bahkan green tea.

Satu hal yang perlu Anda ketahui, meskipun merupakan salah satu jajanan yang sedang viral, kue balok ternyata sudah ada sejak dulu dan kerap dijadikan sebagai menu sarapan.

Di Bandung sendiri penjaja kue balok sangat menjamur. Namun terdapat rekomendasi kue balok legendaris yang telah ada sejak tahun 1960 an yaitu Kue Balok Mang Didin.

Lokasinya berada di di Jl. Abdul Rahman Saleh No.52 Cicendo, Bandung, kedai ini buka selama 24 jam dan harganya pun sangat receh yaitu hanya Rp3.000 saja per bijinya.

2. Pisang Bolen

oleh oleh bandung
info gambar

Oleh-oleh khas Bandung yang kedua yaitu pisang bolen, di mana jajanan ini ternyata kerap diburu oleh masyarakat setempat dan juga pelancong. Pisang boleng merupakan kudapan yang bahan dasar pembuatnya yaitu dari pisang dan juga keju. Kedua bahan ini nantinya akan diselimuti adonan pastry sehingga tak heran jika rasanya begitu nikmat.

Jika mencari rekomendasi terbaik, Bolen Kartika Sari bisa menjadi pilihan. Cukup mengeluarkan budget sebesar Rp.70.000 an saja Kawan sudah bisa mendapatkan sekotak Bolen lezat dengan jumlah 10 pcs. Borong untuk keluarga di rumah!

3. Bolu Susu Lembang

oleh oleh bandung
info gambar

Saat berlibur di daerah Lembang, Bandung pastinya Anda akan menemui jajanan yang satu ini.

Menjadi salah satu kuliner ikonik dari Lembang, terdapat banyak sekali gerai oleh-oleh yang menjual bolu susu lembang ini dengan beragam rasa mulai dari stroberi, vanila, hingga coklat.

Teksturnya yang lembut dengan cita rasa yang creamy membuat siapa pun ketagihan saat mencobanya. Untuk itu, jangan makan sendirian. Bawalah beberapa kota bolu susu Lembang untuk oleh-oleh bagi keluarga di rumah. Urusan harga tak perlu khawatir, bolu susu lembang cukup ramah di kantong karena hanya dibanderol seharga 40 ribuan saja per kotaknya.

4. Tahu Susu Lembang

oleh oleh bandung
info gambar

Daerah Lembang memang memiliki beragam jajanan yang unik. Tidak hanya bolu susu saja, melainkan ada juga tahu susu. Nantinya Anda bisa mendapatkan tahu ini dalam keadaan mentah maupun sudah digoreng. Biasanya satu pak tahu susu Lembang ini dibanderol dengan harga di bawah 50 ribu. Sangat terjangkau untuk dijadikan oleh-oleh khas Bandung bukan?

5. Peuyeum Bandung

oleh oleh bandung
info gambar

Membawa tape atau peuyeum Bandung sebagai oleh-oleh rasanya telah menjadi sebuah keharusan. Bagi Anda yang belum mengetahui, peuyeum Bandung adalah tape khas Bandung. Pembuatannya sama dengan tape pada umumnya yaitu menggunakan singkong yang difermentasikan dengan ragi sehingga menjadi lembut dan menghasilkan rasa asam manis yang khas.

Tidak sulit untuk menemukan penjaja peuyeum di Bandung. Salah satu rekomendasi terbaiknya adalah peuyeum si madu yang bisa Anda temui di sepanjang Jalan Cihampelas Bandung dengan harga Rp17.000-an per kilonya.

6. Martabak Bandung

oleh oleh bandung
info gambar

Martabak terenak bukan hanya berasal dari Bangka saja. Martabak Bandung juga wajib Kawan bawa pulang untuk oleh-oleh karena kenikmatan rasanya yang juara. Salah satunya adalah Martabak San Fransisco yang merupakan salah satu martabak terpopuler di Bandung.

Dengan range harga Rp40.000 - Rp85.000 Kawan sudah bisa mendapatkan seloyang martabak manis dengan pilihan topping seperti coklat kacang, keju coklat, keju, green ea, Delfi, Chunky Bar, Oreo, Kit Kat Coklat, Nutella, dan Tobeleron.

7. Perkedel Bondon

oleh oleh bandung
info gambar

Perkedel Bondon merupakan salah satu jajanan hits di Bandung yang banyak dijajakan di sekitar Stasiun Hall Kereta Api Bandung. Perkedel dengan harga yang sangat receh yaitu hanya sekitar 1.500 rupiah saja per buahnya ini cocok juga dijadikan oleh-oleh karena rasanya yang nikmat dan gurih.

Jika Anda ingin mencicipi perkedel Bondon sekaligus membelinya sebagai oleh-oleh, jangan lupa datang di malam hari karena jajanan yang satu ini dijajakan mulai malam hari sekitar jam 10 malam hingga dini hari.

8. Colenak

oleh oleh bandung
info gambar

Colenak merupakan oleh-oleh khas Bandung yang sudah ada sejak tahun 1930. Menariknya lagi, jajanan colenak ini terbuat dari peuyeum yang dimasak dengan cara dibakar lalu disiram dengan campuran air gula jawa dan parutan kelapa. Sudah terbayang dengan sensasi rasanya yang unik namun lezat, bukan?

9. Kue Bandros

oleh oleh bandung
info gambar

Rasa gurih dan juga asin pada kue Bandros ini berasal dari campuran tepung beras dan juga santan kelapa yang sebagai bahan utamanya. Selain itu, taburan kelapa parut yang ada di atas kue bandros ini juga mampu menambah kenikmatannya. Untuk harganya, kue Bandros dibanderol dengan harga 20-30 ribuan per kotaknya.

10. Combro

oleh oleh bandung
info gambar

Sebenarnya oncom di jero alias combro ini merupakan makanan khas Kota Bandung yang sudah populer sejak zaman dahulu. Sesuai dengan namanya, jajanan yang kerap dijual di pasar tradisional ini terbuat dari olahan singkong yang digoreng lalu diberi dengan isian oncom.

11. Misro

oleh oleh bandung
info gambar

Tidak jauh berbeda dengan combro, misro alias amis di jero ini juga terbuat dari parutan singkong. Yang membedakan antara kedua makanan ini hanyalah pada isiannya, yaitu misro yang diisi dengan gula merah sehingga bercita rasa manis.

12. Gehu Jeletot

oleh oleh bandung
info gambar

Gehu merupakan jajanan oleh-oleh khas Bandung yang terbuat dari tahu yang diisi dengan menggunakan tauge yang telah dimasak dengan bumbu pedas. Setelah itu dilapisi dengan menggunakan tepung crispy sehingga rasanya begitu gurih dan tentunya renyah di setiap gigitannya. Menariknya lagi, ada variasi lain yang bisa Anda temui mulai dari isian wortel, kol, bihun, hingga daging cincang.

13. Tempe Gila

oleh oleh bandung

Camilan kekinian yang sedang hits ini wajib Anda bawa pulang ketika sedang liburan ke kota Bandung. Dinamakan tempe gila karena taburan bumbu pedas yang dimilikinya terkenal sangat pedas. Oleh karenanya, jajanan yang satu ini wajib Anda borong jika Anda dan keluarga merupakan spicy lovers.

14. Bolu Bakar

oleh oleh bandung

Apabila Anda ingin jajanan oleh-oleh khas Bandung yang unik, maka kuliner yang bernama bolu bakar ini bisa dijadikan pilihan. Hal ini tidak lain karena bolu ini dimasak dengan cara dibakar, sehingga jangan heran jika rasanya begitu unik namun lezat. Bahkan, Anda dapat memilih dua variasi bolu bakar yang ada, mulai dari rasa asin dan juga manis dengan berbagai macam isian di dalamnya.

15. Wajit Cililin

oleh oleh bandung
info gambar

Jajanan khas kota Kembang ini pada dasarnya memang menyerupai dodol. Namun satu hal yang membedakannya yaitu terletak pada proses pengemasannya. Wajit cililin ini dibungkus dengan menggunakan kulit jagung sehingga bisa bertahan lama. Selain itu, bahan dasar pembuatannya sendiri berasal dari beras ketan, kelapa, dan juga gula merah.

16. Gepuk

oleh oleh bandung
info gambar

Oleh-oleh khas Bandung yang tak kalah nikmat yaitu gepuk karena bahan dasarnya sendiri terbuat dari olahan daging sapi. Bahkan, jajanan yang satu ini mampu bertahan lama karena olahan daging sapi tersebut direbus sampai benar-benar matang.

Setelah itu daging sapi tersebut dipukul-pukul sampai melebar lalu ditusuk dengan menggunakan lidi lalu direbus lagi dengan menggunakan santan dan juga bumbu rempah-rempah. Sebelum menikmatinya, tentunya Anda harus menggorengnya terlebih dahulu lalu sajikan bersama sepiring nasi, dijamin bikin ketagihan!

17. Rujak Cireng

oleh oleh bandung
info gambar

Rujak Cireng merupakan modifikasi dari jajanan khas kota Kembang yaitu cireng yang terbuat dari tepung kanji lalu digoreng dan disajikan dengan menggunakan saus.

Jika dulu cireng dinikmati dengan cabai rawit atau saus sambal. Pada kudapan yang satu ini cireng akan disantap dengan saus atau bumbu rujak.

Untuk masalah harga, Anda tidak perlu khawatir karena rujak cireng ini begitu terjangkau mulai dari 7 ribu hingga 21 ribu dalam satu kemasannya. Bahkan, Anda bisa menikmati variasi bentuk cireng dengan bumbu sambal rujaknya yang begitu segar dengan perpaduan rasa asam, manis, dan pedas itu.

18. Keripik Maicih

oleh oleh bandung
info gambar

Bagi Anda yang ingin mencari oleh-oleh khas Bandung yang kres kres bisa memborong keripik Maicih. Keripik singkong yang renyah dengan bumbu pedas yang tersedia dari level 1 hingga 10 ini siap memanjakan lidah Anda.

Banyak tersedia di toko oleh-oleh Bandung, untuk membawanya pulang Anda cukup merogoh kocek 15-20 ribuan saja per bungkusnya.

19. Basreng

oleh oleh bandung
info gambar

Basreng atau akronim dari baso goreng merupakan camilan renyah yang wajib Anda jadikan oleh-oleh sebelum Anda beranjak dari Bandung. Pasalnya basreng asli Bandung begitu populer dengan rasa gurih pedas dan kerenyahannya.

Tidak sulit untuk menemukan basreng di Bandung karena pada umumnya semua toko oleh-oleh menjualnya. Harganya pun sangat receh yaitu berkisar antara 10-20 ribuan saja per bungkusnya.

20. Picnic Roll

oleh oleh bandung

Akhirnya kita sampai di list terakhir dari rekomendasi jajanan oleh-oleh khas Bandung yang diisi oleh jajanan kekinian yang sempat sangat viral di 2021 yaitu Picnic Roll.

Picnic Roll merupakan jajanan dengan bahan dasar puff pastry yang diberi isian daging sapi atau ayam giling dengan tambahan telur.

Produk andalan dari Prima Rasa ini dibanderol dengan harga mulai dari 80 ribuan dan sangat cocok rasanya untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau orang-orang tersayang.

Demikian rekomendasi 20 oleh-oleh khas Bandung dalam bentuk jajanan yang cocok untuk Anda bawa pulang. Harganya sangat ekonomis, terjangkau dan bervariasi sehingga pastinya tak akan membuat jebol kantong Anda.

Punya rencana liburan ke kota kembang? Jangan lupa catat 20 jajanan di atas ya sehingga nantinya Anda tak bingung lagi saat ingin membeli oleh-oleh khas Bandung.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini