5 Tips Makan All You Can Eat, Anti Rugi!

5 Tips Makan All You Can Eat, Anti Rugi!
info gambar utama

Konsep—bayar sekali makan sepuasnya—di restoran all you can eat populer di kalangan pencinta kuliner. Namun, agar bisa menikmatinya tanpa merugi, Kawan harus tahu tips makan ala all you can eat.

Tren restoran all you can eat di Indonesia semakin menjamur. Pilihan makanannya pun semakin beragam. Dijamin memuaskan lidah dan perut tanpa bikin dompet merana.

Restoran all you can eat biasanya memberi batasan waktu makan selama 90—120 menit. Bila perut kenyang sebelum waktu berakhir, kita akan merasa rugi karena uang yang dikeluarkan jadi tidak sebanding.

Jadi, sebelum makan ala all you can eat, simak tips berikut ini, yuk!

1. Pilih Restoran dengan Penawaran Terbaik

Restoran All You Can Eat | Foto: Billow926
info gambar

Kawan pasti tidak mau, kan, membuang uang untuk pengalaman makan tidak menyenangkan? Untuk itu, Kawan perlu melakukan survei restoran all you can eat, mulai dari segi makanan, harga, dan penilaian orang lain.

Selain itu, perhatikan juga syarat dan ketentuan agar tidak menyesal di nantinya. Pastikan juga makanan yang ditawarkan cocok dengan selera Kawan GNFI, ya!

Baca juga: Hindari Minum Teh Setelah Makan, Begini Dampaknya

2. Jangan Makan dalam Keadaan Perut Lapar

Sarapan | Foto: Unsplash/Margarita Zueva
info gambar

Mungkin Kawan berpikir untuk mengosongkan perut sebelum pergi ke all you can eat. Nyatanya, untuk makan di sini, perut tidak boleh sampai kelaparan, lho.

Melansir laman Save the Student, makan all you can eat dalam keadaan perut lapar akan membuat kapasitas perut mengecil. Dengan begitu, kita tidak bisa makan sepuasnya.

Maka dari itu, nikmati sarapan seperti biasa. Semangkuk sereal direkomendasikan karena ringan dan tinggi serat.

3. Minum Air Putih

Minum Air Putih | Foto: Engin Akyurt
info gambar

Restoran all you can eat biasanya menyediakan minuman manis. Jangan pilih minuman manis karena perut akan lebih cepat kenyang.

Pastikan Kawan tetap terhidrasi dengan minum air putih. Sebagai alternatif, dalam air boleh ditambahkan sepotong lemon. Buah kuning itu mampu melancarkan pencernaan, mengurangi kembung, dan mencegah mulas.

Baca juga: Kawan Masih Suka Melewatkan Jam Makan? Jangan Lakukan Lagi!

4. Makan dalam Porsi Kecil

Porsi Kecil | Foto: Shiho Azuma
info gambar

Mulai dari porsi kecil terlebih dahulu. Kawan dapat menggabungkan beberapa menu dalam satu piring, daripada hanya mengambil satu jenis makanan dalam porsi besar. Makanan yang kita cicip juga akan lebih banyak.

Dengan cara ini, otak akan "tertipu" seakan-akan perut belum puas makan. Alhasil, kita akan masih merasa lapar dan ingin makan lebih banyak.

5. Mulai dengan Sup atau Salad

Sup | Foto: Unsplash/Julia Kicova
info gambar

Apabila ada, mulai dengan makan sup atau salad. Kandungan air dalam sup dan salad lebih mudah diproses oleh perut sehingga tidak cepat membuat kenyang. Anggap saja ini sebagai pemanasan sebelum menyantap hidangan lain. Jangan lupa tetap ambil dalam porsi kecil, ya!

6. Jeda Waktu Makan dengan Cokelat

Coklat | Foto: Jessica Loaiza
info gambar

Memang terdengar sedikit aneh, tetapi mengambil jeda dengan makan cokelat ternyata baik untuk kondisi perut. Makanan gurih yang dikonsumsi telalu banyak dapat menyebabkan mual. Oleh karena itu, kita butuh makanan manis untuk menetralisir.

Makanan manis turut menyeimbangkan gula darah dan membantu Kawan bersemangat makan di putaran selanjutnya. Ingat, makan secukupnya saja.

Baca juga: Gak Mau Ngantuk Usai Makan Siang? Ini Dia Cara Mengatasinya!

7. Hindari Karbohidrat

Karbohidrat | Foto: Mohamed Hassouna
info gambar

Belum kenyang kalau belum makan nasi, itu kata orang Indonesia. Namun, prinsip ini jangan Kawan terapkan saat makan all you can eat.

Sebisa mungkin, hindari makanan tinggi karbohidrat agar perut tidak cepat kenyang. Bukan hanya nasi, tetapi roti, mi, pasta, dan makanan bertepung lainnya.

Sebagai gantinya, Kawan bisa memilih makanan tinggi protein. Alih-alih perut kenyang lebih cepat, makanan tinggi protein justru membuat kenyang bertahan lama.

Nah, itu dia tips makan all you can eat yang bisa Kawan coba. Jangan lupa dipraktikkan agar tidak merugi, ya. Selamat makan!

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini