Bali Raih Peringkat ke-7 Tempat Wisata Terbaik di Asia 2023

Bali Raih Peringkat ke-7 Tempat Wisata Terbaik di Asia 2023
info gambar utama

Provinsi Bali menempati posisi ke-7 dari 15 tempat wisata terbaik di Asia tahun 2023 versi media Amerika Serikat, U.S. News & World Report. Pesona Bali nan eksotis bahkan mampu menyaingi Seoul dan Singapura yang berada cukup jauh di bawah.

Keindahan alam Bali yang begitu menakjubkan menjadi nilai utama pulau ini masuk ke dalam daftar. Para pelancong dunia kerap menyebut Bali sebagai “surga di bumi”. Hutan hujan, pegunungan, lembah-lembah, dan pantai, semuanya terletak berdampingan. Beberapa pura yang menenangkan dapat ditemukan di sini, termasuk pura Uluwatu dan Tanah Lot. Lalu, yang tak boleh dilewatkan adalah mengunjungi Ubud, pusat budaya Bali dengan persawahan trasering yang terkenal. Demikianlah sekilas penilaian terhadap Bali.

Dari tahun ke tahun, Bali tampaknya tak pernah absen dari daftar tempat wisata terbaik. Bali bahkan berada di peringkat 2 tempat wisata terbaik untuk dikunjungi di Asia bulan Oktober 2022 versi media yang sama.

Arak Bali Sejajar Whiskey dan Vodka Jadi 7 Minuman Spirit Dunia

Apa yang membuat Bali istimewa?

Daftar 15 tempat wisata terbaik se-Asia ini dibuat berdasarkan beberapa faktor, mulai dari aksesibilitas, pertimbangan harga lokal, variasi atraksi setiap tujuan yang ada di daerah tersebut, sampai umpan balik dari para wisatawan mancanegara.

U.S. News & World Report merilis setidaknya ada 14 destinasi dan aktivitas terbaik yang membuat Bali istimewa, berdasarkan penilaian mulut ke mulut dan riset tulisan para travel blogger.

Urutan pertama diraih oleh Pura Tirta Empul di Kabupaten Gianyar. Kuil Air Suci ini dinilai memberikan ketenangan yang tak dapat ditandingi pura lain di sekitarnya. Tempat sembahyang umat Hindu ini kerap dikunjungi juga oleh orang dengan keyakinan berbeda-beda.

Untuk memasuki kuil kuno ini, pengunjung harus mengenakan pakaian lengkap dengan sarung. Pura Tirta Empul memiliki dua kolam besar dengan banyak pancuran. Area kolam inilah yang menjadi tempat umat Hindu mengadakan ritual melukat, penyucian diri dengan membasahi seluruh tubuh di bawah pancuran. Tak jarang, umat agama lain yang ingin mencari ketenangan secara spiritual, turut serta melakukan ritual ini.

Di posisi kedua ada Pura Uluwatu. Lokasi tebing pura ini dipuji sangat menakjubkan dan memiliki aristektur yang indah. Lalu, yang ketiga Pura Tanah Lot. Banyak turis tercengang saat melihat kompleks religi ini. Arsitekturnya sangat mengesankan, berdiri di atas batu raksasa bergerigi dan muncul dari lautan pantai selatan Bali. Tak heran, tempat ini sangat ramai dikunjungi. Memotret Pura Tanah Lot kala matahari tenggelam tak boleh dilewatkan. Selain itu, kios makanan, minuman, hingga oleh-oleh, berjajal memenuhi selera belanja para wisatawan

Tempat terbaik di Bali posisi keempat dan seterusnya ditempati oleh Jimbaran, Pantai Kuta, Kintamani, Pantai Sanur, Nusa Dua, Teras Sawah Tegallalang, Gunung Kawi, Waterbom Badung, dan yang ke-dua belas: Nusa Penida.

Selain sejumlah destinasi di atas, ada 2 aktivitas seru yang bisa dilakukan di Bali, di antaranya: kelas memasak periuk Bali di Jalan Raya Lalapan Petulu Ubud Gianyar dan Tur Sepeda Selebriti di Jalan Raya Dharma Putra Lapapan Kabupaten Gianyar.

Dari 15 tempat wisata terbaik di Asia versi U.S. News & World Report, posisi pertama dipegang oleh Tokyo Jepang, kedua Maladewa, ketiga Phuket Thailand, keempat Taman Nasional Sagarmatha Nepal, kelima Hongkong, dan yang keenam Ciang Mai Thailand. Sementara itu, Singapura berada di posisi 10, sedangkan Seoul—kota super metropolitan Korea Selatan—berada di posisi terakhir.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini