Dari Piala AFF, Timnas Indonesia Beralih Menuju Piala Asia

Dari Piala AFF, Timnas Indonesia Beralih Menuju Piala Asia
info gambar utama

Langkah Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 terhenti pada Senin, 10 Januari 2022. Indonesia dipaksa menelan kekalahan dari Vietnam.

Bermain di Stadion My Dinh, Hanoi, Indonesia menghadapi Vietnam dalam laga leg kedua semifinal. Hasilnya, Indonesia kalah dengan skor 0-2.

Dua gol yang bersarang ke gawang Indonesia dicetak oleh Nguyen Tien Linh pada menit ke-3 dan 47.

Hasil itu membuat Indonesia tidak mampu melaju ke final. Pada leg pertama yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, tiga hari sebelumnya, kedua tim bermain imbang tanpa gol.

"Kami kalah dan saya ingin meminta maaf kepada semua suporter Timnas Indonesia. Saya pikir Vietnam bermain bagus hari ini. Saya mengucapkan selamat kepada mereka karena menang dan menjaga gawangnya tidak kebobolan," ujar pelatih Shin Tae-yong seperti dilansir laman resmi PSSI.

Kekalahan ini tentu mengecewakan publik sepak bola Indonesia. Namun, Indonesia juga tidak boleh sedih terlalu lama karena masih ada ajang penting lain yang menanti, yakni Piala Asia 2023.

Sejarah Stadion Menteng, Saksi Lika-liku Persija dan Sepak Bola Jakarta

Menuju Piala Asia 2023

Piala Asia merupakan ajang sepak bola tingkat benua yang mempertemukan timnas terbaik dari seluruh penjuru Asia. Untuk tahun 2023 ini, Piala Asia bakal dihelat di Qatar pada tanggal 16 Juni hingga 16 Juli 2023.

Ada 24 tim yang ikut serta di mana Indonesia adalah salah satunya. Indonesia lolos ke Piala Asia setelah menjadk runner-up Grup A kualifikasi babak ketiga. Saat itu, Indonesia bersaing dengan Yordania, Kuwait, dan Nepal.

Piala Asia 2023 adalah momen penting bagi Indonesia. Sebab, sudah lama Indonesia absen dari ajang tersebut. Partisipasi terakhir Indonesia adalah pada tahun 2007. Kala itu, Indonesia adalah tuan rumah bersama dengan Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Belum diketahui dengan tim mana Indonesia akan bersaing di penyisihan grup karena pengundian belum digelar. Namun yang jelas, persaingan jelas akan sulit terlepas dari siapapun lawan yang dihadapi. Di Qatar nanti, Vietnam pun akan turut ambil bagian.

Shin Tae-yong tampaknya sadar betul bahwa masih ada sederet tantangan yang masih harus dilewati Indonesia, termasuk Piala Asia ini. Pelatih asal Korea Selatan itu menyimpan optimisme bahwa Indonesia punya potensi untuk terus berkembang yang perlu dimaksimalkan.

"Saya pikir sepak bola Indonesia masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk maju," katanya.

Fakta Tentang Pembangunan Stadion Kanjuruhan

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini