Sirkuit Mandalika Kantongi Lisensi Grade 2 dari FIA, Ini Keunggulannya

Sirkuit Mandalika Kantongi Lisensi Grade 2 dari FIA, Ini Keunggulannya
info gambar utama

Sirkuit Mandalika dipastikan mengantongi lisensi Grade 2 dari FIA. Kenali apa artinya lisensi tersebut dan keuntungan apa yang didapat.

Kepastian bahwa Sirkuit Mandalika akan mengantongi lisenai Grade 2 disampaikan oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo. Menurut Bambang, lisensi itu akan diberikan pada akhir Januari atau Februari 2023 nanti.

"Atau paling lambat Februari 2023, Sirkuit Internasional Mandalika akan menerima lisensi Grade 2 dari FIA," ujar pria yang kerap disapa Bamsoet itu seperti dilansir Antara.

FIA atau Federation Internationale de I’Automobile akan memberikan lisensi Grade 2 kepada Sirkuit Mandalika setelah arena balap yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat itu tuntas melalui inspeksi pada Desember 2022 lalu.

Saat itu, inspeksi dilakukan oleh Timothy Schenken selaku Inspektur FIA didampingi oleh Wakil Ketua Umum Olahraga Mobil PP IMI Ananda Mikola serta jajaran dari Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Lantas, apa itu lisensi Grade 2 FIA dan keuntungan apa yang didapat Sirkuit Mandalika dari lisensi tersebut?

Indonesia Bisa Punya Sirkuit Bertaraf Internasional Lagi Selain Mandalika

Mengenal lisensi Grade 2

FIA yang merupakan federasi motorsport dunia punya beberapa kategori untuk menentukan standar kualitas sebuah sirkuit balap. Untuk itu, FIA mengeluarkan lisensi mulai dari Grade 1 hingga enam plus Provisional Circuit License.

Grade 1 adalah lisensi tertinggi yang berarti sirkuit yang memilikinya berarti punya kualitas paling top. Sirkuit dengan lisensi Grade 1 boleh digunakan untuk menggelar balap Formula 1.

Lantas, bagaimana dengan lisensi Grade 2?

Menurut laman racingcircuits.info, sirkuit Grade 2 seperti Sirkuit Mandalika dapat digunakan untuk menggelar balapan kendaraan yang punya rasio berat/tenaga antara 1 sampai 2 kg/tenaga kuda. Sirkuit Grade 2 tidak bisa dipakai untuk Formula 1, dan yang diperbolehkan adalah balapan mobil sport, mobil GT, dan mobil touring.

Hal demikian juga disampaikan oleh Bamsoet. Bahkan ia juga telah menyebut beberapa nama ajang yang nantinya bisa digelar di Sirkuit Mandalika.

"Setelah mendapatkan Grade 2, Sirkuit Internasional Mandalika bisa menyelenggarakan berbagai kejuaraan internasional balap mobil seperti F2, Asia Le Mans Series, GT World Challenge, World Endurance Challenge, dan lain sebagainya," ujar Bamsoet.

Menariknya, negara-negara tetangga Indonesia ternyata sudah punya sirkuit Grade 1. Tercatat, sirkuit di ASEAN yang telah mengantongi Grade 1 adalah Sirkuit Marina Bay Singapura, Hanoi Street Circuit Vietnam, dan Buriram International Circuit Thailand.

Euforia MotoGP Mandalika, Keramaian Parade Seremonial dan Berkah Bagi Masyarakat Lokal

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini