Kawan Wajib Tahu, 5 Cara Mengatur Keuangan untuk Hobi Tanpa Rugikan Finansial

Kawan Wajib Tahu, 5 Cara Mengatur Keuangan untuk Hobi Tanpa Rugikan Finansial
info gambar utama

Berkegiatan pada waktu luang sangat baik untuk menenangkan pikiran dan membunuh kebosanan. Namun, apabila kegiatan tersebut membutuhkan dana, Kawan harus tahu cara mengatur keuangan untuk hobi tanpa merugikan finansial.

Hobi menjadi sarana hiburan paling efektif untuk meningkatkan mood setelah bekerja. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Fixed-Effects Analyses of Time-Varying Associations between Hobbies and Depression in a Longitudinal Cohort Study: Support for Social Prescribing?, hobi berdampak positif untuk menangani kasus depresi.

Selain mengurangi stres dan depresi, hobi juga bermanfaat untuk sumber kebahagiaan, meningkatkan rasa percaya diri, dan membangun hubungan baru.

Lalu, bagaimana kalau hobi yang Kawan lakukan harus mengeluarkan uang? Misalnya, membeli raket untuk bulu tangkis atau seperangkat alat untuk melukis. Tentu Kawan harus pintar dalam mengelola keuangannya.

Ketahui cara mengatur keuangan untuk hobi melalui informasi berikut ini, ya!

Baca juga: Hobi Baca Buku Bahasa Inggris, Tapi Cepat Lelah Memahami? Tenang Saja!

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan untuk Hobi?

Cara Mengatur Keuangan untuk Hobi | Foto: Bich Tran/Pexels
info gambar

1. Prioritaskan Kebutuhan Pokok Terlebih Dahulu

Sebelum mengeluarkan uang untuk hobi, pastikan kebutuhan pokok sudah terpenuhi. Apabila mempunyai utang atau cicilan, bayar terlebih dahulu. Prioritaskan keuangan Kawan untuk hal penting sebelum mengalokasikan dana hobi dan hiburan.

Kawan bisa menggunakan metode 40-30-20-10 untuk atur gaji bulanan. Sebanyak 40 persen untuk kebutuhan hidup, 30 persen untuk cicilan, 20 persen untuk tabungan dan beramal, dan sisanya bisa Kawan alokasikan untuk hobi.

2. Alokasikan Dana

Ada dua cara mengelola keuangan untuk hobi, yakni mengambil sisa pemasukan setelah kebutuhan terpenuhi dan mengalokasikan dana dari gaji bulanan. Apabila Kawan mengambil cara kedua, alokasikan dana hobi atau hiburan sekitar 10 persen dari gaji bulanan.

Cara lain, Kawan bisa melakukan investasi atau menabung demi membeli kebutuhan hobi yang besar. Misalnya, kamera atau sepeda. Namun, pastikan semuanya kembali kepada kemampuan dan kebutuhan Kawan, ya.

3. Cari Diskon dan Promo

Jangan paksakan diri membeli kebutuhan hobi secepat mungkin. Tunggu hari dan tanggal khusus e-commerce yang mungkin memberikan banyak diskon dan promo besar-besaran. Momen ini bisa Kawan gunakan untuk membeli kebutuhan hobi lebih murah.

Baca juga: Tips Bijak Lakukan Self Reward Tanpa Membahayakan Keuangan

Alternatif lain, bila keuangan terbatas, daripada membeli barang baru, Kawan dapat membeli barang bekas yang masih bagus.

4. Jadikan Hobi sebagai Sumber Penghasilan

Lebih bagus bila hobi yang Kawan tekuni mampu menjadi sumber penghasilan, seperti fotografi atau memasak. Selagi, mengasah kemampuan dan menghibur diri, Kawan pun dapat pundi-pundi.

Seperti yang Kawan ketahui, kini hobi bermain game juga menghasilkan uang, lho. Melalui platform live streaming, Kawan bisa bermain game dan mengundang orang untuk menonton. Pasang iklan dan jadikan sumber penghasilan.

5. Pilih Hobi yang Tidak Mengeluarkan Banyak Uang

Hobi tak perlu mahal. Pilih hobi yang produktif dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Dengan begitu, Kawan bisa alokasikan dana untuk kebutuhan lain yang lebih penting. Hobi yang tidak mengeluarkan banyak uang, misalnya membaca, lari, menulis, jalan-jalan, dan masih banyak lagi.

Namun, bila hobi yang Kawan lakukan memang harus mengeluarkan banyak uang, selalu batasi diri dan jangan sampai kebablasan. Bukan hanya soal uang, Kawan juga harus alokasikan waktu untuk hobi, ya! Lebih bagus kalau hobi tersebut produktif dan mengasah skill.

Baca juga: Tips Hidup Hemat Mengatur Keuangan Mahasiswa

Itulah cara mengatur keuangan untuk hobi tanpa bikin kantong Kawan menipis. Paling penting selalu prioritaskan kebutuhan pokok terlebih dahulu sebelum mengeluarkan dana untuk hobi, ya, Kawan GNFI! Semoga informasi ini bermanfaat.

Referensi:Republika | IMMPL | Sinarmas

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini