6 Oleh-oleh Khas Pematang Siantar, Ada Roti Legendaris!

6 Oleh-oleh Khas Pematang Siantar, Ada Roti Legendaris!
info gambar utama

Berbicara soal Sumatra Utara, apa yang terlintas di benakmu? Apakah Medan atau Danau Toba? Selain kedua tempat tersebut, masih ada kota yang tak kalah ikonik di provinsi ini. Itu adalah Kota Pematangsiantar—juga dikenal Pematang Siantar atau Siantar.

Terletak 128 km dari Medan, Pematang Siantar merupakan salah satu kota bersejarah. Di sinilah Wakil Presiden Indonesia ketiga, H. Adam Malik Batubara, lahir. Selain itu, letaknya juga cukup strategis; kamu akan melewatinya apabila hendak pergi ke Danau Toba.

Apabila Kawan tak sengaja lewat ke kota ini, sempatkan untuk mencicipi sederet oleh-oleh khas Pematang Siantar berikut ini. Dijamin menggoyang lidah!

1. Roti Ganda

roti Ganda | Foto: Instagram (rotiganda.medan) dan Instagram (titipbeliyukkk)
info gambar

Roti Ganda merupakan oleh-oleh khas Pematang Siantar yang wajib Kawan beli. Namanya sendiri berasal dari toko yang menjajakannya, toko roti Ganda. Berlokasi di Jalan Sutomo, toko legendaris ini sudah beroperasi sejak 1979.

Ada berbagai aneka roti yang bisa dibeli di sini. Namun, yang paling diminati adalah roti tawar plus selai srikayanya. Manisnya selai berwarna cokelat muda begitu cocok dengan roti Ganda yang lembut. Karena kelezatannya yang melegenda, tak heran kalau toko Ganda selalu ramai dikunjungi pelanggan.

Selain roti srikaya, Kawan GNFI juga bisa membeli varian lain, seperti roti meses cokelat, kue apam, dan kue tar. Selain di Jalan Sutomo, kamu juga bisa datang ke cabangnya yang terletak di Jalan Kartini dan Jalan Surabaya.

Baca juga: Danau Toba, Surganya Sumatera Utara

2. Roti Ketawa Sambo

roti ketawa Sambo | Foto: Instagram (rotiketawasambosiantar) dan Instagram (rotiketawasambo_donatsambo)
info gambar

Apakah kalau makan ini bakal bikin tertawa? Tentu saja tidak, ya, Kawan. Disebut roti ketawa karena bagian atasnya yang merekah terlihat seperti orang yang tertawa.

Jajanan yang satu ini berbentuk bundar dengan warna kecokelatan. Permukaannya dipenuhi biji wijen sehingga roti cita rasanya manis dan gurih.

Meskipun dari luar terlihat keras, bagian dalam roti ketawa bertekstur lembut. Kombinasi tekstur renyah dan lembutnya pasti tidak bikin mulutmu bosan mengunyahnya.

Oleh-oleh khas Pematang Siantar ini bisa kamu beli di toko Roti Ketawa Sambo, berlokasi di Jalan Asahan. Berminat beli, Kawan?

3. Donat Sambo

donat Sambo | Foto: Instagram (rotiketawasambo_donatsambo)
info gambar

Masih di toko Roti Ketawa Sambo, Kawan juga bisa membeli jajanan lainnya. Salah satu yang cukup populer adalah aneka donatnya.

Meskipun tergolong toko roti biasa, jangan remehkan donat Sambo, Kawan! Ukurannya cukup besar, bertekstur lembut, dan ditaburi gula bubuk. Kamu bisa memilih donat yang bolong atau memiliki isi selai, seperti stroberi dan bluberi.

Bahkan, juga ada varian yang dibaluri glaze matcha ala JCO dan Dunkin Donuts. Walaupun terjangkau, rasa donat Sambo nggak kaleng-kaleng, Lae!

Baca juga: 10 Oleh-Oleh Camilan Khas dari Berbagai Daerah Indonesia yang Dapat Bertahan Lama

4. Roti Kaya Siantar

roti kaya Siantar | Foto: Facebook (Roti Kaya Siantar)
info gambar

Masih seputar roti, kudapan yang satu ini juga bisa Kawan jadikan sebagai buah tangan. Adalah roti kaya Siantar, berlokasi di Jalan Gereja Bundaran Simpang Empat, samping Aneka Guna.

Berbeda dengan roti Ganda, roti yang satu ini dikukus. Selai srikayanya berwarna kuning dan pastinya menggoyang lidah. Supaya lebih nikmat, pastikan kamu membelinya selagi masih hangat. Dijamin nagih banget!

5. Teng-Teng A1

teng-teng A1 | Foto: Instagram (rumah.oleholeh.mdn)
info gambar

Mau cari camilan yang tahan lama? Kawan bisa mampir ke toko A1 Asli yang berada di Jl. Merdeka No. 85/87. Di sini, ada banyak produk yang ditawarkan, salah satu yang cukup populer adalah teng-teng atau enting-enting.

Kudapan tersebut berupa permen kacang tumbuk. Sewaktu digigit, rasa manis dan gurih langsung melumuri lidah. Remah kacangnya juga masih terasa sehingga menambah kerenyahan permen ini.

Selain teng-teng, masih ada pilihan jajanan lainnya, seperti ping-ping (krispies wijen putih), pang-pang (krispies wijen hitam), dan dodol wijen. Langsung borong semuanya, yuk, Kawan!

6. Kopi Massa Kok Tong

kopi massa Kok Tong | Foto: Instagram (koktongkopi)
info gambar

Oleh-oleh khas Pematang Siantar terakhir yang wajib kamu beli adalah kopi Kok Tong. Dijual di Café Massa Kok Tong, warung kopi yang satu ini juga sama legendarisnya seperti roti Ganda.

Sedikit sejarah tentang warkop ini, Café Massa Kok Tong didirikan oleh Lim Tee Kee. Tempat ini sudah berdiri sejak 1925 dan masih tetap eksis hingga sekarang.

Ketenarannya dibuktikan dengan masih banyaknya orang yang ingin mencicipi kenikmatan kopi Kok Tong. Menggunakan biji kopi robusta yang berasal dari dataran tinggi Simalungun, cita rasa kopi ini begitu khas. Warnanya pekat dan begitu harum.

Supaya tetap dapat menyeruput kenikmatan kopi Kok Tong, jangan lupa untuk membeli beberapa bungkus bubuk kopinya langsung dari kedainya yang terletak di Jalan Cipto No. 115. Ajak teman, keluarga, atau pasanganmu untuk ngopi di kedai kopi legendaris ini!

Baca juga: 10 Oleh-Oleh Khas Aceh, dari Kuliner Hingga Kerajinan Tangan

Buat Kawan yang mampir atau memang sengaja mengunjungi Siantar, pastikan untuk menghadiahkan orang rumah kelima oleh-oleh khas Pematang Siantar di atas, ya! Semoga informasi tadi bermanfaat.

Referensi: IDN Times | Orami | JadiLaper

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini