Timnas Indonesia Ekstra Sibuk, 4 Ajang Besar Ini Menanti Sepanjang 2023

Timnas Indonesia Ekstra Sibuk, 4 Ajang Besar Ini Menanti Sepanjang 2023
info gambar utama

Tahun 2023 akan jadi tahun yang sibuk bagi Timnas Indonesia. Sebab, sejumlah ajang sudah menanti.

Sepanjang tahun 2023 ini, turnamen yang bakal dihelat tidak hanya melibatkan tim senior, namun juga kelompok usia. Levelnya pun beragam mulai dari Asia Tenggara, Asia, hingga dunia.

Lantas, apa saja turnamen yang sudah menanti Timnas Indonesia sepanjang 2023 ini? Berikut daftarnya:

1. Piala Asia U-20 2023

Inilah agenda besar pertama Timnas Indonesia di level junior pada tahun 2023. Timnas U-20 Indonesia bakal merasakan ketatnya pertarungan dengan negara-negara seantero Asia di ajang Piala Asia U-20 2023.

Piala Asia U-20 2023 Aaan digelar pada 1–18 Maret 2023. Kali ini, Uzbekistan bertindak sebagai tuan rumah di mana seluruh rangkaian pertandingan akan dihelat di dua kota yakni Tashkent dan Fergana.

Ada 16 tim yang ambil bagian. Seperti biasa, ke-16 tim tersebut dibagi ke dalam empat grup. Pembagian grup sudah ditentukan lewat undian yang dilaksanakan di Tashkent pada 26 Oktober lalu. Hasilnya, Indonesia ditempatkan di Grup A bersama Irak, Suriah, dan tuan rumah Uzbekistan.

Indonesia lolos ke putaran final setelah bermain ciamik di babak kualifikasi. Saat itu, Indonesia tergabung di Grup F kualifikasi bersama Vietnam, Timor Leste, dan Hong Kong. Hasilnya, Indonesia menyapu bersih kemenangan dan menjadi juara grup.

Piala Asia U-20 2023 sekaligus juga menanti penentu tim mana yang berhak lolos ke Piala Dunia U-20 2023. Asia mendapat jatah lima peserta, namun hanya tersisa empat karena Indonesia lolos otomatis berhubung posisinya adakah tuan rumah. Dengan demikian, empat tim teratas alias semifinalis akan akan diambil sebagai wakil Asia di Piala Dunia U-20.

Seandainya Indonesia mencapai semifinal, maka satu jatah ke Piala Dunia U-20 akan diberikan kepada salah satu tim yang tersingkir di babak perempat final. Akan ada pertandingan khusus yang dihelat untuk menentukan siapa tim yang berhak atas satu tiket tersebut.

2. Piala Dunia U-20 2023

Inilah ajang paling ditunggu-tunggu tahun ini. Ini adalah ajang sepakbola terbesar sekaligus bisa dibilang paling penting bagi Indonesia.

Bagaimana tidak, Indonesia adalah tuan rumah di ajang ini. Hiruk-pikuk persiapan sudah dimulai sejak Indonesia resmi terpilih sebagai tuan rumah pada 2019 mengalahkan beberapa negara kandidat lain seperti Peru dan Brazil.

Piala Dunia U-20 2023 dijadwalkan dihelat pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Awalnya, ajang ini direncanakan digelar pada tahun 2021, namun pandemi Covid-19 memaksa penyelenggaraannya diundur ke tahun 2023.

Indonesia menyiapkan enam stadion untuk menggelar serangkaian laga. Keenamnya yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Kapten I Wayan Dipta, dan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring.

Akan ada 24 tim yang ikut serta. Namun, belum benar-benar diketahui tim mana saja yang akan ikut. Sebab, masih ada tahap kualifikasi yang belum selesai. Beberapa tim sudah dipastikan akan ambil bagian, namun masih ada yang perlu menunggu kualifikasi rampung.

Ke-24 tim peserta akan dibagi ke dalam enam grup. Pembagian peserta tiap grup sendiri akan ditentukan melalui undian yang dilaksanakan di Jakarta pada Maret mendatang.

Untuk menyambut ajang ini, sudah pasti pelatih Shin Tae-yong dan stafnya harus bekerja ekstrakeras agar tim besutannya bisa tampil maksimal. Apalagi, lawan-lawan yang dihadapi adalah tim raksasa yang juga sangat mungkin diperkiat oleh bintang-bintang muda dunia.

Selain itu, Indonesia juga harus memastikan penyelenggaraan berjalan lancar dari awal hingga akhir. Tidak hanya sekadar menggelar pertandingan, namun keamanan dan kenyamanan seluruh tim, penonton, dan pekerja yang terlibat harus benar-benar dijamin.

3. SEA Games 2023

Sepakbola level Asia Tenggara bukan hanya Piala AFF. Ada pula ajang SEA Games yang digelar setiap dua tahun sekali. Untuk tahun ini, SEA Games dihelat di Kamboja.

SEA Games merupakan ajang olahraga multicabang yang melibatkan negara-negara ASEAN. Cabang sepakbola termasuk salah satu cabang yang selalu paling disorot dan mendapat perhatian.

SEA Games 2023 dijadwalkan dimulai pada 5 Mei dan diakhiri pada 17 Mei 2023. Namun, cabang sepakbola biasanya dimulai lebih awal sehubungan dengan lebih banyaknya waktu yang dibutuhkan untuk menggelar seluruh rangkaian pertandingan.

Di SEA Games, Indonesia akan menurunkan tim U-23. Nantinya, tim tidak akan dilatih Shin Tae-yong karena harus fokus ke ajang internasional lain. Sebagai gantinya, Nova Arianto akan bertindak sebagai pelatih kepala khusus untuk ajang ini saja. Aslinya, Nova Arianto adalah asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

SEA Games memang jelas kalah prestise dari turnamen sepakbola lain yang diikuti Indonesia sepanjang tahun 2023 ini. Namun, tampil maksimal dan meraih juara tetap menjadi hal penting, apalagi sudah lama Indonesia tidak menjadi juara sepakbola di tingkat Asia Tenggara.

Indonesia mampu meraih medali emas SEA Games terakhir kalinya pada tahun 1991. Saat itu, Indonesia mengalahkan Thaand di partai final lewat pertarungan sengit. Penentuan pemenang bahkan harus ditentukan lewat adu penalti.

Total, Indonesia pernah dua kali mendapat medali emas SEA Games. Selain tahin 1991, Garuda juga sukses menjadi juara pada tahun 1987.

4. Piala Asia 2023

Piala Asia adalah ajang tingkat benua yang mempertemukan negara-negara seantero Asia. Karena levelnya benua, maka Piala Asia adalah ajang yang hanya satu kasta di bawah Piala Dunia di kancah sepak bola internasional.

Pada tahun 2023 ini, Piala Asia bakal dihelat di Qatar setelah negara tersebut sebelumnya sukses menggelar Piala Dunia 2022. Piala Asia dijadwalkan dilaksanakan pada tanggal 16 Juni hingga 16 Juli 2023.

Indonesia menjadi salah satu dari total 24 tim yang ambil bagian. Namun, belum diketahui tim mana yang akan dihadapi Indonesia di babak penyisihan grup karena pembagian peserta tiap grup baru akan diketahui lewat pengundian di Kuala Lumpur, Malaysia pada 24 Februari mendatang. Untuk pengundian tersebut, Indonesia masuk ke pot 4.

Indonesia lolos ke Piala Asia setelah menjadk runner-up Grup A kualifikasi babak ketiga. Saat itu, Indonesia bersaing dengan Yordania, Kuwait, dan Nepal.

Hasil di kualifikasi cukup apik kendati pesaingnya berat. Dari tiga laga yang dilakoni, Indonesia menang dua kali dan kalah sekali. Indonesia tercatat menang 2-1 atas Kuwait dan 7-0 atas Nepal, serta kalah 0-1 dari Yordania.

Lolosnya Indonesia ke Piala Asia 2023 disambut gembira oleh publik sepak bola Tanah Air. Maklum saja, ini adalah momen penting yang menandai kembalinya Indonesia ke level Asia setelah sebelumnya absen cukup lama. Terakhir lali Indonesia berlaga di Piala Asia adalah pada tahun 2007. Partisipasi terakhir Indonesia adalah pada tahun 2007. Kala itu, Indonesia adalah tuan rumah bersama dengan Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Pada 2007, Indonesia bermain satu grup dengan Arab Saudi, Korea Selatan, dan Bahrain. Hasilnya, Indonesia duduk di peringkat ketiga grup dan tidak melaju ke fase gugur.

Sejarah Baru & Momen Kebangkitan di Balik All Indonesia Final di Denmark Open 2022



Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini