Timnas Sepak Bola Pantai Indonesia Bertarung di Level Asia

Timnas Sepak Bola Pantai Indonesia Bertarung di Level Asia
info gambar utama

Timnas Sepak Bola Pantai Indonesia menyambut satu ajang besar, yakni Piala Asia Sepak Bola Pantai 2023.

Indonesia telah mendapat tiket ke putaran final Piala Asia Sepak Bola Pantai 2023. Ajang tersebut dijadwalkan digelar di Pattaya, Thailand pada tanggal 16 hingga 26 Maret 2023.

Indonesia sudah mengetahui lawan-lawan yang harus dihadapi di babak penyisihan grup lewat hasil undian yang dilaksanakan di Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis (19/1) siang. Indonesia masuk ke Grup C bersama Jepang, Lebanon dan China.

Piala Asia Sepak Bola Pantai 2023 diikuti oleh 16 tim. Di babak penyisihan grup, para kontestan dibagi ke dalam 4 grup dan diambil 2 tim teratas untuk melaju ke fase gugur.

Piala Asia Sepak Bola Pantai 2023 sekaligus menjadi kualifikasi untuk Piala Dunia. Nantinya, akan diambil tiga tim teratas untuk lolos langsung ke Piala Dunia.

Tahun ini adalah partisipasi kedua Indonesia di ajang Piala Asia Sepak Bola Pantai. Sebelumnya, Indonesia juga pernah ambil bagian pada tahun 2011.

Sementara itu, Indonesia tahun lalu mengikuti ajang lain, yakni Piala Sepak Bola Pantai AFF. Saat itu, Indonesia meraih peringkat ketiga.

Fakta Tentang Pembangunan Stadion Kanjuruhan

Mempersiapkan Diri

Hasil undian tersebut menempati Indonesia di dalam persaingan yang jelas tak mudah. Oleh karena itu, Indonesia wajib mempersiapkan diri semaksimal mungkin agar bisa bersaing.

“Hari ini undian sudah dilakukan dan kita sudah tahu kita berada di grup yang mana. Yang pasti tim nasional harus segera mempersiapkan tim agar bisa siap bertanding lebih baik dari edisi kompetisi sebelumnya” ujar Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri seperti dilansir laman resmi PSSI.

Hal senada disampaikan Indonesia Ida Nyoman Mahayasa. Ia menganggap pertemuan menghadapi tim kuat adalah kesempatan untuk lebih memantapkan permainan.

"Ini akan sangat baik bagi Indonesia untuk lebih mempersiapkan diri dan mematangkan strategi permainan. Terlebih setelah hasil turnamen sepak bola pantai Piala AFF di Thailand tahun lalu. Kami banyak mendapatkan pelajaran, meskipun belum mencapai hasil maksimal di kejuaraan tersebut," kata Ida Nyoman Mahayasa.

Ida Nyoman Mahayasa sudah punya rencana mengenai apa yang harus dilakukannya untuk memoles tim besutannya. Ia menyebut bakal memperbaiki fisik para pemain Indonesia.

"Kami akan mendongkrak fisik para pemain yang kurang prima, kemudian melakukan persiapan yang matang. Semoga kami bisa berbicara banyak di turnamen berikutnya nanti," lanjutnya.

Sejarah Stadion Menteng, Saksi Lika-liku Persija dan Sepak Bola Jakarta





Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini