Indonesia Arena, Stadion Multifungsi Baru di GBK yang Akan Segera Hadir

Indonesia Arena, Stadion Multifungsi Baru di GBK yang Akan Segera Hadir
info gambar utama

Indonesia akan punya sarana olahraga baru yang terletak di Jakarta. Sarana olahraga tersebut adalah Stadion Multifungsi GBK alias Indonesia Arena.

Sesuai namanya, Stadion Multifungsi GBK alias Indonesia Arena berlokasi di komplek Gelora Bung Karno. Senayan, Jakarta. Stadion ini sendiri persisnya ada di bagian utara area GBK. Tepat di sebelah lapangan panahan dan bersinggungan dengan Jalan Gerbang Pemuda.

Kata "Multifungsi" di dalam namanya juga berarti stadion ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Aneka pertandingan olahraga dalam ruangan bisa dihelat di sini seperti bulutangkis dan bola voli. Selain itu, kegiatan di luar olahraga pun bisa digelar, misalnya konser musik.

Indonesia Arena dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sejak April 2021 dan dijadwalkan rampung pada Juni 2023 mendatang. Luas bangunannya sebesar 50.300 meter persegi dengan kapasitas 16.250 penonton dan pembangunannya memakan dana senilai Rp639 miliar. Proses pembangunannya pun mengandalkan teknologi canggih.

"Kementerian PUPR membangun dengan sistem 'green building' dengan teknologi hijau dan di sini jg pertama kali Menteri PUPR membangun dengan sistem 7D, dibangun secara komputer AI analyze, jadi langsung pembangunan semua tepat sasaran," ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir seperti dilansir Antara.

Kawan GNFI penasaran dengan Indonesia Arena? Sebaiknya sabar dulu karena pembangunannya masih berlangsung.

Indonesia Bisa Punya Sirkuit Bertaraf Internasional Lagi Selain Mandalika

Menyambut Piala Dunia FIBA 2023

Nantinya, Indonesia Arena direncanakan sudah bisa digunakan saat Piala Dunia FIBA 2023 dimulai. Sebagaimana diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah ajang bola basket antarnegara terakbar dunia tersebut.

Indonesia bakal menghelat pertandingan fase penyisihan Grup G dan H plus satu grup untuk putaran kedua. Saat Piala Dunia FIBA 2023 berlangsung, barulah publik dipastikan bisa menikmati Indonesia Arena.

"Ini akan digunakan pada bulan Juni untuk kejuaraan bola basket dunia, yang kita merupakan tuan rumah untuk pertama kalinya," kata Erick Thohir.

Pembangunan Indonesia Arena kini sudah mencapai tahap akhir. Pada 13 Januari 2023 lalu, diselenggarakan pula acara topping off atau penyelesaian akhir atap bangunan pada 13 Januari 2023 lalu. Dalam acara tersebut turut hadir Presiden Joko Widodo.

"Dengan mengucap Bismillahirahmanirahim dan pada sore hari ini topping off Indoor Multifunction Stadium Gelora Bung Karno saya nyatakan telah selesai," kata Presiden Jokowi pada acara topping off.

Kehadiran Indonesia Arena di GBK akan melengkapi keberadaan venue-venue olahraga di sana. Sebelumnya, sudah ada sejumlah sarana olahraga indoor di sana seperti Tennis Indoor dan Istora.

Euforia MotoGP Mandalika, Keramaian Parade Seremonial dan Berkah Bagi Masyarakat Lokal



Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini