Serba-serbi Program Kartu Prakerja 2023, Ini Perubahannya!

Firdarainy Nuril Izzah

suka nulis

Serba-serbi Program Kartu Prakerja 2023, Ini Perubahannya!
info gambar utama

Program Kartu Prakerja 2023 diberitakan segera dibuka pada kuartal 1 tahun ini. Kalau sebelumnya program andalan pemerintahan Presiden Jokowi ini masuk dalam bentuk semi bantuan sosial, kini hanya fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja.

Dengan begitu, ada beberapa perubahan penting pada program Kartu Prakerja 2023 yang perlu Kawan ketahui, utamanya buat Kawan GNFI yang sedang menginjak dunia karier. Jadi, langsung simak selengkapnya, yuk!

Perubahan-Perubahan

1. Skema Normal

skema normal Kartu Prakerja 2023
info gambar

Mengikuti situasi Indonesia yang semakin pulih dari pandemi COVID-19, pemerintah mulai mengembangkan skema pelatihan dalam program Kartu Prakerja 2023. Dilansir CNN Indonesia, skema Kartu Prakerja 2023 ditingkatkan dengan adanya opsi luring dan bauran (hybrid).

Disebut skema normal, ini akan dimulai pada gelombang ke-48. Namun, lokasi pelatihan luring dan bauran hanya ada di 10 provinsi, di antaranya

DKI Jakarta, Jawa Barat, NTT, Bali, Jawa Tengah, Papua, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sumatra Utara, dan Sulawesi Selatan.

Meskipun begitu, Kawan di seluruh Indonesia tetap dapat mengakses pelatihan program ini secara daring (online).

2. Durasi Pelatihan Diperpanjang

Selain skema, perubahan program Kartu Prakerja 2023 ada pada standar minimal waktu pelatihannya. Kalau dulu durasi pelatihannya adalah enam jam, kini menjadi 15 jam. Peningkatan lama pelatihan ini dimaksudkan agar ilmu dapat diserap secara optimal oleh para penerima manfaat.

Terdapat perbedaan antara pelatihan luring dan daring di mana untuk yang luring maksimal 8 jam per hari, sedangkan yang daring dibatasi hanya boleh 3 jam per hari.

3. Penerima Bansos Lain Boleh Mendaftar

daftar Kartu Prakerja 2023
info gambar

Karena Kartu Prakerja 2023 bukan lagi menjadi program semibansos, maka penerima bantuan sosial pemerintah lain, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), Bantuan Subsidi Upah (BSU), dan lainnya bisa mendaftar untuk menerima program pelatihan angkatan kerja ini.

4. Nilai Manfaat Ditingkatkan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengumumkan keputusan pemerintah untuk menambah nilai bantuan Kartu Prakerja 2023, dari Rp3,55 juta menjadi Rp4,2 juta, dilansir tempo.co (3/10/2022). Jika besar nilainya dirincikan, bantuan ini mencakup

  • bantuan biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta,
  • biaya pengganti transportasi dan internet sebesar Rp600 ribu, dan
  • insentif pengisian survei sebesar Rp100 ribu.

5. Pelatihan Online Tidak Berbentuk Video

Terkhusus pada skema normal berbentuk online, penerima manfaat Kartu Prakerja 2023 tidak lagi hanya menonton video pelatihan. Itu artinya, Kawan GNFI yang menjalani pelatihan daring akan mengikuti webinar secara langsung.

Baca Juga: Insentif Kartu Prakerja Tahun Ini Naik, Sekarang Rp4,2 Juta, lo!

Syarat Pendaftaran

Nah, buat Kawan GNFI yang tertarik mendaftar program Kartu Prakerja 2023, jangan lupa juga untuk memperhatikan syarat-syarat pendaftarannya berikut:

  • WNI berusia 18 tahun ke atas
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang ter-PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil
  • Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa dan direksi/komisaris/pengawas pada BUMN atau BUMD
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi penerima Kartu Prakerja

Bagaimana, apakah Kawan sudah memenuhi kelima syarat pendaftar di atas? Jika iya, lanjut simak cara daftarnya, yuk!

Cara Daftar

cara daftar kartu prakerja 2023
info gambar

Alur pendaftaran program Kartu Prakerja 2023 sebetulnya tidak ada perubahan dari sebelumnya. Secara garis besar, pendaftar akan melalui dua tahap, yakni membuat akun dan mendaftar gelombang.

Supaya tidak salah lagi, perhatikan langkah pendaftaran Kartu Prakerja 2023 ini, ya!

1. Membuat Akun

  1. Masuk ke laman www.prakerja.go.id, lalu klik menu daftar sekarang.
  2. Masukkan alamat email dan kata sandi. Program Kartu Prakerja akan mengirim pemberitahuan melalui email. Untuk itu, gunakan email aktif.
  3. Buka pesan pemberitahuan dan lakukan verifikasi akun.
  4. Pendaftaran berhasil.

2. Mendaftar Gelombang

  1. Masuk ke laman www.prakerja.go.id.
  2. Siapkan nomor Kartu Keluarga dan NIK.
  3. Masukkan data diri dan ikuti petunjuk pada layar.
  4. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online.
  5. Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka.
  6. Tunggu pengumuman peserta yang lolos seleksi melalui dashboard Kartu Prakerja.
Baca Juga: Cara Klaim BPJS Kesehatan untuk Kacamata, Berikut Panduannya!

Setelah menyimak artikel ini, semoga Kawan GNFI tidak lagi kebingungan untuk mendaftar program Kartu Prakerja 2023, ya. Jangan lupa juga untuk membagikannya ke kerabat atau orang terdekat Kawan!

Referensi:kampus.republika.co | CNBC indonesia | detik Jateng

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Tertarik menjadi Kolumnis GNFI?
Gabung Sekarang

FI
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini