5 Produk Unik yang Tercipta saat Pandemi COVID-19, Berguna Banget!

Firdarainy Nuril Izzah

suka nulis

5 Produk Unik yang Tercipta saat Pandemi COVID-19, Berguna Banget!
info gambar utama

Kreativitas manusia memang tidak ada habisnya. Disebut-sebut sebagai ciptaan Tuhan yang paling sempurna, manusia terbukti mampu cepat beradaptasi dengan berbagai situasi yang ada. Salah satunya saat dunia dilanda pandemi COVID-19 sekitar tiga tahun yang lalu.

Untuk bertahan dalam kondisi yang serba sulit ini, entah terinspirasi dari mana, terkhusus warga di Indonesia menciptakan berbagai produk unik yang bisa dikatakan sangat berguna. Penasaran apa saja itu? Langsung simak selengkapnya, yuk!

1. Konektor Masker

konektor masker
info gambar

Sebelum pandemi COVID-19 menyerang, penggunaan masker masih terbatas pada mereka yang bekerja di bidang tertentu, misalnya nakes. Begitu setiap orang diwajibkan memakai alat pelindung diri ini, masker dengan berbagai model laris di pasaran. Khusus bagi pengguna jilbab, memakai masker adalah hal yang cukup merepotkan.

Namun tak kehabisan akal, produk unik yang disebut konektor masker akhirnya bermunculan. Tidak dengan bentuk monoton, konektor masker ini pun tersedia dalam berbagai bahan dan motif. Cara kerjanya sangat mudah, yakni ada dua pengait di setiap ujungnya untuk menarik karet pada kedua sisi masker. Dengan begini, pemakaian masker tidak lagi harus dikaitkan melalui telinga.

2. Jilbab Masker Friendly

Masih dari permasalahan jilbab, ada pula produk unik yang tercipta selama pandemi guna mempermudah para perempuan berjilbab. Seperti namanya, jilbab masker friendly dibuat untuk memudahkan pemakaian jilbab dan masker sekaligus. Jilbab ini dirancang memiliki lubang di bagian kuping sehingga karet masker bisa dipasang dengan mudah tanpa harus membuka jilbab.

Bukan berarti jilbab ini lantas berlubang, tetapi desainnya dilengkapi dengan kain yang menutupi lubang di kuping tersebut. Sangat kreatif, kan? Apakah Kawan GNFI yang berhijab sudah punya produk unik ini?

Baca Juga: PPKM Tuntas, Masker Tetap Jangan Sampai Lepas!

3. Alat Cuci Tangan Injak

alat cuci tangan injak
info gambar

Tidak hanya melindungi diri dengan benda-benda semacam masker, selama pandemi, Kawan juga dituntut untuk menerapkan pola hidup bersih seperti rutin mencuci tangan. Merespons hal ini, hampir setiap tempat, mulai dari rumah makan hingga pertokoan menyediakan fasilitas cuci tangan.

Supaya lebih praktis, warga akhirnya menciptakan alat cuci tangan injak. Sederhananya, produk unik ini memiliki beberapa bagian, yakni tangki penampung air, keran air, sabun cuci tangan, dan pedal tempat injakan kaki.

Cara kerjanya terbilang simpel: Kawan tinggal menginjak pedal di bagian bawah untuk mengambil sabun ataupun menyalakan keran air. Pedal ini terhubung dengan pegas yang menekan tempat sabun dan keran air. Dengan begitu, adanya produk ini dapat meminimalkan sentuhan tangan.

4. Sanitizer Pouch Holder

Terbatasnya penyediaan fasilitas cuci tangan tidak membuat warga Indonesia menyerah begitu saja. Menyikapi hal ini, hampir semua orang memiliki hand sanitizer di dalam tasnya saat bepergian. Nah, untuk menunjang kebutuhan ini, di tangan orang-orang kreatif akhirnya terciptalah produk unik, yaitu sanitizer pouch holder.

Dengan kata lain, produk ini ialah wadah sanitizer yang terbuat dari bermacam bahan, seperti kain, kulit sintetis, hingga plastik mika yang memiliki desain cantik. Dilengkapi dengan pengait di bagian atasnya, Kawan bisa mewadahi hand sanitizer lalu menggantungkannya pada tas. Selain menjadi lebih praktis untuk digunakan, sanitizer pouch holder ini pun bakal membuat tas Kawan terlihat semakin kece.

5. Topi Corona

topi corona
info gambar

Pandemi COVID-19 tidak lantas membatasi warga Indonesia untuk tampil keren. Buktinya, produk unik ini diciptakan multifungsi untuk melindungi diri dari droplet virus Corona sekaligus menunjang kelengkapan fesyen. Meski terlihat sedikit menggelitik, protection hat atau yang terkenal dengan sebutan topi corona ini nyatanya tidak sedikit peminatnya.

Produk unik ini sepertinya terinspirasi dari fungsi face shield, tetapi desainnya dikembangkan dengan memadukan topi dan plastik mika pelindung wajah. Untuk mendapatkannya, Kawan cukup merogoh kocek mulai dari Rp25 ribu.

Baca Juga: Mengapa Pria Lebih Gampang Terkena Virus Corona?

Kendati perlahan pemerintah telah memberlakukan kondisi normal baru, kelima produk unik yang tercipta saat pandemi COVID-19 di atas pernah berjasa untuk kehidupan sehari-hari. Bahkan, beberapa di antaranya masih digunakan sampai saat ini. Pasti Kawan GNFI punya salah satunya, kan?

kehidupan manusia bisa beradaptasi dengan kondisi pandemi COVID-19 melalui produk unik yang ternyata sangat berguna.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Tertarik menjadi Kolumnis GNFI?
Gabung Sekarang

FI
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini