Soal Kelistrikan dengan Energi Bersih, Tanzania Percaya kepada Indonesia

Soal Kelistrikan dengan Energi Bersih, Tanzania Percaya kepada Indonesia
info gambar utama

Tanzania ingin mengembangkan sistem kelistrikan dengan energi bersih. Mereka pun menggandeng Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk menggarap proyek tersebut.

PLN selama ini dikenal sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang penyediaan tenaga listrik. Dari Sabang sampai Merauke, PLN hadir melayani siapapun yang membutuhkan listrik. Namun tidak hanya di dalam negeri, PLN juga melayani pelanggan di luar negeri.

Contohnya seperti baru-baru ini di mana PLN digandeng oleh pemerintah Tanzania untuk menggarap proyek sistem kelistrikan. Negara di Afrika Timur itu percaya PLN mampu mengembangkan listrik dengan energi bersih.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo telah menerima kunjungan Menteri Energi Tanzania January Makamba di Jakarta pada Jumat (10/2). Dalam pertemuan tersebut, pihak PLN dan pemerintah Tanzania membahas kerja sama pengembangan sistem kelistrikan di Afrika Timur.

"Track record PLN sudah terkenal seantero wilayah. Hal ini membuat kami yakin PLN mempunyai kekuatan dalam menghadirkan listrik yang andal bagi kami," kata January seperti dilansir ANTARA.

PLN pun menyambut baik ajakan kerja sama dengan Tanzania. Apalagi, PLN memang sudah berpengalaman dalam hal melakukan kerja sama internasional.

"Kami sudah bekerja sama juga dengan Malaysia terkait pengembangan sistem kelistrikan. Kami juga sudah pergi ke Korea Selatan, Jepang, dan China untuk bisa kolaborasi dalam investasi," ujar Darmawan.

Dengan demikian, Indonesia dan Tanzania bakal bersama-sama menjalankan misi menghadirkan energi listrik dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki Tanzania.

ASEAN SME Academy: Mengangkat UMKM Asia Tenggara Selama Krisis

Potensi Energi Bersih Tanzania

Lantas, seperti apa potensi energi bersih yang dimiliki Tanzania dan nantinya harus dikelola dan dimaksimalkan oleh PLN?

Soal ini, January Makamba memberi penjelasan. Menurutnya, Tanzania punya dua hal yang potensial untuk dikembangkan menjadi pembangkit listrik, yakni air dan panas bumi.

January yakin betul PLN akan mampu memaksimalkan dua potensi tersebut. Sebab, ia melihat PLN memang punya kompetensi yang mumpunim

"PLN mempunyai kompetensi dalam dua sektor tersebut, kami percaya PLN bisa membantu kami dalam hal ini," kata January.

Pemanfaatan energi bersih secara optimal kini sangat dibutuhkan berhubung negara-negara Afrika Timur termasik Tanzania berkomitmen untuk turut serta dalam upaya meminimalisir emisi global. Apalagi menurut January, ekonomi dan investasi yang terus tumbuh di Tanzania membuat negara tersebut membutuhkan pasokan listrik yang mantap dan dapat diandalkan.

Melihat Peluang Ekspor Produk UMKM Indonesia ke Turki, Jalur Lintas Perdagangan Asia-Eropa



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini