Tips Memilih Lembaga Kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare

Tips Memilih Lembaga Kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare
info gambar utama

Kampung Inggris sudah tersohor di seantero negeri, terlebih bagi seorang yang ingin belajar bahasa inggris. Terletak di Kabupaten Kediri, tepatnya di Kecamatan Pare. Kampung Inggris selalu ramai dikunjungi para pembelajar dan pelancong yang ingin mengisi waktu liburan atau benar-benar ingin belajar bahasa inggris untuk tujuan tertentu.

Kalau Kawan GNFI mengira Kampung Inggris adalah Kampung Bule atau semacamnya Kawan keliru. Sebenarnya kenapa dinamakan Kampung Inggris karena di sini Kawan akan menemukan ratusan lembaga kursus bahasa inggris dengan berbagai program yang ditawarkan.

Mad Tea Book Club, Komunitas Buku Sekaligus Belajar Bahasa Inggris

Kawan bisa memilih paket dan durasi sesuai dengan budget yang dimiliki. Semua bisa Kawan tentukan sendiri. Tapi tak terhindarkan juga Kawan bakal berakhir di persimpangan jalan ketika harus memilih salah satu diantara ratusan lembaga kursus bahasa inggris sebagai tempat persinggahan.

Foto: Dokumentasi Pribadi
info gambar

Sebelum Kawan GNFI singgah menimba ilmu bahasa ke Kampung Inggris, Kawan perlu mempertimbangkan beberapa hal. Berikut tips memilih Lembaga kursus bahasa inggris di Kampung Inggris:

Tentukan tujuan

Langkah awal Kawan GNFI ingin singgah di Kampung Inggris harus jelas agar Kawan bisa menentukan langkah selanjutnya kemana. Apakah tujuan Kawan untuk mengisi liburan sekolah atau mengisi waktu gapyear ataupun Kawan memang mempersiapkan diri untuk tes TOEFL, IELTS, dan sebagainya.

Karena hidup tanpa tujuan bagai taman tak berbunga ehh engga ding, maksudnya karena tujuan Kawan datang akan menentukan tujuan Kursus bahasa inggris yang Kawan tuju.

Lakukan Riset

Salah kaprah memahami makna Kampung Inggris akan membuat Kawan kebingungan ketika diharuskan memilih tujuan lembaga kursus bahasa inggris. Kampung Inggris memiliki ratusan lembaga kursus bahasa inggris dengan fokus kursus berbeda-beda.

Di sini banyak lembaga bahasa inggris yang menawarkan berbagai program. Mulai program 2 minggu dari basic english hingga level khusus kursus bahasa inggris yang hanya mengajarkan TOEFL dan IELTS. Kawan akan belajar bahasa inggris dengan turunan detailnya mulai speaking, vocabulary, conversation, pronounciation, grammar for speaking, grammar for writing bahkan ada spesialisasi Kawan ingin British Accent atau American Accent.

Masing-masing detail juga ada levelnya. Benar-benar berasa belajar operasi bedah bahasa inggris, deh.

Tahukah Kamu? Terdapat Beberapa Jenis Kata Serapan Indonesia dari Bahasa Inggris

Pilih Durasi Berdasarkan Budget

Seberapa lama Kawan GNFI menghabiskan waktu di Kampung Inggris sebesar itu pula pengeluaran Kawan. Semakin lama durasi dan semakin lengkap paket yang Kawan ambil, Kawan akan semakin banyak mengeluarkan uang.

Di Kampung Inggris durasi paling singkat berdasarkan pengalaman adalah 2 minggu. Di Kampung Inggris Kawan akan familier juga dengan sistem dua minggu sekali ujian dan akan mendapatkan sertifikat jika lulus. Note to ourselves, inget buat sesuaikan durasi Kawan dengan budget yang Kawan punya, ya!

Memilih Lembaga Kursus Bahasa Inggris

Di antara banyak persiapan sebelum berangkat, menentukan lembaga Kursus bahasa inggris lah yang paling rumit. Hal pertama pasti Kawan sangat bingung karena ada banyak rekomendasi. Untuk pemula yang baru akan ke Kampung Inggris Kawan bisa mempertimbangkan dengan tujuan, riset yang Kawan lakukan serta durasi. Semua Kawan bandingkan dengan budget yang Kawan punya.

Setelah punya patokan Kawan bisa mulai memilih. Jika Kawan bertujuan untuk mengisi waktu gapyear dan Kawan ingin belajar semuanya dari basic english plus sudah menentukan patokan harga, Kawan bisa mulai memilih lembaga kursus bahasa inggris yang general dengan rating dan rekomendasi bagus dari situs internet.

Kawan juga bisa melakukan dual check-up membaca review dan kegiatan dari sosial media Kursus bahasa inggris yang bersangkutan. Pastikan juga lembaga kursus bahasa inggris yang Kawan pilih terpercaya ya, dengan melihat website serta sosial medianya itu. Kalau dalam penelitian kualitatif namanya perlu di traingulasi.

Satu tips penting lainnya adalah Kawan bisa ikutan multi-course. Maksudnya, meskipun Kawan sudah terdaftar di satu program bahasa inggris, Kawan GNFI tetap bisa mengikuti kursus bahasa inggris di lembaga kursus bahasa inggris lainnya sesuai peminatan Kawan. Satu rahasia nih, Kawan akan tergiur belajar turunan bahasa inggris lainnya setelah Kawan GNFI sampai disini.

Sebenarnya, asal Kawan memilih tempat terpercaya diawal, kemampuan bahasa inggris Kawan tetap bisa Kawan kembangkan tidak hanya di satu tempat tujuan awal. Kawan tetap bisa survei ke banyak lembaga kursus bahasa inggris lainnya. Jadi ga perlu bingung-bingung lagi ya, menentukan tempat persinggahan di lembaga Kursus bahasa inggris mana.

Informasi tambahan yang pasti sudah Kawan ketahui. Sejak pandemi, lembaga-lembaga kursus bahasa inggris di Kampung Inggris juga melakukan adaptasi. Tidak lagi hanya menawarkan program offline namun juga online.

Namun tentunya, setelah dua tahun pandemi melanda, mengikuti program offline di Kampung Inggris Pare bisa jadi pilihan. Kawan akan lebih merasakan vibes belajar bahasa inggris dengan lingkungan yang suportif pembiasaan bahasa inggris.

Trik Sukses Hadapi Interview Bahasa Inggris, Jangan Panik Dulu!

Apalagi jika Kawan memilih tinggal di area camp english course. Kawan akan diwajibkan berbahasa inggris selama 24 jam. Selama di Kampung Inggris Kawan bisa memilih tinggal di area kursus bahasa inggris tempat Kawan kursus atau disebut camp. Kawan juga bisa memilih hanya ikut kursus dan tinggal di luar area english course. Itu sepenuhnya pilihan Kawan.

Jadi, pahami tips-tips ini dan keluar dari zona persimpangan jalan. Siapkan semuanya dan gasmelancong ke Kampung Inggris. Pulang ke rumah selesai program, Kawan GNFI bakalan lancar deh bahasa inggrisnya. Naik setara level para turis.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini