Lebih Dekat dengan Kue Pancong, Hidangan Populer Khas Betawi

Lebih Dekat dengan Kue Pancong, Hidangan Populer Khas Betawi
info gambar utama

Tentunya tidak asing bagi telinga kita ketika mendengar nama kue pancong. Akan tetapi, bagi yang belum tau, apa sih sebenarnya kue pancong itu? Berasal dari mana kue tersebut? Yuk, baca secara saksama!

Kue pancong merupakan salah satu makanan tradisional yang berasal dari Jakarta. Makanan khas Betawi ini sangat disukai oleh masyarakat Indonesia, khususnya warga Jakarta.

Jajanan yang telah lama ada pada era 90-an ini kembali menemukan identitasnya. Kue tersebut seakan terlahir kembali di dunia perkulineran Indonesia. Jajanan tersebut kembali populer di Indonesia.

Jajanan khas betawi ini tidak hanya diminati oleh anak-anak dan remaja saja, tetapi dari berbagai kalangan pun juga memiliki minat yang sama. Tidak hanya di Jakarta, kue pancong juga dapat ditemukan di berbagai tempat di wilayah Indonesia. Jajanan tersebut biasanya terdapat di pinggir jalanan maupun penjual keliling.

Kue Pancong memiliki rasa yang manis serta gurih. Makanan khas Betawi ini dicetak menggunakan adonan kue dari aluminium. Kue berbentuk setengah lingkaran dengan tekstur yang lembut ini terbuat dari tepung beras, tepung terigu, parutan kelapa, gula pasir, garam dan kelapa sawit.

Menilik Gurihnya Kue Mangkuak Sayak, Penganan Unik dari Koto Tangah

Jajanan khas Betawi ini juga memiliki penamaan yang berbeda di setiap wilayah Indonesia. Di Jogjakarta, kue ini dikenal dengan nama kue Serabi Rangin, di Bali kue ini dikenal dengan nama kue Haluman, hingga di Bandung yang dikenal dengan nama kue Bandros.

Tentunya tak pikir panjang bagi kita untuk mencicipi makanan tersebut. Selain memiliki rasa yang pas di lidah, kita juga tidak perlu repot-repot mencari kue pancong karena sudah banyak terdapat di berbagai wilayah di Indonesia. Inilah mengapa jajanan tersebut banyak disukai oleh masyarakat.

Makanan khas Betawi tersebut juga sudah banyak dijual di berbagai tempat seperti kedai dan kafe. Banyak penjual kue pancong yang menyajikan makanan tersebut dengan berkreasi seunik mungkin.

Jika jaman dulu kue pancong dibuat hanya dengan memberi sedikit taburan gula saja, di jaman sekarang yang serba modern ini, sebuah inovasi baru telah hadir.

Para penjual kue pancong mengombinasikan makanan tersebut dalam berbagai cara seperti dengan menambahkan topping yang berisi coklat keju, coklat susu, kue lumer setengah matang, ayam goreng hingga warna-warni.

Filosofi Kue Mangkuk yang Tak Ketinggalan dalam Perayaan Imlek
Kue pancong topping fried chicken - Instagram/@jktfoodbang
info gambar


Tentunya hal tersebut menambah keunikan sendiri serta memikat daya tarik masyarakat untuk mencicipi hidangan yang berbeda dari biasanya. Pastinya, harga kue pancong jaman sekarang juga berbeda dengan kue pancong jaman dulu. Ada harga, tentunya juga ada kualitas.

Kawan GNFI penasaran bagaimana, sih, cara membuat kue pancong itu? Yuk, simak cara berikut ini:

1. Mempersiapkan Alat dan Bahan

Sebelum membuat adonan, hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu adalah mempersiapkan alat dan bahan. Peralatan yang perlu disiapkan adalah mangkuk, cetakan kue pancong, ballon whisk atau alat untuk mengocok adonan, kuas makanan hingga parutan.

Setelah itu, siapkan bahan adonan yang dibutuhkan seperti air 750 ml, gula putih secukupnya, tepung beras 100 gram, parutan kelapa 250 gram, garam 1,5 sendok teh, tepung terigu 150 gram serta mentega secukupnya.

2. Cara Membuat

Setelah semua alat dan bahan yang akan digunakan sudah siap, barulah kita membuat adonan tersebut.

Pertama, siapkan air 750 ml dan mangkuk besar, kemudian tambahkan garam 1,5 sendok teh dan aduk garam tersebut sampai larut.

Kemudian masukan tepung beras 100 gram dan aduk dengan menggunakan ballon whisk. Berikutnya masukan 250 gr parutan kelapa, aduk sampai tercampur rata dengan adonan dan sisihkan adonan yang dibuat.

Tahap selanjutnya, adonan tersebut dipanggang. Letakan cetakan di atas kompor untuk dipanaskan, kemudian tunggu hingga cetakan tersebut sudah cukup panas. Setelah itu, oleskan mentega menggunakan kuas makanan ke dalam cetakannya. Tuang dan isi adonan ke dalam lubang cetakan sampai matang.

Lezat dan Legit, Inilah 5 Kue Tradisional Wajib dalam Upacara Adat Batak

Jika adonan sudah matang, angkat cetakan tersebut pada bagian pinggirnya. Taruh kue yang sudah jadi di wadah lain. Kemudian, tabur gula secukupnya di atas kue. Setelah semuanya sudah selesai, makanan kue pancong siap santap!

Lantas, bagaimana cara membuat kue pancong yang kekinian seperti kue pancong rasa coklat, keju, ayam goreng, warna-warni, dan sebagainya?

Caranya sama saja, Kawan tinggal memvariasikan rasa yang ingin ditambahkan sesuai dengan keinginan kawan. Selamat menikmati, ya!

Referensi: Fimela.com | Jurnalistika.id | Kompasiana.com | Katakini.com | Lifestyle.okezone.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini