7 Jenis Anggrek yang Cantik dan Memesona

7 Jenis Anggrek yang Cantik dan Memesona
info gambar utama

Bunga anggrek dikenal memiliki tampilan dan warna yang sangat indah dan begitu memikat. Jenis Anggrek sendiri ternyata juga sangat banyak. Paling tidak ada sekitar 15 hingga 25 ribu jenis tersebar di seluruh penjuru dunia. Adapun anggrek merupakan keluarga Orchidaceae yang mana masih satu keluarga dengan tumbuhan besar di dunia.

Bunga ini tersebar di seluruh dunia mulai dari Antartika sampai dengan gurun yang ada di Eurasia. Di Indonesia sendiri bunga ini juga tersebar di sebagian besar wilayah seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera hingga Papua.

Bunga Anggrek sering kali diburu oleh para pencinta tanaman hias karena wujudnya yang sangat cantik. Tak hanya cantik, bunga ini juga memiliki aroma yang harum sehingga cocok untuk dijadikan penghias dan pengharum hunian.

Apalagi perawatan bunga ini juga sangat mudah. Bila Kawan tertarik untuk memiliki serta merawat bunga anggrek, terdapat beberapa jenis anggrek tercantik yang bisa Kawan pilih. Berikut 7 rekomendasinya.

1. Anggrek Bulan

anggrek bulan
info gambar

Anggrek Bulan adalah jenis anggrek yang digemari masyarakat karena memiliki bentuk yang unik dan cantik. Anggrek yang memiliki nama lain 'Puspa Pesona' ini merupakan salah satu Bunga Nasional Indonesia yang begitu khas dengan keelokannya. Tak hanya itu, jenis anggrek dengan nama ilmiah Phalaenopsis amabilis ini juga sangat mudah dalam perawatannya sehingga cocok untuk Kawan yang masih pemula dalam merawat tanaman hias.

Baca juga: Anggrek Kantong Semar, Tanaman Unik Endemik Jawa Timur

2. Anggrek Larat

anggrek larat
info gambar

Anggrek Larat ( Dendrobium ) adalah salah satu jenis yang paling banyak dicari oleh pencinta tanaman hias hingga para kolektor. Jenis yang satu ini mempunyai warna bunga yang cerah dan tampak sangat cantik.

Inilah alasan mengapa tanaman ini akan cocok dijadikan hiasan untuk pemanis hunian. Biasanya anggrek jenis ini memiliki bunga yang berwarna putih bersih, perpaduan putih dan ungu hingga warna kuning.

3. Anggrek Violet

Phalaenopsis violacea
info gambar

Jenis lain yang tak kalah cantik adalah anggrek violet atau Indigo Taiwan. Bunga yang memiliki nama ilmiah Phalaenopsis violacea ini memang mempunyai tampilan cantik dan aroma yang sangat harum.

Untuk warnanya sendiri sama dengan namanya yaitu didominasi dengan warna violet. Tak heran jika anggrek jenis ini mampu memberi kesan indah dan anggun.

4. Anggrek Kebutan

jenis anggrek
info gambar

Selanjutnya ada juga anggrek kebutan yang memiliki nama ilmiah Ascocentrum miniatum. Anggrek ini sangat cantik dan biasanya memiliki warna oranye yang cerah. Bunganya berukuran kecil yang menumpuk.

Kecantikan jenis anggrek yang satu ini membuatnya sering kali dijadikan hiasan dalam acara pernikahan. Meski begitu Kawan juga bisa menjadikan anggrek jenis ini untuk hiasan rumah.

5. Anggrek Bulan Bintang

anggrek borneo Paraphalaenopsis denevei
info gambar

Anggrek yang satu ini memiliki jumlah helai mahkota yang berjumlah lima buah dan membentuk bintang. Adapun pada bagian tangan bunga memiliki bentuk bulan. Oleh karena itu anggrek jenis yang satu ini dinamakan anggrek Bulan Bintang.

Tanaman yang mempunyai nama ilmiah Paraphalaenopsis denevei ini asalnya dari Kalimantan. Kawan bisa menemukannya di dekat aliran sungai atau menempel pada pepohonan. Warna anggrek ini sedikit kehijauan namun ada campuran warna merah.

Baca juga: Surabaya Akan Punya Kebun Baru : Kebun Anggrek

6. Anggrek Kelip

jenis anggrek Phalaenopsis bellina
info gambar

Anggrek Kelip adalah salah satu jenis yang dikenal mempunyai daya pikat tinggi. Bunga yang mempunyai nama latin Phalaenopsis bellina ini diketahui mempunyai bentuk yang unik dan tak biasa.

Selain itu aromanya juga sangat harum semerbak. Warnanya sendiri juga sangat cantik yaitu putih kekuningan dengan warna violet kebiruan pada mahkotanya.

Sayangnya bunga anggrek asli Kalimantan yang satu ini sudah langka dan bahkan terancam punah.

7. Anggrek Tebu

jenis anggrek Grammatophyllum speciosum
info gambar

Jenis yang satu ini adalah yang memiliki bobot paling berat karena bisa mencapai 1 ton. Tak hanya berat bunga anggrek jenis ini juga sangat tinggi mencapai 3 meter. Anggrek yang bernama latin Grammatophyllum speciosum ini mempunyai karakteristik warna bunga kecoklatan.

Corak bunganya ada bintik-bintiknya sehingga mirip dengan macan. Tak heran jika jenis ini juga dikenal dengan anggrek harimau (tiger orchid) yang mana kecantikan dan keindahannya tak perlu diragukan lagi.

Baca juga: Anggrek Macan, Spesies Terbesar di Dunia yang Terancam Keberadannya

Sumber:
https://www.gramedia.com/best-seller/jenis-anggrek/
https://www.merdeka.com/gaya/jenis-anggrek-yang-digemari-pecinta-tanaman-hias-kln.html
https://www.tokopedia.com/blog/jenis-anggrek/amp/?utm_source=google&utm_medium=organic
https://www.liputan6.com/hot/read/4583588/macam-anggrek-di-indonesia-menurut-spesiesnya-ketahui-persebarannya
https://voi.id/amp/214479/jenis-tanaman-anggrek
https://amp.kompas.com/homey/read/2020/12/13/075200076/ketahui-4-jenis-anggrek-berdasarkan-tempat-tumbuhnya
https://erakini.com/jenis-bunga-anggrek/
https://www.popbela.com/career/inspiration/amp/nabila-damaan/13-pesona-tanaman-anggrek-asli-indonesia-yang-memikat-dunia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini