Jelang Ramadan, Pemerintah Bakal Salurkan Bansos Pangan selama Maret-Mei 2023

Jelang Ramadan, Pemerintah Bakal Salurkan Bansos Pangan selama Maret-Mei 2023
info gambar utama

Pemerintah RI berencana akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) pangan selama Maret-Mei 2023. Adapun bahan pangan yang akan diberikan terdiri dari beras 10 kilogram, telur, dan ayam. Kabar ini diutarakan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Menurut keterangan Airlangga, bantuan ini akan diberikan kepada 21,6 juta masyarakat pada hari besar keagamaan dan nasional yang terjadi selama tiga bulan ke depan.

"Yang sudah dibahas dengan Bapak Presiden (Joko Widodo) kita akan memberikan bantuan beras kepada sekitar 21,6 juta warga berasnya 10 kilogram dan akan diberikan selama tiga bulan," ujarnya di Jakarta International Expo, Jakarta Pusat pada Kamis (9/3/2023), dikutip dari Tempo.co.

Dia memaparkan, bansos pangan kali ini disalurkan untuk menekan dampak kenaikan harga pangan menjelang hari besar keagamaan.

Soal tanggal pendistribusian dan anggaran, Airlangga tidak menyebutkannya. Namun, kata dia, skema dan regulasi penyaluran bansos tengah disusun oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) serra Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Untuk penyaluran bansos beras, pemerintah memberikan tanggung jawab kepada Perusahaan Umum (Perum) Bulog. Sementara telur dan ayam, akan didistribusikan oleh ID FOOD, BUMN di bidang pangan.

Kekokohan Uma Lengge: Simbol Ketahanan Pangan bagi Masyarakat Bima

Sementara itu, pemerintah masih mendiskusikan besaran anggaran dan jumlah penerima bansos pangan menjelang Ramadan dan Idul fitri.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata mengatakan, sebelum dana bansos dialokasikan, pihaknya perlu menunggu terlebih dahulu penyesuaian data penerima terbaru dari Kementerian Sosial.

Menurut data tahun lalu, jumlah penerima bansos ada sebanyak 20,65 juta jiwa. Namun, jumlah tersebut dipastikan bertambah, sehingga perlu dilakukan pembaruan data.

Selain menanti data penerima bansos, Kemenkeu juga perlu memastikan patokan harga beras, telur, dan daging ayam. Isa juga mengatakan sumber anggaran diambil dari Bendahara Umum Negara (BUN), bukan automatic adjustment yang dilakukan Kemenkeu.

"Diharapkan (bansos turun) Maret. Kalau beras kan sudah ada di Bulog. Anggaran itu biasanya tidak menjadi hambatan, karena biasanya Bulog itu melaksanakan dulu, kemudian mengklaim belakangan," pungkas Isa.

Hasilkan Listrik dan Pangan, Inilah Agrivoltaic

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini