Dubes RI Bakal Promosikan IKN Lewat Festival Indonesia di Bulgaria

Dubes RI Bakal Promosikan IKN Lewat Festival Indonesia di Bulgaria
info gambar utama

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Sofia turut serta mempromosikan Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui Festival Indonesia yang akan digelar pada Juni 2023 mendatang.

Gelaran Festival Indonesia ini dijadwalkan pada 8 Juni 2023 di the Roman Theatre of Philippopolis, sebuah teater Roma kuno di pusat kota Plovdiv, Bulgaria.

Hal tersebut disampaikan oleh Dubes RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta, dalam rilis pers yang diliput Antara, Jumat (10/3/2023).

Festival ini akan fokus pada sosialisasi Ibu Kota Negara Baru dan promosi seni budaya Indonesia dengan menampilkan Ethnocestra by Erwin Gutawa dan Jay Subiakto sebagai Art Director. Pihaknya menargetkan 10.000 pengunjung yang akan menyaksikan acara tersebut.

“Tentunya terkait ibu kota ini, kita ingin kasih lihat bahwa kita akan pindah di satu pulau tapi benar-benar menjaga forest city, smart city. Hal itu akan kita angkat,” kata Dubes Iwan. Ia menambahkan, secara khusus tema yang diangkat adalah IKN Nusantara sebagai “kota hijau berkelanjutan” (sustainable forest city).

KBRI Sofia akan mendiseminasikan dua hal utama, yakni informasi mengenai Nusantara sebagai Sustainable Forest City yang mematuhi kerangka hukum internasional di bidang lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, serta program insentif kepada calon investor dalam PP Nomor 12 Tahun 2023.

IKN Bakal Punya Kereta Gantung Hingga KA Trans Kalimantan, Pembangunan Dimulai 2025

Dubes RI sebagai promotor IKN

Dubes Iwan Bogananta dikabarkan menjadi dubes pertama RI yang melakukan kunjungan kerja ke IKN. Menurutnya, kunjungan ke IKN penting untuk mendapatkan gambaran riil pembangunan Ibu Kota Nusantara sebelum mensosialisasilannya ke publik di negara lain.

Dalam kesempatan ini, Dubes Iwan menyampaikan rencananya untuk mempromosikan IKN di Bulgaria. Langkah tersebut mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono.

“Kami sangat senang dengan kunjungan seperti ini, dan kami berharap seluruh Duta Besar Indonesia dapat turut membantu Pemerintah RI dalam mempromosikan Ibu Kota Nusantara,” ujar Kepala OIKN Bambang, Rabu (8/3/2023), dilansir Kompas.com.

Sementara itu, Dubes RI untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi sudah lebih dulu mempromosikan IKN lewat wawancara radio Tunisia, Jawhara FM Sousse, pada 20 Januari 2023. Di akhir pembicaraan terkait kerjasama bilateral Indonesia–Tunisia, ia menjelaskan potensi wisata Indonesia berikut kepindahan ibu kota ke Nusantara.

Banjir Insentif di IKN, dari Bebas Pajak Sampai Izin Usaha 190 Tahun

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini