Pemanasan untuk SEA Games 2023, Timnas Karate Indonesia Beraksi di Kejuaraan Asia Tenggara

Pemanasan untuk SEA Games 2023, Timnas Karate Indonesia Beraksi di Kejuaraan Asia Tenggara
info gambar utama

Timnas Karate Indonesia tampil dalam kejuaraan yang diorganisir oleh Federasi Karate Asia Tenggara (SEAKF) pada bulan Maret ini.

Kejuaraan SEAKF tahun ini dilaksanakan mulai hari ini, Jumat 17 Maret hingga Minggu 19 Maret 2023. Negara yang menjadi tuan rumah di kejuaraan kali ini adalah Filipina.

Indonesia sudah tentu tak ketinggalan ambil bagian di Kejuaraan SEAKF. Indonesia mengirim atlet-atlet karate terbaiknya untuk beraksi di sana.

Indonesia menurunkan atlet-atletnya baik itu di level junior maupun senior. Untuk level senior, Timnas Karate Indonesia berlaga di 17 kelas. Sementara itu, tim junior berlaga di 11 kelas.

Soal target, Timnas Karate Indonesia mematok hasil semaksimal mungkin. Para atlet tentunya perlu mengeluarkan kemampuan terbaiknya di kejuaraan ini.

Tanpa patokan angka pasti, Indonesia memilih untuk lebih fokus untuk tampil semaksimal mungkin. Sebab, pelatnas karate telah diliburkan selama sekitar setengah tahun sehingga yang lebih penting sekarang adalah menjaga performa atlet.

Dengan performa yang terjaga, diharapkan para atlet siap melanjutkan pelatnas. Apalagi, tahun ini juga akan ada ajang yang lebih besar, yakni SEA Games 2023.

Tim Para-atletik Indonesia Sabet 5 Medali Emas di Dubai

Pemanasan Jelang SEA Games 2023

Timnas Karate Indonesia memang tampak lebih menaruh perhatian ke SEA Games 2023. Bahkan Kejuaraan SEAKF pun dianggap sebagai pemanasan jelang pesta olahraga Asia Tenggara itu.

SEA Games 2023 memang sudah di depan mata. Untuk tahun ini, ajang itu dijadwalkan dihelat di Kamboja pada Mei mendatang.

“Ini merupakan rangkaian dari program timnas karena main event tahun ini adalah SEA Games dan Asian Games. Ini adalah salah satu warming up jelang SEA Games. Tim junior (diturunkan) untuk pengkaderan karateka sebagai persiapan ke tim senior," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI) Radja Sapta Ervian, seperti diwartakan ANTARA.

Di Kejuaraan SEAKF, Timnas Karate Indonesia juga akan mengamati para pemain lawan. Ini adalah upaya untuk membaca kekuatan calon lawan di SEA Games 2023.

“Di Filipina besok (kita lihat) negara-negara pesaing kita menurunkan tim utama atau cadangan. Kalau turunnya tim cadangan, bukan masalah. Tapi kalau misalnya mereka menurunkan tim utama, maka akan menjadi suatu gambaran bagaimana SEA Games nanti,” tambah Ervian.

Jokowi Mendapatkan Titel Sebagai ‘Bapak Olahraga Indonesia’

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini