Kerja Sama RI-Swedia Diangkat Jadi Kisah Sukses dalam Sweden Innovation Days

Kerja Sama RI-Swedia Diangkat Jadi Kisah Sukses dalam Sweden Innovation Days
info gambar utama

Kegiatan tahunan Sweden-Indonesia Sustainability Partnership Week (SISP) diangkat sebagai salah satu bentuk kerja sama di bidang keberlanjutan yang sukses pada acara Sweden Innovation Days.

Acara yang berlangsung pada 21–23 Maret 2023 ini bertujuan memperkenalkan ekosistem inovasi di Swedia sekaligus mempertemukan para pelaku inovasi dari seluruh dunia untuk bertukar pikiran dan menjajaki peluang kemitraan.

Sweden Innovation Days merupakan hasil kolaborasi beberapa lembaga pemerintah Swedia, seperti Vinnova, Swedish Energy Agency, dan Business Sweden. Kegiatan tersebut dilakukan secara hybrid melalui sesi diskusi secara fisik, dan disiarkan langsung melalui streaming dari kantor Business Sweden di Stockholm.

Tahun ini, Sweden Innovation Days dihadiri oleh lebih dari 5.000 peserta yang melibatkan lebih dari 90 negara, 250 pembicara, dan 100 sesi diskusi.

Indonesia Tuan Rumah Word Water Forum 2024, Ajang Kerja Sama Pengelolaan Air Global

Kemitraan RI-Swedia sangat penting

Dubes RI untuk Kerajaan Swedia merangkap Latvia, Kamapradipta Isnomo, berperan sebagai panelias dalam side event Sweden Innovation Days. Ia menyampaikan pentingnya kegiatan SISP sebagai salah satu ajang untuk memperkuat kerja sama RI-Swedia di sektor-sektor sarat inovasi, seperti transportasi, energi terbarukan dan kesehatan.

“Indonesia terus berupaya untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing berbagai industri strategis nasional. Dalam hal ini, kemitraan dengan Swedia sangat penting bagi Indonesia karena kemajuan inovasi dan keunggulan teknologinya yang dapat menjadi acuan dan inspirasi untuk bermitra bagi pelaku bisnis dan pemangku kepentingan di Indonesia,” kata Dubes Kamapradipta, dilansir dari laman resmi Kementerian Luar Negeri.

Dalam kesempatan ini, Dubes Kamapradipta juga menyampaikan beberapa agenda penting yang melibatkan Indonesia, antara lain ASEAN-Indo-Pacific Forum di bawah Keketuaan ASEAN Indonesia, keikutsertaan Indonesia sebagai Official Partner Country pada Hannover Messe 2023, dan peluncuran Indonesia-Europe Business Forum pertama pada tahun ini.

Penyelenggaraan ASEAN-Indo-Pacific Forum, Dubes Kamapradipta menjelaskan, sejalan dengan tema SSIP serta menjadi prioritas penguatan hubungan bilateral RI-Swedia.

Menurutnya, sektor-sektor kerja sama yang saling berhubungan, seperti energi dan transportasi, serta penekanan pada aspek keberlanjutan menunjukkan bahwa Indonesia dan Swedia memiliki banyak kesamaan. Modalitas ini penting untuk membangun hubungan bilateral yang lebih erat di masa mendatang.

RI-Malaysia Resmi Kerja Sama Bangun PLTA Mentarang Senilai Rp40 Triliun

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini