Kereta Api Sulsel Resmi Beroperasi, Berminat Naik? Begini Caranya

Kereta Api Sulsel Resmi Beroperasi, Berminat Naik? Begini Caranya
info gambar utama

Kereta api Sulawesi Selatan (KA Sulsel) akhirnya resmi beroperasi. Bagi masyarakat yang berminat naik, simak caranya.

Beroperasinya KA Sulsel ditandai dengan peresmian oleh Presiden Joko Widodo. Acara peresmian telah digelar pada di Depo Kereta Api Maros, Kabupaten Maros, pada Rabu, 29 Maret 2023.

Rute kereta api yang diresmikan ini adalah Maros-Barru. Rute tersebut merupakan bagian dari jalur lintas
Makassar-Parepare yang dibangun pemerintah. Di masa depan, diproyeksikan jalur tersebut bisa terhubung hingga ke Manado, Sulawesi Utara.

“Saya sangat senang dan menghargai apa yang sudah kita mulai ini jalur kereta api Trans-Sulawesi yang nantinya Insya Allah akan sambung menyambung dari Makassar sampai ke utara di Sulawesi Utara di Manado,” ujar Presiden Jokowi seperti dilansir laman resmi Kepresidenan RI.

Jokowi juga menjelaskan pentingnya KA Sulsel ini. Jokowi mengaitkan ketersediaan sarana transportasi yang memadai dengan daya saing sebuah negara.

“Ini kalau nanti betul-betul sudah (ada) keretanya banyak, ada untuk penumpang, ada untuk wisata, ada untuk barang, ini akan memberikan daya saing, competitiveness negara kita akan makin baik karena barang diangkut dengan alat transportasi yang murah bukan oleh yang lain-lainnya,” katanya.

Dengan beroperasinya KA Sulsel ini, masyarakat pun bisa memanfaatkannya. Lantas, bagaimana cara naik KA ini?

IKN Bakal Punya Kereta Gantung Hingga KA Trans Kalimantan, Pembangunan Dimulai 2025

Cara Naik KA Sulsel

Perlu diketahui, masyarakat yang ingin menggunakan KA Sulsel harus melakukan reservasi terlebih dahulu untuk melakukan perjalanan pada Senin sampai Jumat. Sedangkan untuk perjalanan hari Sabtu dan Minggu, calon penumpang dipersilakan langsung membeli tiket di loket yang tersedia di stasiun.

Loket dibuka 90 menit sebelum keberangkatan dan ditutup 30 menit sebelum KA berangkat. Untuk jadwal keberangkatannya sendiri dapat dilihan di akun Instagram @bpkasulsel milik Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan.

Saat menbeli tiket, calon penumpang diharuskan membawa kartu identitas. Setelah tiket didapat, calon penumpang boleh langsung masuk ke ruang tunggu sebelum masuk ke kereta. Untuk bisa ke ruang tunggu, calon penumpang harus terlebih dahulu melewati pemeriksaan tiket.

Menariknya lagi, saat ini layanan KA Sulses masih gratis dan belum ada keputusan resmi kapan tarif reguler akan diberlakukan. Namun, rute yang dilayani baru sebatas Depo Maros hingga Garongkong.

Indonesia Kini Punya Pabrik Kereta Api Terbesar di Asia Tenggara

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini