Indonesia Kini Punya Pabrik Kereta Api Terbesar di Asia Tenggara

Indonesia Kini Punya Pabrik Kereta Api Terbesar di Asia Tenggara
info gambar utama

Indonesia kini punya pabrik kereta api baru di Banyuwangi. Pabrik canggih itu digunakan oleh PT Steadler INKA Indonesia (SII).

Selama ini, pabrik kereta api yang dikenal masyarakat Indonesia adalah yang digunakan PT INKA di Madiun. Kini, ada lagi pabrik yang lebih canggih.

Itulah pabrik milik PT SII. Tidak hanya canggih, pabrik tersebut juga sekaligus merupakan pabrik kereta api terbesar di Asia Tenggara.

Pabrik kereta api PT SII adalah pabrik yang masih baru. Peresmiannya bahkan baru dilakukan pada Kamis (9/3/2023) lalu dengan dihadiri oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

Kehadiran pabrik PT SII tentu saja memberi efek positif. Kartika Wirjoatmodjo menyebut dua efek tersebut, yakni semakin produktifnya industri kereta api dan terserapnya tenaga kerja.

"Pabrik kereta api terbesar se-Asia Tenggara ini dibangun untuk meningkatkan produksi kereta api kualitas ekspor. Kehadiran workshop juga otomatis akan mendorong pembukaan lapangan kerja," ujar Kartika Wirjoatmodjo seperti dilansir ANTARA.

Hal senada disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Diharapkan pabrik PT SII membawa manfaat bagi warga Banyuwangi dan masyarakat Indonesia secara umum.

"Saya bersama Bupati Ipuk berharap workshop ini akan berdampak menggerakkan ekonomi daerah. Membuka lapangan kerja dan menjadi katalis bagi transportasi publik bukan hanya Banyuwangi, tapi juga nasional berkaitan dengan transportasi publik yang masif dan mumpuni," kata Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah.

Keajaiban Stasiun Kereta Api Tertinggi di Indonesia yang Kini Terlupa

Genjot produksi di Banyuwangi

Bukan tanpa alasan Banyuwangi dipilih sebagai lokasi pabrik PT SII. Ada beberapa pertimbangan penting di baliknya. Dua di antara pertimbangan tersebut adalah faktor lokasi serta situasi yang memang mendukung.

"Dipilihnya Banyuwangi karena posisinya yang strategis dan terletak tidak jauh dari pelabuhan dan stasiun, sehingga memudahkan mobilisasi produk. Selain itu, Banyuwangi juga mendukung pengembangan dunia usaha untuk membuka lapangan kerja," kata Kartika Wirjoatmodjo.

Mengangkut kereta api produksi pabrik PT SII dengan transportasi laut memang penting. Sebab, kereta api buatan Indonesia memang tak hanya digunakan di dalam negeri.

Ya, kereta api buatan Indonesia memang diekspor ke luar negeri. Beberapa negara yang menerima kereta api buat Indonesia yakni Bangladesh, Filipina, Singapura, India, Selandia Baru, dan Australia.

Terbaru, INKA, PT KAI (Persero), dan PT KCI atau KAI Commuter meneken kontrak pengadaan kereta penumpang dan kereta rel listrik (KRL). Pengadaan kereta ini bernilai lebih dari Rp9 triliun.

Ke Bandung Pakai Kereta Cepat Bisa Sampai ke Pusat Kota, Tinggal Manfaatkan Kereta Feeder!



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini