Misteri Banaspati, Sosok Seperti Bola Api Mengerikan yang Bikin Merinding

Misteri Banaspati, Sosok Seperti Bola Api Mengerikan yang Bikin Merinding
info gambar utama

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam budaya dan suku yang tersebar di berbagai wilayah. Tentunya, di setiap budaya memiliki mitos dan misteri yang melekat di dalam kehidupan masyarakat. Salah satu misteri atau mitos yang melekat di Indonesia adalah Banaspati.

Apa itu banaspati?

Banaspati merupakan salah satu cerita rakyat/legenda yang berasal dari tanah Jawa. Banaspati sangat populer di daerah Jawa. Tidak hanya terjadi di daerah Jawa, cerita ini kian marak ke berbagai daerah di Indonesia seperti, pulau Kalimantan. Fenomena mistis Banaspati ini menjadi perbincangan hangat yang menarik karena hal-hal yang tidak diketahui kebenarannya.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memang sering mempercayai hal-hal mistis. Hal inilah yang mengundang pemikiran masyarakat untuk menelusuri lebih lanjut terkait misteri tersebut. Seolah-olah mereka akan bertanya, "wujud aslinya Banaspati itu seperti apa?"

Mengutip dari situs Gramedia.com, Banaspati dikenal dan bisa diartikan sebagai penjaga hutan. Banaspati atau kala dipasang di atas ambang pintu candi dengan harapan sebagai penangkal pengaruh yang akan masuk ke dalam candi.

Banaspati digambarkan sebagai relief dengan kedok kepala raksasa. Pada candi di Jawa Timur, sosok Banaspati atau yang disebut sebagai kala (jerat) di Jawa Tengah. Pada umumnya, jerat dapat ditemukan terpahat pada bagian atas lubang pintu masuk di ruang sucinya masing-masing.

Dalam kepercayaan masyarakat, Banaspati dikenal sebagai hantu yang mempunyai elemen api. Banaspati dikenal sebagai makhluk mistis yang memiliki kekuatan besar. Banaspati biasa ditemukan di dalam hutan dan digunakan oleh dukun sebagai sarana ilmu hitam.

Baca juga: Memburu Kuyang, Hantu Perempuan Pemburu Darah Bayi untuk Awet Muda

Sementara itu, dilansir dari situs Kompas.com, Dr. Sunu Wasono, peneliti Sastra dan Budayawan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia juga menuturkan bahwa Banaspati adalah sosok makhluk halus yang muncul pada malam hari yang berbentuk bola api.

Cerita Banaspati ini masih menjadi polemik di benak masyarakat terkait keberadaan makhluk tersebut dan sosok wujudnya. Akan tetapi, dalam cerita yang beredar, Banaspati adalah jenis santet yang menakutkan dan mematikan. Konon katanya, terdapat dua jenis Banaspati yang pernah ditemui di kehidupan masyarakat, seperti Banaspati yang berbentuk manusia api serta berbentuk bola api.

Sosok Banaspati di Salah Satu Video Warga | Foto: Youtube.com - Daftar Populer
info gambar

Jenis dan wujud banaspati

Banaspati juga memiliki berbagai jenis dan wujud yang berbeda, yaitu Banaspati geni, Banaspati air dan Banaspati tanah liat. Ketiga macam jenis Banaspati tersebut memiliki ciri-ciri yang berbeda.

Banasparti geni

Jenis Banaspati geni bersenyawa dengan udara. Udara menjadi sumber kekuatan utamanya. Banaspati geni juga memiliki sumber kekuatan lainnya, yaitu rasa takut seseorang. Semakin besar ketakutan seseorang kepada Banaspati geni, maka kekuatan Banaspati geni akan semakin besar.

Banaspati air

Banaspati air juga memiliki perannya. Jenis Banaspati ini mengincar targetnya di air. Banaspati air melakukannya dengan cara dihisap darahnya. Untuk mencegahnya yaitu dengan bersentuhan langsung dengan tanah.

Banaspati tanah

Sementara itu, Banaspati tanah liat mengincar targetnya dengan cara menghisap darah korban sampai habis. Targetnya yaitu orang yang tidak menginjak tanah dengan kakinya secara langsung. Cara untuk menghindar dan mengelabui Banaspati ini adalah berdiri di tanah tanpa alas kaki.

Itulah beberapa informasi dari Banaspati. Diketahui, Banaspati adalah sosok mistis atau legenda yang beredar di masyarakat. Pastinya hal itu merupakan pilihan Kawan mau mempercayainya atau tidak. Apakah Kawan meyakini adanya sosok Banaspati di dunia nyata?

Referensi: Gramedia.com | Kompas.com | Detik.com | Duniaku.idntimes.com | Youtube.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RP
KO
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini