Rompi sebagai Baju Fashion dan Multifungsi: Terkenal di Berbagai Kalangan Usia

Rompi sebagai Baju Fashion dan Multifungsi: Terkenal di Berbagai Kalangan Usia
info gambar utama

Apakah Kawan percaya? Bagi Kawan GNFI yang suka mengenakan baju luaran seperti jaket, hoodie, ataupun sweater, rompi bisa menjadi alternatif baju luaran yang bagus. Meskipun mungkin tidak seterkenal jaket atau hoodie, rompi memiliki beberapa keuntungan sendiri. Jadi, mari kita mengenal rompi dan jenis-jenisnya secara lebih dalam!

Rompi sebagai Baju Luaran

Sebagai baju luaran, ciri khas rompi adalah tidak adanya bagian lengan. Hal ini sangat berbeda dengan baju luaran lain seperti jaket, yang umumnya dilengkapi dengan lengan panjang. Oleh sebab itu, rompi biasanya dipakai di bagian luar kemeja atau di balik mantel dan jas. Meskipun dulu rompi merupakan bagian dari busana formal pria, sekarang di zaman modern pria maupun wanita dari kalangan muda atau dewasa juga bisa memakainya.

Selain itu, kelebihan lain dari rompi adalah penggunaannya yang cukup fleksibel, yang mana orang-orang bisa memakainya secara formal maupun non-formal. Alasan inilah yang membuat rompi menjadi populer di kalangan konsumen segala usia. Di satu sisi, para pemakai yang merupakan bagian dari kalangan anak muda cenderung lebih memilih untuk mengenakan rompi yang lebih bersifat stylish atau memakai rompi sebagai aksesoris fashion tambahan.

Sementara itu, pemakai dari kalangan orang dewasa biasanya mengenakan rompi karena tuntutan pekerjaan terutama faktor keamanan. Perbedaan ini membuat jenis rompi yang terkenal di masing-masing kalangan berbeda. Dikutip dari Rumah Kapas, setidaknya ada tiga jenis rompi yang paling populer di kalangan konsumen berbagai usia.

Bagi kalangan anak muda, banyak dari mereka yang memilih untuk memakai rompi Vest, jenis rompi yang memiliki ciri khas berupa ritsleting atau zipper untuk menutup dan membuka rompi. Rompi ini juga cenderung terasa lebih sejuk karena tidak memiliki lengan.

Rompi vest juga dikenal dengan penampakannya yang stylish. Hal inilah yang membuat rompi vest terkenal di kalangan pemuda. Akibatnya, banyak perusahaan garmen dan konveksi yang menyediakan katalog berisi jenis-jenis rompi vest yang cukup banyak untuk memenuhi permintaan-permintaan style ala anak muda. Untuk rompi vest yang mengutamakan faktor gaya, biasanya mereka menggunakan bahan denim, kulit ataupun katun.

Baca juga: Kisah Callista Aldenia, Remaja Asal Bandung Perancang Baju Tur Konser Billie Eilish

Sementara itu, rompi Safety Vest yang lebih ramai dipakai oleh orang-orang kalangan pekerja dan orang dewasa merupakan jenis rompi khusus untuk para pekerja sektor industri, pabrikan, dan proyek pembangunan. Sesuai namanya, rompi ini digunakan untuk membantu meningkatkan faktor keamanan bagi para pekerja di bidang-bidang tersebut dan bisa dibilang termasuk wajib digunakan.

Agar lebih aman, biasanya safety vest juga dilengkapi dengan beberapa aksesoris seperti pita skotlet yang dijahit mengelilingi rompi dan terbuat dari bahan retroeflektif. Sebagai informasi, bahan retroreflektif adalah bahan yang bisa memantulkan cahaya kembali ke arah asal cahaya.

Oleh sebab itu, para pekerja yang menggunakan safety vest bisa lebih mudah dilihat oleh orang lain di lingkungan yang redup seperti pabrik atau proyek jalan raya pada malam hari. Adapun untuk bahan kain dari safety vest, biasanya bahan yang digunakan adalah kain yang kuat, seperti ripstop, polyester, dan parasut.

Rompi Solat | Foto: Needpix
info gambar

Ada juga rompi solat yang bisa dibilang tidak seterkenal dua jenis rompi sebelumnya, tetapi akhir-akhir ini mulai banyak dilirik dari berbagai kalangan usia, baik tua maupun muda. Sesuai namanya, rompi ini khusus dibuat agar bisa dipakai saat beribadah. Rompi ini juga berfungsi menjadi alternatif yang bagus saat Kawan GNFI membutuhkan pakaian bersih dalam beribadah, terutama bagi Kawan GNFI yang sering beraktivitas di luar ruangan setiap harinya.

Selain itu, biasanya rompi salat dibuat dengan berbagai fungsi. Tidak hanya untuk beribadah, pengusaha garmen biasanya menambahkan aksesoris seperti tambahan saku dan juga ritsleting. Tambahan ini membuat rompi salat bisa menjadi opsi yang bagus saat Kawan GNFI mencari baju luaran semi-formal yang bisa dikenakan ke segala situasi. Untuk bahan kain, biasanya yang digunakan untuk pembuatan rompi salat adalah bahan kemeja yang adem, seperti kain Toyobo. Kain ini memiliki sifat halus dan warnanya yang berkilau maupun bersifat doff/kalem.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

BR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini