SNBP dan SNBT 2023, Gerbang Menuju Perguruan Tinggi Negeri

SNBP dan SNBT 2023, Gerbang Menuju Perguruan Tinggi Negeri
info gambar utama

Jalur masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia ada tiga cara, seperti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan seleksi mandiri di setiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Lembaga yang melaksanakan seleksinya kini disebut Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3).

Pernah mendengar istilah PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) atau SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)? Itu merupakan nama terdahulu dari SNBP. Sedangkan, SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah istilah sebelum lahirnya SNBT.

Mengenal Galeri Nasional: Koleksi, Lokasi, Sejarah, hingga Jam Bukanya

Apa Itu SNBP?

Berdasarkan kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), SNBP adalah bentuk seleksi yang fokusnya pada kesuksesan para siswa dalam pembelajaran di pendidikan tingkat menengah secara keseluruhan. Pada jalur seleksi ini, rapor siswa menjadi acuan untuk penentuan kelayakannya memasuki perguruan tinggi yang dituju.

Selain nilai rapor, siswa juga dihimbau untuk mencantumkan prestasi dan portofolio lain sebagai bukti pendukung kesuksesan dalam belajar. Namun, portofolio hanya berlaku untuk program studi seni dan olahraga.

Perbedaan SNBP dan SNBT

Berbeda dengan SNBP, SNBT lebih fokus kepada hasil tes yang menguji kemampuan penalaran serta pemecahan masalah siswa. Tidak seperti tes SBMPTN sebelumnya yang memiliki tes kemampuan mata pelajaran baik IPA maupun IPS, SNBT hanya membutuhkan hasil tes skolastik untuk mengukur potensi kognitif peserta didik, kemampuan bernalar matematika, dan literasi (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris).

Semakin bagus tingkat penalaran siswa, maka akan semakin tinggi pula peluang suksesnya menjalani seleksi masuk perguruan tinggi ini.

Gagal SNBP? Raih kesempatanmu di SNBT!

Pada tanggal 28 Maret 2023 kemarin, telah diumumkan hasil pengumuman dari SNBP. Bagi Kawan GNFI yang lolos SNBP, selamat! Namun, untuk yang belum, jangan patah semangat. Masih ada jalan lain menuju universitas impianmu, yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Bagi Kawan GNFI yang merupakan lulusan pendidikan menengah atau paket C tahun 2021, 2022, dan 2023 dengan maksimal umur 25 tahun, perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Mengutip dari blog Ruang Guru, berikut adalah tanggal-tanggal yang perlu dicatat untuk para peserta SNBT:

  • 16 Februari - 3 Maret 2023: Buatlah akun SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru) di website SNPMB.
  • 23 Maret - 14 April 2023: Pendaftaran UTBK-SNBT.
  • 8 - 14 Mei 2023: Gelombang I UTBK-SNBT.
  • 22 - 28 Mei 2023: Gelombang II UTBK-SNBT.
  • 20 Juni 2023: Pengumuman hasil SNBT.
Kue Bingke Berendam, Menu Berbuka Favorit di Pontianak yang Manis Legit Lembut

Persiapan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)

Kawan GNFI yang merupakan pejuang ujian masuk perguruan tinggi negeri, ketahuilah ketentuan dan materi yang akan diujikan di UTBK-SNBT demi kesuksesanmu menembus gerbang universitas impian.

  1. Untuk mengikuti SNBT, Kawan wajib memiliki hasil UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer).
  2. Biaya pendaftaran perlu dibayarkan sebesar Rp200.000.
  3. Peserta didik boleh memilih dua program studi, baik di satu Perguruan Tinggi Negeri atau berbeda.
  4. Ada dua gelombang UTBK yang berlangsung selama 7 hari dengan dua sesi (pagi dan siang), untuk waktu setiap sesi dialokasikan sebanyak 195 menit.
  5. Pelajari materi UTBK yaitu TPS (Tes Potensi Skolastik), literasi, dan penalaran matematika. Untuk TPS, ada empat hal yang diuji yaitu kemampuan penalaran umum, kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta pemahaman bacaan dan menulis. Sub-tes literasi meliputi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang akan mengukur pemahaman seputar teks. Sedangkan penalaran matematika adalah sebuah tes berupa pengukuran kemampuan berpikir siswa terhadap konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Mengulik Pentingnya UU Pemajuan Kebudayaan, Hilmar Farid: Jadi Modern dengan Cara Sendiri

Perjuangan menuju cita-cita termasuk menjadi mahasiswa di perguruan tinggi impian tidaklah mudah. Namun, usaha perlu dilakukan semaksimal mungkin dengan cara belajar. Dengan begitu, langkah menuju tempat belajar yang menjadi jembatan terhadap cita-cita Kawan GNFI bisa menjadi lebih dekat. Siapkan SNBT dengan matang agar hasil yang diperoleh dapat memuaskan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AC
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini