Sport Centre Sumut, Sentra Olahraga Baru yang Bakal Hadir di Sumatra Utara

Sport Centre Sumut, Sentra Olahraga Baru yang Bakal Hadir di Sumatra Utara
info gambar utama

Sumatra Utara akan segera punya sentra olahraga baru bernama Sport Centre Sumut. Proses Pembangunannya baru saja dimulai.

Sport Centre Sumut merupakan sentra olahraga di mana sebuah kawasan khusus didesain untuk memiliki berbagai venue. Dengan demikian, Sport Centre Sumut nantinya akan bisa digunakan untuk melaksanakan event dari berbagai cabang olahraga.

Sport Centre Sumut berlokasi di Desa Sena, Deliserdang. Letaknya tidak jauh dari Bandara Internasional Kualanamu.

Pembangunan Sport Centre Sumut baru saja dimulai pada pekan lalu, tepatnya Jumat (31/3). Dimulainya pembangunan ini ditandai dengan seremoni peletakan batu pertama oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Untuk pembangunan di tahap awal ini, ada dua venue yang digarap, yakni Stadion Madya Atletik dan Martial Art Arena. Pembangunan kedua venue memakan biaya sekitar Rp300 miliar.

Stadion Madya Atletik yang dibangun di lahan seluas 38 Ha. Venue ini didesain memiliki dua lapangan yang fungsinya berbeda. Satu lapangan difungsikan untuk pemanasan, lalu satu lapangan lagi pertandingan. Selain itu, venue ini juga bisa menampung 2.500 orang penonton.

Sementara itu Arena Martial Art dibuat untuk penyelenggaraan olahraga beladiri seperti taekwondo, karate atau wushu. Dibangun di atas lahan seluas sekitar 54 Ha, venue ini punya kapasistas 1.000 penonton.

"Semua sudah sesuai aturan, jangan ada yang menghalang-halangi lagi, karena ini untuk pengembangan atlet-atlet kita dan peningkatan ekonomi di kawasan ini," ujar Edy Rahmayadi seperti dilansir laman resmi Pemprov Sumut.

Proyek pembangunan Stadion Madya Atletik dan Martial Art Arena direncanakan berjalan selama sekitar sembilan bulan. Diharapkan kedua venue sudah tuntas dibangun pada Desember mendatang.

Jokowi Mendapatkan Titel Sebagai ‘Bapak Olahraga Indonesia’

Untuk PON

Di samping untuk pengembangan atlet-atlet di Sumut, keberadaan Sport Centre Sumut juga diperlukan terkait dengan penyelenggaraan PON 2024. Sebagaimana diketahui, Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah PON 2024.

Sebagai tuan rumah PON, keberadaan sarana olahraga yang mumpuni mutlak dibutuhkan. Setelah PON pun, Sport Centre Sumut dapat digunakan lagi untuk berbagai event.

Oleh karena itu, venue lainnya di Sport Centre Sumut juga perlu segera dibangun. Terkini, diketahui bahwa pembangunan venue bulutangkis, voli indoor, dan stadion utama akan mulai dilaksanakan pada pertengahan tahun ini.

Stadion utama menjadi fokus pembangunan di Sport Centre Sumut. Stadion itu akan menggelar pertandingan sepakbola putri dan penutupan PON 2024.

"Juni untuk bulutangkis dan voli indoor, Juli mudah-mudahan stadion utama kita mulai dibangun dan menyusul yang lain termasuk revitalisasi atau perbaikan," lanjut Edy Rahmayadi.

Berprestasi di Turnamen SEAKF, Perjalanan Berat Timnas Karate Indonesia Berbuah Manis

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini