Perayaan Lebaran Aman dan Nyaman, Tak Perlu Khawatir Listrik Padam

Perayaan Lebaran Aman dan Nyaman, Tak Perlu Khawatir Listrik Padam
info gambar utama

PT Perusahaan Listrik negata atau PLN (persero) siap memberikan pelayanan prima untuk masyarakat selama momen Lebaran 2023. Salah satu upaya yang dilakukannya adalah dengan menjamin pasokan listrik aman dan andal selama arus mudik maupun balik pada Idul Fitri 1444 H.

Dilansir dari liputan6.com, Selasa (11/4/2023), Direksi Distribusi PLN Adi Priyanto mengatakan bahwa pasokan listrik akan tetap andal meski tanpa dilakukan pemadaman listrik dan pemadaman bergilir. Dengan demikian, masyarakat tak perlu khawatir listrik padam saat Lebaran nanti.

Ketersediaan Hari Operasi Pembangkit (HOP) batu bara di atas 20 hari disebutkannya sebagai salah satu penopang pasokan listrik andal itu. Di sisi lain, pihaknya juga telah mengamankan energi primer, antara lain batu bara, gas, dan BBM dengan HOP yang mencukupi.

Pemeliharaan preventif seperti perbaikan dan peningkatan keandalan infrastrukrur kelistrikan melalui instalasi pembangkit, transmisi, dan distribusi juga telah dilakukan untuk memastikan momen lebaran tahun ini tidak akan mengalami pemadaman bergilir.

Sementara itu, terkait konsumsi daya selama periode Lebaran, pasokan yang dimiliki perusahaan milik negara ini cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik selama pada momen tersebut.

Pihaknya memperkirakan, beban puncak (daya) bisa mencapai 29 gigawatt (GW), dan sejauh ini pasokan daya yang dimilikinya sebesar 46,2 GW. Maka dari itu, sekitar 2.300 posko siaga kelistrikan akan disebar di sejumlah titik krusial.

Sebanyak lebih dari 82 ribu personel yang terdiri dari sekitar 20 ribu staf PLN dan sekitar 61 ribu tenaga ahli daya juga dikerahkan agar perayaan Lebaran 2023 menjadi lebih nyaman dan aman.

Kemudian untuk mendukung para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik, charging station pun telah disiapkan dengan sejumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sebanyak 616 unit yang tersebar di 237 titik lokasi.

Indonesia Ingin Ekspor Listrik, Caranya: Tarik Kabel ke Singapura

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini