Bumi Intan Pari sebagai Cerminan dari Indonesiaku

Bumi Intan Pari sebagai Cerminan dari Indonesiaku
info gambar utama

Bumi Intan Pari merupakan akronim dari industri, pertanian, dan pariwisata sebagai julukan bagi Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Surga dengan sejuta pesona yang menghiasi Kabupaten Karanganyar ini merupakan cerminan yang utuh dalam menggambarkan Indonesia itu sendiri.

Tidak hanya potensi alam yang dimiliki, tetapi juga kehidupan masyarakat yang berada di Kabupaten Karanganyar juga mampu mencerminkan kehidupan masyarakat Indonesia. Penggambaran ini terlihat jelas dengan keramahan yang bisa dijumpai di seluruh wilayah Kabupaten Karanganyar, baik di kota maupun di lereng Gunung Lawu.

Baca juga: Wisata Alam Temanggung
Air Terjun di Karanganyar | Foto: solopos.com
info gambar

Kegiatan masyarakat itu tercermin pada kegiatan musyawarah mufakat, penerapan dalam nilai-nilai luhur, menjaga adab yang berlaku, mengedepankan semangat gotong royong, dan menjunjung tinggi toleransi beragama di dalam kehidupan bermasyarakat. Semua itu menjadi satu kesatuan yang utuh dan dapat dijumpai di kehidupan masyarakat Bumi Intan Pari. Hal tersebut yang menjadi keunikan serta ciri khas bagi masyarakat Bumi Intan Pari dan tercermin pada masyarakat Indonesia yang dikenal sebagai masyarakat yang murah akan senyum dan ramah bagi semua.

Kabupaten Karanganyar memiliki beragam potensi yang memproyeksikan keindahan Indonesia, seperti di bidang perekonomian yang memanfaatkan perkembangan industri dengan hadirnya berbagai pabrik yang menghasilkan kebutuhan sehari-hari berskala nasional hingga internasional. Selain itu, bidang pertanian dan pariwisata pun turut mencerminkan bagian dari Indonesiaku yang saling berhubungan satu sama lain dengan memanfaatkan kekayaan sumber daya alam seperti, pertanian, sayur-sayuran, obat-obatan, hutan raya, kebun teh, peninggalan prasasti, candi, air terjun, waduk, hingga pegunungan yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah.

Tidak heran, jika Kabupaten Karanganyar memiliki julukan sebagai Bumi Intan Pari dengan jargon andalnya yaitu, Karanganyar Tentram. Cerminan tersebut menjadikan Kabupaten Karanganyar yang dapat menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia dengan mengedepankan hubungan sosial yang berdampingan pada kekayaan sumber alam.

Bumi Intan Pari menjadi sarana pembelajaran yang baik bagi semua kalangan. Tidak heran tempat ini juga melahirkan para cendikiawan yang berjaya bagi kehidupan bangsa Indonesia. Misalnya, dengan adanya berbagai tingkat pendidikan yang dapat menunjang kehidupan masyarakat yang tidak hanya diisi oleh masyarakat lokal, tetapi juga masyarakat dari penjuru tanah air pun turut berkontribusi dalam menempuh pendidikan di Bumi Intan Pari.

Tidak hanya itu, cerminan Indonesiaku juga tergambar pada kehidupan beragama masyarakat Bumi Intan Pari seperti, banyaknya peninggalan candi dari masa lampau seperti Candi Cetho yang hingga saat ini masih digunakan dalam kegiatan keagamaan bagi umat Hindu, vihara yang tersebar di Kabupaten Karanganyar seperti Vihara Lawu bagi umat Buddha, masjid bagi umat Islam, gereja bagi umat Kristen dan Katolik, serta klenteng bagi umat Konghucu. Semua itu menjadi cerminan yang menggambarkan secara nyata dari kehidupan masyarakat Indonesia dengan mengenal beraneka ragam keunikan dan ciri khas setiap umat beragama.

Bumi Intan Pari telah mencerminkan dari bagian Indonesiaku sebagai tempat yang tentram dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang telah melekat di kehidupan sehari-hari. Cerminan ini menjadi keunikan serta tempat untuk mempelajari aspek-aspek kehidupan bermasyarakat.

Itulah cerminan Bumi Intan Pari sebagai bagian dari Indonesiaku yang telah menuangkan keragaman, kekayaan, dan ciri khas di dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Dengan hal ini, menandakan bahwa Indonesia memiliki banyak keragaman yang telah menjalar baik pada aspek sosial maupun sumber daya alam yang patut untuk Kawan jaga dan lestarikan bersama.


Referensi:

https://www.solopos.com/asal-usul-karanganyar-disebut-bumi-intanpari-1246480, diakses pada 27 Februari 2023


https://regional.kompas.com/read/2022/02/22/060000378/7-fakta-kabupaten-karanganyar-kabupaten-berjuluk-bumi-intanpari-yang-miliki, diakses pada 27 Februari 2023.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

HR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini