Pentingnya Evaluasi Pembelajaran Bagi Pendidik dan Peserta Didik

Pentingnya Evaluasi Pembelajaran Bagi Pendidik dan Peserta Didik
info gambar utama

Evaluasi merupakan bagian dari proses pembelajaran yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar mengajar. Melakukan evaluasi pembelajaran dalam kegiatan pendidikan memiliki arti yang sangat penting sebab evaluasi merupakan alat ukur untuk mengetahui tingkat pencapaian keberhasilan yang telah dicapai peserta didik atas materi-materi yang telah disampaikan oleh pendidik. Dengan demikian, adanya evaluasi menjadikan tujuan pembelajaran akan dapat terindeks secara teliti, saksama, tepat dan meyakinkan.

Tujuan dari evaluasi adalah untuk mengetahui proses belajar (transfer ilmu) dari pendidik kepada peserta didik, apakah sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah diterapkan atau belum. Selain itu, evaluasi pembelajaran juga bermanfaat untuk memeriksa hasil belajar peserta didik, apakah ada yang kurang atau tidak dalam proses pembelajaran. Mencari jalan keluar atau pemecahan dari kekurangan yang peserta didik hadapi, dan untuk mengetahui seberapa menguasainya peserta didik dalam kompetensi yang disampaikan pendidik.

Hal tersebut yang mendasari bahwa kegiatan evaluasi penting untuk dilakukan. Evaluasi pembelajaran sangatlah penting dilaksanakan untuk mengetahui efektivitas sebuah proses pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik. Apabila seorang pendidik tidak melaksanakan evaluasi, sama halnya pendidik tersebut menanggalkan rangkaian perkembangan dalam merancang proses sistem pembelajaran.

Hal ini berakhir pada tumpulnya inovasi dan kratifivitas pendidik kepada peserta didik. Peserta didik akan mudah merasa bosan dengan sistem belajar yang terus menerus sama. Tenaga pendidik harus kreatif dan menciptakan inovasi baru untuk memperbaiki sistem yang akan diterapkan dalam proses pembelajaran agar peserta didik tidak merasa bosan.

Sistem evaluasi yang baik dapat memberikan gambaran tentang kualitas pembelajaran, sehingga akan membantu tenaga pendidik untuk merencanakan strategi pembelajaran yang efektif dan tepat sasaran. Bagi peserta didik, sistem evaluasi yang baik akan mampu memberikan motivasi untuk selalu meningkatkan kemampuan belajarnya agar lebih baik.

Berikut adalah menafaat dari evaluasi pembelajaran yang dapat dirasakan oleh pendidik dan peserta didik:

Baca juga: Kenapa Idulfitri Disebut Lebaran?

Mengukur Tingkat Pencapaian Peserta Didik

Bagi peserta didik, evaluasi digunakan untuk mengukur tingkat pencapaian keberhasilan yang telah dicapai peserta didik dalam mengikuti pembelajaran yang telah diberikan pendidik. Dalam hal ini ada dua kemungkinan yang terjadi diantaranya yaitu:

1. Peserta didik yang memperoleh hasil memuaskan

Jika peserta didik memperoleh hasil yang memuaskan, tentunya peserta didik ingin kepuasan ini diperolehnya kembali pada waktu yang akan datang dengan lebih giat belajar.

2. Peserta didik yang memperoleh hasil kurang memuaskan

Jika peserta didik memperoleh hasil yang kurang memuaskan, maka pada kesempatan berikutnya peserta didik akan berusaha memperbaikinya. Hal ini akan memotivasi dirinya agar meningatkkan kemampuan belajarnya.

Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Pendidik

Teaching by teacher | Foto: Pixabay

Evaluasi pembelajaran berarti meninjau atau menilai ulang mengenai sistem pembelajaran yang telah dilakukan. Mengukur kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas. Data ini akan membantu pendidik untuk merumuskan cara yang tepat untuk mencapai efektivitas pembelajaran dengan kreativitas dan inovasi pembelajaran baru.

Rumusan teresebut dapat diperoleh dengan menimbang beberapa hal berikut: peserta didik yang menguasai materi dan yang belum menguasai materi, ketepatan metode yang digunakan dalam menyajikan bahan materi tersebut, tujuan dan materi yang telah disampaikan itu dikuasai peserta didik atau belum.

Baca juga: Peluang Emas jadi Pengusaha Gula Aren di Pulau Bawean, Apa Rahasianya?

Evaluasi dapat mendorong peserta didik untuk lebih giat belajar secara terus menerus dan juga mendorong pendidik untuk lebih meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta mendorong pengelola pendidikan untuk lebih meningkatkan fasilitas dan kualitas belajar peserta didik. Manfaat utama yang dicapai dari evaluasi pembelajaran adalah meningkatkan kualitas pembelajaran.

Referensi:

Alvina Khoirussa'adah, Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini