Arab Saudi Rilis Film Dokumenter Kisah Perjalanan Jemaah Haji Asal Indonesia

Arab Saudi Rilis Film Dokumenter Kisah Perjalanan Jemaah Haji Asal Indonesia
info gambar utama

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dikabarkan merilis film dokumenter berjudul Hajj Journey, yang mengisahkan perjalanan delapan warga negara Indonesia untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Bersumber dari detik.com, peluncuran film dokumenter tersebut telah dilakukan dalam acara “Launching dan Publikasi Film Perjalanan Ibadah Haji Tahun 2023” pada Rabu (10/5/2023), di Kantor Kementerian Agama RI.

Adapun pihak-pihak yang merilis film ini, antara lain Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah H. Amodi, Dirjen Departemen Kesadara Umum Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi Turki Alkhalaf, dan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag Hilman Latief).

Pelunasan Biaya Haji 2023 Dibuka Mulai Hari Ini, Berapa Besarannya Tiap Provinsi?

Visualisasi proses ibadah haji

Film dokumenter Hajj Journey memvisualisasikan secara umum mengenai proses ibadah haji yang dialami oleh jemaah Indonesia. Mulai dari pemberangkatan, kemudian disambut oleh pemerintah Arab Saudi, hingga kembali ke tanah air secara aman.

Dirjen PHU Hilman Latief mengungkapkan bahwa film ini merupakan pelengkap dari film dokumenter yang pernah dibuat oleh Kemenag. Tidak hanya menceritakan pelaksanaan haji langsung dari tanah suci, film ini juga lebih mendalami kasus-kasung perorangan jemaahnya.

Dalam acara tersebut, pihaknya menyampaikan apresiasi atas langkah Arab Saudi dalam mendokumentasikan perjalanan haji jemaan Indonesia menjadi sebuah film. Dengan ini, penonton yang pernah menunaikan ibadah haji dapat menjadikannya sebagai pengingat, serta gambaran bagi masyarakat Indonesia yang belum berangkat.

Pembuatan film dokumenter ini diketahui merupakan tindak lanjut dari kerja sama yang terjadi antara kedua negara. Selain itu, dikatakan pula bahwa ini menjadi bentuk perhatian yang diberikan pemerintah Arab Saudi terhadap jemaah Indonesia.

Ketahui Syarat Baru Mengurus Paspor Haji dan Umrah Berikut

Proses pembuatan film

Dokumenter Hajj Journey mengisahkan delapan orang jemaah asal Indonesia yang berangkat ke Tanah Suci pada tahun 2022. Terkait pemilihan sampel, pihak pembuatnya mengatakan dipilih secara acak.

Dirjen Departemen Kesadara Umum Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi Turki Alkhalaf menuturkan, proses pembuatan film ini dilakukan sebanyak 60 pengambilan gambar yang diambil dari delapan jemaah haji.

Jemaah yang terpilih mengekspresikan perasaannya saat melaksanakan ibadah haji pada 2022 lalu. Film perjalanan ibadah haji ini pun dibuat di berbagai tempat dan dalam waktu yang tidak singkat.

Adapun rinciannya, yakni pengambilan gambar dilakukan di 60 kota di Arab Saudi dan 16 kota di Indonesia yang direkam selama 240 jam dalam jangka waktu 120 hari.

Film dokumenter ini menampilkan bagaimana tingkah laku para jemaah saat melaksanakan ibadah haji termasuk juga kesibukan dan kemudahan yang diterimanya dari otoritas negara Arab Saudi, hingga mereka kembali ke negara masing-masing.

Indonesia Dapat 8000 Tambahan Kuota Haji

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini