Istana Presiden di IKN Ditargetkan Bisa Gelar Upacara HUT RI pada 2024

Istana Presiden di IKN Ditargetkan Bisa Gelar Upacara HUT RI pada 2024
info gambar utama

Pemerintah optimistis pembangunan kawasan Istana Kepresidenan di IKN Nusantara berjalan sesuai rencana sehingga Upacara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 dapat dilaksanakan di sana.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga seperti dilansir dari Antara, Senin (15/5/2023). Pihaknya mengatakan pembangunan Istana Kepresidenan di Kantor Presiden di IKN sejauh ini berjalan dengan baik.

“Sejauh ini pembangunannya baik dengan progress lebih dari 12 persen untuk Istana Kepresidenan dan Kawasan Kantor Presiden,” paparnya. Area lapangan di depan Istana Kepresidenan inilah yang rencananya digunakan untuk upacara HUT Kemerdekaan RI pada 2024 mendatang.

Perusahaan Dubai Terima Kesepakatan Kerja Sama Pengelolaan Limbah di IKN Nusantara

Presiden Jokowi optimistis

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui lebih dulu menyampaikan optimisnya terhadap pembangunan Istama Kepresidenan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN) akan selesai pada 2024.

Dengan ini, Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2024 ditargetkan bisa digelar di kawasan tersebut setelah proses pembangunanya selesai.

Dilansir dari Kompas.com, Presiden Jokowi menegaskan bahwa pembangunan Istana kepresidenan ini berjalan sesuai dengan desain yang telah dirancang sebelumnya.

Meski begitu, beberapa bagian dikabarkan mengalami perubahan karena harus menyesuaikan kondisi di lapangan.

Kemudian ketika proses pembangunan Istana Kepresidenan ini selesai, Presiden memastikan akan langsung menempatinya bersama setiap kementerian meskipun tidak semua staf akan dibawa.

Hal tersebut dilakukannya agar kawasan IKN menjadi ramai sehingga mampu meningkatkan geliat pembangunan di sekitarnya. Menurutnya, agar ada keramaian di IKN, diperlukan fasilitas penjunjang lain seperti restoan, sekolah, hingga Rumah Sakit.

Bisa Boyong 5 Orang, Simak Insentif ASN yang Pindah ke IKN Tahun Depan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini