Pemerintah Terus Kebut Pembangunan Proyek Strategis Nasional, Apa Buktinya?

Pemerintah Terus Kebut Pembangunan Proyek Strategis Nasional, Apa Buktinya?
info gambar utama

Pemerintah terus membangun Proyek Strategis Nasional (PSN) yang saat ini telah memasuki usia delapan tahun sejak pertama kali ditetapkan. Dalam hal ini, pemerintah berkomitmen mntuk mengakselerasi pembangunan inftrastruktur sekaligus mendukung program pemerataan ekonomi secara berkelanjutan.

Hingga Mei 2023, Kementerian Keuangan RI mencatat pembangunan sebanyak 156 PSN dengan total nilai investasi sebesar Rp1.080,2 triliun telah digelontorkan oleh pemerintah. Menurutnya, keberhasilan PSN mampu memberikan dampak signifikan pada seluruh masyarakat Indonesia.

Proyek tersebut utamanya pada sektor infrastruktur penunjang konektivitas, ketahanan energi, kedaulatan pangan dan mitigasi bencana, serta hilirisasi industri, dan penunjang investasi.

Cegah Kemiskinan Ekstrem, 2 Strategi Jadi Andalan Pemerintah

Bermanfaat untuk masyarakat

Bersumber dari laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, beberapa proyek PSN antara lain operasional MRT dan LRT pertama di Indonesia dan penambahan jaringan jalur kereta api sepanjang lebih dari 1.000 km. tak hanya itu, puluhan bendungan juga dibangun untuk menambah persediaan air baku, mereduksi potensi banjir, hingga memproduksi energi listrik.

Penambahan jalan tol pun telah dilakukan hingga tiga kali lipat sejak 2014 dan pembangunan tiga Sistem Pengolahan Air Minum dengan skema KPBU yang telah memberikan layanan kepada lebih dari dua juta orang.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah terus mendorong percepatan penyelesaian PSN agar tidak ada proyek yang mangkrak di tahun 2014. Sementara proyek PSN yang lewat dari periode financial closing, dikatakan akan terus dilanjutkan.

Bagaimanapun, kunci utama keberhasilan PSN di masa yang akan datang adalah dengan mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Untuk itu, kerja sama dan kolaborasi yang kuat lintas kementerian dan lembaga, pemangku kepentingan, badan usaha, serta masyarakat, terutama generasi muda yang nantinya akan memanfaatkan PSN saat ini sangat diperlukan.

Pemerintah berharap, generasi muda menyadari pentingnya peran mereka dalam pemanfaatan seluruh infratsruktur terbangun guna mendorong Indonesia jadi negara maju, adil, makmur, dan berdaulat di dunia internasional.

Pemerintah Gelontorkan Rp476 T untuk Program Perlindungan Sosial, Begini Rinciannya!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini