Tidak Tegak Lagi, Kursi KA Ekonomi Baru Akan Mirip Eksekutif

Tidak Tegak Lagi, Kursi KA Ekonomi Baru Akan Mirip Eksekutif
info gambar utama

Kereta api adalah salah satu moda transportasi favorit banyak orang bila hendak bepergian ke luar kota. Si ular besi ini juga terdiri atas beberapa kelas yang bisa calon penumpang pilih, mulai dari ekonomi yang hemat di kantong hingga kelas luxury yang kaya akan fasilitas serta waktu tempuh yang lebih cepat.

Dari kelas tersebut, kelas ekonomi kerap jadi pilihan karena harganya yang terjangkau untuk berbagai kalangan. Tetapi, salah satu keluhannya adalah bangkunya yang tegak dan dibuat berhadap-hadapan dengan penumpang lain.

Kabar baiknya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mengubah interior dari kereta ekonomi, termasuk untuk bangkunya. Nantinya, kereta ekonomi akan punya bangku yang mirip dengan eksekutif.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan KAI agar para penumpang bisa tetap nyaman selama perjalanan, apalagi perjalanan jauh yang memakan waktu berjam-jam.

Terkait dengan kabar perubahan interior kereta ekonomi ini, Joni Martinus selaku VP Public Relations KAI menyebutkan bila saat ini memang KAI sedang melaksanakan modifikasi kereta ekonomi secara bertahap. Prosesnya sendiri dilakukan di Balai Yasa Manggarai.

Untuk rencana operasionalnya akan dirangkaikan untuk kereta api apa dan kapan waktunya, sampai dengan saat ini masih dalam kajian manajemen. Yang pasti, dalam waktu dekat pelanggan kereta ekonomi akan merasakan pengalaman yang berbeda dan pastinya lebih nyaman," kata Joni sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia.

Waktu Tempuh 140 Kereta Jarak Jauh Bakal Dipangkas Mulai 1 Juni

Lebih nyaman

Dari hasil perubahan bentuk bangku serta interior ini, kereta kelas ekonomi yang sebelumnya memiliki 80 bangku dalam satu gerbong, nantinya akan dikurangi menjadi 72 bangku. Tidak cuma dari segi tampilan saja, fitur yang diberikan juga akan menyerupai kereta kelas eksekutif. Yang mana, bangku tersebut dapat disandarkan dan dapat diputar 180 derajat.

Toiletnya juga akan dimodifikasi dengan menggunakan WC jongkok. Kemudian, di dalam gerbong juga akan terdapat Public Information Display System (PIDS) yang menunjukkan informasi soal suhu dan jam. Pencahayaan serta tempat bagasi pun akan dibuat menjadi lebih bagus.

Mengenai kapan waktu operasional kereta ini memang belum ada kepastian. Tetapi, dalam waktu dekat pengalaman menaiki kereta ini akan bisa dirasakan oleh para penumpang.

Soal harga, tentunya akan ada kenaikan sedikit. Namun, hal ini juga sesuai dengan apa yang akan didapatkan. Jadi, kawan GNFI lebih menyukai bangku model lama atau model baru?

Kisah Bung Hatta dalam Perjalanan Kereta Api dari Bukittinggi



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini