Mengenal Filosofi Pohon Hayat, Logo IKN Nusantara yang Baru Saja Diluncurkan

Mengenal Filosofi Pohon Hayat, Logo IKN Nusantara yang Baru Saja Diluncurkan
info gambar utama

Pada 30 April 2023 kemarin, logo resmi dari IKN Nusantara baru saja diluncurkan secara resmi di Istana Negara. Logo ini bernama Pohon Hayat yang merupakan buatan dari desainer grafis asal Bandung, Aulia Akbar.

Logo ini memenangkan hasil voting melawan 4 calon logo lainnya, yang mana sebelumnya pelaksanaan voting tersebut dilaksanakan pada 4 April 2023 hingga 20 Mei 2023 dengan total lebih dari 500.000 pemilih.

Menurut Presiden Joko Widodo, logo Pohon Hayat ini memiliki filosofi yang sejalan dengan semangat pembangunan IKN, yang juga menjadi sumber kehidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia nantinya.

"Pohon Hayat ini adalah pohon kehidupan. Pohon kehidupan dan kita semuanya berharap logo Pohon Hayat ini akan menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat kehidupan baru bagi kita semuanya," ujarnya ketika menyampaikan sambutan saat peluncuran logo IKN.

Pohon Hayat, Logo Resmi IKN Nusantara Resmi Diluncurkan

Filosofi logo Pohon Hayat

Logo IKN Nusantara | IKN Nusantara
info gambar

Dengan tampilannya yang elegan, logo ini dipilih 133.069 orang atau 26,6% pemilih. Bersumber dari situs Pilih Logo IKN, inspirasi penciptaan logo ini adalah dari penghayatan akan simbolisme pohon yang ada di dari barat hingga timur Indonesia.

Lebih detail, dalam presentasi identitas visual dari Aulia Akbar, beberapa contoh konsepsi pohon seperti ini dapat dilihat dalam kebudayaan Lampung, Gunungan Jawa-Bali, Batang Garing suku Dayak, sastra I La Galigo dari Bugis, hingga pada Perisai dari suku Asmat di Papua.

Pohon Hayat dalam logo ini digambarkan tumbuh dari sebuah 5 akar yang merupakan representasi dari Pancasila sebagai ideologi bangsa. Kemudian, bagian tengah atau batang adalah 7 pulau besar di Indonesia.

Di batang tersebut, terdapat detail garis yang menunjukkan sungai yang menjadi tipologi wilayah Indonesia sebagai simbol dari masyarakat maritim sekaligus representasi bahari Indonesia. Laut dan sungai sendiri adalah sebuah penghubung dari masyarakat yang kemudian menjadi sebuah lingkaran utuh.

Dari lingkaran tersebut, tumbuh menjadi 17 kembang mekar. Yang mana, jumlah tersebut merepresentasikan hari kemerdekaan Indonesia. Bentuk logo ini juga memiliki siluet perisai segi enam. Bentuk ini menggambarkan Perisai Kehidupan Talawang Kalimantan sebagai simbol pertahanan.

Konseptualisasi sistem grafis logo resmi IKN | Aulia Akbar
info gambar

Untuk font yang digunakan dalam logo ini bernama IKN Sutasoma yang merupakan rancangan dari POT Branding House, agensi digital yang dimiliki oleh Aulia Akbar. Inspirasi font tersebut berasal dari aksara tertua yang ada di Asia Tenggara dari Kutai, yaitu huruf Pallawa.



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini