5 Ide untuk Dijadikan Peluang Bisnis PRJ, Mau Coba?

5 Ide untuk Dijadikan Peluang Bisnis PRJ, Mau Coba?
info gambar utama

Siapa yang ingin berkunjung ke PRJ atau Pekan Raya Jakarta? Tentunya PRJ memang selalu dinantikan oleh warga DKI Jakarta dan sekitarnya, ya. Mengapa itu bisa terjadi? Sebab, PRJ selalu menghadirkan berbagai tenant yang super keren dan lengkap. Dari tenant-tenant tersebut, Kawan mungkin akan melihat ide sebagai peluang usaha dalam PRJ.

Selain 'magnet' tersebut, PRJ juga menghadirkan beragam acara hiburan, seperti konser, pameran, dan permainan seru bagi pengunjung. Dengan tiket yang dibanderol sekitar Rp30.000 - Rp50.000, Kawan bisa mengunjungi PRJ sesuai jadwal. Kembali ke topik, apakah ide bisnis yang bisa dijadikan peluang usaha dalam PRJ? Mari kita simak!

Ide Bisnis PRJ 2023

1. Makanan dan Minuman

Snack
info gambar

Apakah Kawan sedang menjual makanan dan/atau minuman? Tentunya bisnis tersebut bisa jadi peluang keuntungan dalam acara Pekan Raya Jakarta 2023. Sebab, PRJ selalu menghadirkan tenant-tenant yang menyajikan berbagai makanan. Ditambah, terdapat banyak pedagang yang menjual makanan khas Jakarta.

Nah, rekomendasi makanan dan minuman yang bisa Kawan jual adalah keripik, kulit ayam krispi, kue, bittersweet, air mineral, milkshake, dan lain-lain. Kawan juga bisa memilih opsi yaitu membuka tenant di tempat yang strategis. Meskipun begitu, pembukaan tersebut dibutuhkan biaya sewa yang tinggi oleh panitia. Untuk kisarannya, Kawan harus merogoh kocek sekitar Rp3 juta - Rp5 juta dalam sebulan.

Baca juga: Kopi-kopi Tradisional dan Kekinian di Jakarta Fair 2019

2. Jasa Pulsa

Menurut sumber yang didapat oleh teman penulis, banyak pengunjung yang membutuhkan paket atau pulsa. Hal ini disebabkan PRJ merupakan momen yang tidak bisa dilewatkan di media sosial secara live. Maka dari itu, pengunjung biasanya membeli paket kuota atau pulsa agar bisa terus berselancar di internet dan media sosialnya.

Lalu, bagaimana cara mempromosikan jasa ini di PRJ? Kawan bisa menggunakan papan yang bertuliskan "Jasa Pulsa dan Pembelian Paket Kuota XL, Indosat, dan Tri"

Dengan promosi yang baik, Kawan bisa mendapatkan pelanggan lebih banyak. Kawan juga bisa melakukan strategi direct selling, yakni menawari pelanggan secara door-to-door.

3. Jual Aksesoris

Yap, seperti yang dilakukan oleh tenant PRJ lainnya, Kawan juga bisa melakukan konsep dagang yang sama, yakni menjual aksesoris. Lalu, apa yang harus dibedakan dengan pedagang aksesoris lainnya? Tentunya, Kawan harus mengetahui tentang aksesoris yang ingin dijual. Contohnya, Kawan ingin menjual aksesoris bertema Kpop, Jpop, atau klub sepakbola tertentu.

Aksesoris akan bertambah nilai jualnya ketika Kawan melakukan secara buatan tangan. Yap, biasanya aksesoris buatan tangan akan memiliki harga yang tinggi di pasaran. Ditambah, banyak pengunjung PRJ yang membutuhkan aksesoris sebagai oleh-oleh kecil untuk keluarga, pasangan, atau kerabatnya.

Baca juga: Jakarta Bakal Jadi Kota Bisnis Skala Global, Bagaimana Persiapannya?

4. Mainan Anak

Siapa yang menyukai mainan anak-anak? Dengan konsepnya yang lucu dan imut, mainan anak akan selalu jadi dambaan bagi pengunjung PRJ, khususnya keluarga. Dalam PRJ tahun lalu, penulis juga pernah melihat beberapa penjual keliling yang menawari mainan anak atau tenant khusus yang menjual permainan anak-anak.

Maka, Kawan juga bisa menyontek ide tersebut. Namun, Kawan juga perlu membedakan barang mainan yang Kawan jual. Contohnya, barang yang ingin dijual adalah boneka beruang dengan hiasan bunga, monopoli kustom, dan dongeng berbahasa Inggris. Apakah Kawan tertarik untuk menjual mainan anak-anak di PRJ?

5. Menjual Totebag/Kantong

Siapa yang mempunyai totebag dengan jumlah berlebih? Kalau bisa, Kawan jadikan itu sebagai ide bisnis dalam PRJ. Mengapa hal itu bisa jadi ide bisnis? Sebab, banyak pengunjung yang membutuhkan kantong atau totebag untuk menyimpan barang yang sudah dibelinya.

Selain itu, mereka juga perlu menyimpan barang pribadi, seperti skincare, handphone, dan barang pribadi lainnya. Perlu diketahui, totebag atau kantong harus didesain semenarik mungkin agar nilai jualnya semakin tinggi.

Kawan juga perlu memberikan keamanan, seperti zipper agar tidak terjadi kebocoran barang. Jangan lupa perhatikan kualitas kantong dan totebag karena pengguna juga notice hal itu.

Baca juga: Ratusan Pelaku UMKM Curhat Bisnis, 900 Mahasiswa Gerakkan Inovasi

Itulah beberapa ide bisnis yang bisa jadi peluang Kawan di event PRJ. Sebenarnya, ada banyak ide bisnis yang bisa Kawan jadikan sumber laba. Kawan perlu jeli dan cermat dalam memilih strategi pemasaran dan mengefektifkan biaya selama berjualan di PRJ. Kira-kira Kawan lebih pilih bidang bisnis yang mana di PRJ 2023, nih?

Referensi: bisnis.com | republika.co.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini