7 Rekomendasi Wisata Kuliner di Kalimantan Barat, Ingin Coba?

7 Rekomendasi Wisata Kuliner di Kalimantan Barat, Ingin Coba?
info gambar utama

Apakah Kawan sedang merasakan kuliner yang baru? Ada salah satu daerah yang menyajikan wisata kuliner dengan rasa enak dan khas. Yap, dia adalah Kalimantan Barat. Selain wisata alamnya, Kalimantan Barat juga terkenal dengan wisata kuliner, lo. Kira-kira apa saja wisata kuliner yang ada di Kalimantan Barat?

Rekomendasi Wisata Kuliner di Kalimantan Barat

Kalimantan Barat memang menyajikan berbagai makanan khas. Dengan rasanya enak, pastinya bikin liburan Kawan jadi memorable. Seperti apa makanan khasnya?

1. Bubur Pedas

Bubur Pedas
info gambar

Mungkin, Kawan akan mengira bahwa makanan khas Kalbar ini memiliki rasa pedas. Padahal, bubur pedas ini sebenarnya memiliki rasa yang gurih dan tidak pedas, lo. Diketahui, bubur dengan panggilan Bubbor Paddas ini mencampurkan berbagai sayur dan rempah-rempah yang khas.

Beberapa sayuran yang sering digunakan pada makanan khas ini adalah kangkung, daun pakis, daun kunyit, jagung, dan daun kesum. Untuk rempah-rempahnya, bubur pedas menggunakan lada hitam, bawang putih dan merah, tulang, daun salam, dan tetelan. Ditambah, bubur ini dipadukan dengan suatu kaldu sapi yang lezat dan bergizi. Apakah Kawan ingin mencicipinya?

2. Kwetiau Apollo

Kwetiauw Apollo
info gambar

Ada wisata kuliner yang terkenal di Kalimantan Barat. Yap, wisata tersebut bernama Kwetiau Apolla. Kuliner ini memang sangat terkenal di Kalimantan Barat, khususnya daerah Pontianak.

Baca juga: Mengenal Asal-usul dan Filosofi Rumah Adat Kalimantan Selatan

Ditambah, kedai Kwetiau Apolla sudah berdiri sejak 1968. Tentunya cita rasa yang terus dipertahankan akan membuat masyarakat ternostalgia. Diketahui, kwetiau apollo memiliki cita rasa manis dengan paduan cuka ikan dan kecap manis. Terdapat sambal spesial yang bikin Kawan tidak sabar mencicipinya.

Untuk lokasinya, Kawan bisa mengunjungi Jl. Patimura No. 63 Darat Sekip, Kota Pontianak. Apakah Kawan ingin mengunjungi dan mencicipi wisata kuliner ini?

3. Burung Punai

Burung Punai
info gambar

Apakah Kawan ingin mencicipi daging burung di Kalimantan Barat? Yap, Kawan bisa kunjungi wisata kuliner dengan membawa menu andalan, yakni burung punai. Ternyata, kuliner ini hanya ada di daerah Kalimantan Barat.

Pada intinya, burung punai hampir mirip dengan burung melati. Perbedannya adalah bulu burung punai berwarna hijau dan paruh berwarna merah. Masakan dari bahan burung punai biasanya diolah dengan cara dibakar atau digoreng.

Oh iya, salah satu wisata kuliner terkait burung punai ini, Kawan bisa kunjungi Jl. Raya Peniti, Pontianak. Restoran ini bisa Kawan kunjungi sekitar pukul 09.00 - 23.00 WIB.

Baca juga: IKN Bakal Punya Kereta Gantung Hingga KA Trans Kalimantan, Pembangunan Dimulai 2025

4. Kerupuk Basah

Kerupuk Basah
info gambar

Jika Kawan berkunjung ke Kalimantan Barat, jangan lupa berkunjung ke kedai makanan yang menjual kerupuk basah. Pada umumnya, makanan khas Kalimantan Barat ini biasa tersaji sebagai camilan masyarakat sekitar sungai Kapuas.

Diketahui, kerupuk basah diolah dengan cara dikukus atau digoreng. Perbedaan dengan kerupuk lainnya, kerupuk basah disajikan dengan sambal kacang. Selain itu, kerupuk basah ini berasal dari ikan, yakni tenggiri atau belida. Lalu, ikan tersebut diolah dengan campuran sagu. Sekilas mirip pempek, ya.

5. Chai Kwe

Chai Kwe
info gambar

Chai Kwe atau kue Chai merupakan kue asal Tionghoa. Namun, sangat terkenal di Bangka Belitung dan Kalimantan Barat. Sekilas bentuknya seperti kroket atau pastel, ya.

Nah, kalau kroket dan pastel itu digoreng, chai kwe diolah dengan cara dikukus. Isian dari chai kwe cukup beragam, seperti kucai, talas, dan bengkuang. Ditambah, terdapat topping bawang goreng dan sambal cocolan yang pedas. Pokoknya cocok sekali ketika Kawan butuh hidangan penutup.

6. Lek Tau Suan

Lek Tau Suan
info gambar

Nama makanan dengan unsur Tionghoa ini menjadi wisata kuliner di Kalimantan Barat. Namanya adalah Lek Tau Suan. Jika diterjemahkan, lek tau suan berarti butiran mutiara kacang hijau.

Pada intinya, lek tau suan merupakan makanan yang terbuat dari kacang hijau, lalu dimasak dengan kuah bening yang terbuat dari campuran tepung tapioka, gula, dan daun pandan. Makanan ini cocok dinikmati bersama cakwe atau gorengan.

7. Bakmi Kepiting

Bakmi Kepiting
info gambar

Siapa yang ingin mencicipi kepiting? Bagaimana jika kepiting dicampurkan dengan bakmi yang lezat? Wah, perpaduan tersebut menjadi makanan terkenal di Kalimantan Barat dengan nama bakmi kepiting.

Biasanya bakmi memiliki topping sawi, bakso, dan potongan daging ayam. Namun, topping yang digunakan pada makanan khas ini adalah kepiting. Kawan bisa merasakan tekstur mi yang kenyal dan rasa seafood dalam kepiting. Salah satu gerai rekomendasi yang menyediakan bakmi kepiting adalah Bakmie Kepiting Ju Hui yang berlokasi di Jl. Budi Karya No.7-8, Pontianak.

Baca juga: Mengenal 5 Jenis Rumah Betang, Rumah Adat Kalimantan Tengah dan Keunikan Cirinya

Itulah beberapa rekomendasi wisata kuliner di Kalimantan Barat. Jika Kawan ada rekomendasi kuliner lain di Kalimantan Barat, boleh untuk cantumkan di kolom komentar, ya.

Referensi: celebes.co | gramedia.com | sayurbox.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini