Liga Esports Nasional, Tempatnya Para Jagoan Olahraga Virtual Beradu Mekanik

Liga Esports Nasional, Tempatnya Para Jagoan Olahraga Virtual Beradu Mekanik
info gambar utama

Siap-siap! Liga Esports Nasional 2023 bakal hadir sebagai ajang untuk para jagoan olahraga virtual saling beradu mekanik, alias membuktikan diri sebagai yang terbaik.

Kancah eSports Tanah Air semakin melangkah maju. Selain ramainya kompetisi-kompetisi yang melibatkan para pemain Indonesia, itu terlihat dari bakal hadirnya kompetisi resmi yang terorganisir dan terstruktur.

Nama kompetisinya adalah Liga Esports Nasional. Ajang tersebut telah resmi diluncurkan pada 27 Juni lalu dan pada 2023 ini pula musim perdananya akan langsung digelar.

Untuk mengelola Liga Esports Nasional, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) menunjuk Garudaku sebagai operator kompetisi. PBESI menyebut bahwa Liga Esports Nasional adalah wujud komitmen dan keseriusan untuk mencapai prestasi tertinggi di perhelatan eSports Tanah Air. Di samping itu, sistem pembinaan prestasi berkelanjutan juga tak ketinggalan diterapkan.

"Oleh karena itu Liga Esports Nasional 2023 dipersiapkan untuk misi jangka panjang sebagai bagian dari pembinaan strategis PBESI dalam terus meningkatkan kompetensi pelatih serta atlet nasional berkompetensi dunia." ujar Ketua Harian PBESI Komjen Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, SH.,M.Hum,.

Kembali Beraksi di IFSC World Cup 2023, Akankah Panjat Tebing Indonesia Terus Bersinar?

Format Liga Esports Nasional

Liga Esports Nasional punya format yang serupa dengan kompetisi olahraga pada umumnya. Ada sistem hirarki dengan promosi dan degradasi yang menentukan posisi dan level sebuah tim di kompetisi ini.

Pada musim perdananya, Liga Esports Nasional dijalankan dengan tiga level liga. Level-level tersebut diberi nama mirip seperti kompetisi sepak bola nasional, yakni Liga 3, Liga 2, dan Liga 1.

Untuk musim perdana ini, baru ada satu gim yang dipertandingkan di Liga Esports Nasional, yaitu Mobile Legends Bang Bang. Namun, PBESI tak menutup kemungkinan untuk turut mempertandingkan gim lain di musim-musim berikutnya.

Pertandingan Liga 1 yang merupakan level tertinggi Liga Esports Nasional akan digelar secara luring di 5 kota besar dalam dua babak. Babak pertama adalah Group Stage dengan 16 tim peserta. Kemudian Babak kedua adalah playoff yang diikuti 6 tim terbaik.

Perlu diketahui, hanya Liga 1 yang pertandingannya digelar luring. Untuk Liga 2 dan Liga 3, pertandingannya akan digelar secara daring dari studio.

Format kompetisi seperti demikian selaras dengan slogan #LiganyaIndonesia yang diusung Liga Esports Nasional. Ada 3 konsep utama yang diusung yaitu Terbuka, Tersebar, dan Tertata. Artinya, ajang ini bersifat terbuka, berformat hierarki dengan promosi dan degradasi, tersebar ke seluruh penjuru tanah air, serta dikelola secara profesional, dan transparan.

Sudah siap beraksi di Liga Esports Nasional 2023? Ada total hadiah Rp3.000.000.000 (tiga milyar rupiah) yang sudah menanti.

Mengenal Piala Dunia U-17, Ajang Sepak Bola Internasional yang Bakal Digelar di Indonesia



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini