Perangi Hoaks di Masyarakat, Panduan Daring Khusus Pemilu 2024 Disiapkan

Perangi Hoaks di Masyarakat, Panduan Daring Khusus Pemilu 2024 Disiapkan
info gambar utama

Sebagai dukungan komunikasi publik, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tengah menyiapkan panduan daring untuk publik khusus Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dilansir dari Antara, Direktur Jendral Informasi Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong menjelaskan e-book panduan Pemilu 2024 itu akan berisi informasi seputar waktu pelaksanaan, jumlah peserta, hingga jumlah partai politik yang terlibat.

Pemerintah juga akan mengedukasi masyarakat mengenai informasi hoaks yang beredar selama Pemilu 2024 melalui buku panduan tersebut.

Pihaknya mengatakan panduan daring tersebut memiliki format living document. Itu artinya, informasi yang dalam e-book panduan khusus Pemilu 2024 akan diperbaharui mengikuti perkembangan situasi dan kondisi.

Panduan daring itu diharapkan dapat memberikan informasi umum yang lengkap dan jelas kepada masyarakat mengenai Pemilu Serentak 2024. Masyarakat pun diharapkan bisa terdorong untuk ikut menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi ini.

MK Putuskan Pemilu 2024 Pakai Sistem Terbuka, Apa Bedanya dengan Sistem Tertutup?

Edukasi Penyuluh Informasi Publik

Di sisi lain, pemerintah juga mengintensifkkan edukasi para Penyuluh Informasi Publik (PIP) untuk menyukseskan keberlangsungan Pemilu pada 2024.

Edukasi yang diberikan menjadi bekal bagi para PIP untuk menyebarluaskan informasi dan mengajak masyarakat agar bisa berperan aktif dan tidak golongan putih (golput). Dengan ini, pesta demokrasi yang berlangsung setiap lima tahun sekali bisa berjalan optimal.

Program yang dibawakan Direktorat Jenderal IKP Kemenkominfo tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat di daerah terpencil yang tidak terjangkau oleh infrastruktur telekomunikasi.

Tak hanya menyampaikan informasi terkait tata cara Pemilu, PIP juga disebut memiliki peran vital untuk mengajak masyarakat agar mau berpartisipasi menggunakan hak pilihnya. Termasuk juga menangani hoaks yang beredar di tengah masyarakat.

Sejauh ini, pemerintah telah melakukan dua pelatihan PIP khusus untuk Pemilu 2024 di daerah Jawa Barat dan Pulau Sumatera. Pihaknya mengatakan masih akan ada pelatihan sejenis sebanyak dua sampai tiga kali untuk PIP di wilayah lainnya.

Mewujudkan Pemilu Tertib: Persiapan dan Tantangan yang Harus Diatasi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini