Atlet ASEAN Paragames Berprestasi Terima Bonus dari Presiden, Total 320 M

Atlet ASEAN Paragames Berprestasi Terima Bonus dari Presiden, Total 320 M
info gambar utama

Pasca merebut banyak pencapaian dari gelaran ASEAN Paragames 2023, Presiden Joko Widodo memberikan bonus sebagai apresiasi atas kerja keras para atlet hingga akhirnya mengharumkan nama Indonesia di kancah olahraga.

Dalam ajang olahraga tersebut, kontingen Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan perolehan medali yang terdiri atas 158 medali emas, 148 medali perak, dan 95 medali perunggu. Sedangkan untuk total uang yang sudah disiapkan untuk bonus atlet sendiri senilai Rp320 miliar 500 juta.

Presiden Joko Widodo memberikan bonus sebagai bentuk apresiasi atas prestasi gemilang para atlet dalam gelaran ASEAN Paragames 2023, yang telah mengharumkan nama Indonesia di dunia olahraga. Kontingen Indonesia berhasil meraih juara umum dengan total perolehan medali sebanyak 158 emas, 148 perak, dan 95 perunggu. Total uang yang disiapkan untuk bonus atlet mencapai Rp320 miliar 500 juta.

Dalam sambutannya di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 3 Juli 2023, Presiden menyatakan bahwa masyarakat Indonesia sangat bangga atas prestasi para atlet yang berhasil meraih juara umum untuk ketiga kalinya dalam ajang tersebut.

Jokowi memberikan pesan kepada para atlet untuk memanfaatkan bonus apresiasi ini dengan bijaksana, sehingga dapat membantu meningkatkan prestasi mereka. Presiden juga mengingatkan agar para atlet mempertimbangkan untuk menggunakan bonus tersebut untuk berinvestasi dalam barang-barang jangka panjang.

“Saya ingin sedikit berpesan, betul-betul manfaatkan bonus yang ada ini untuk tetap berlatih dan memacu prestasi. Jangan dibelikan barang-barang mewah. Belikan barang-barang yang untuk investasi jangka panjang karena ini duitnya gede banget, emasnya Rp525 juta itu bukan duit kecil, apalagi yang dapat medali sampai banyak seperti yang saya lihat di depan saya tadi,” tutur Presiden.

Penyerahan bonus apresiasi dilakukan secara simbolis kepada para perwakilan atlet yang telah mengharumkan nama Indonesia dengan prestasi gemilang dalam ASEAN Paragames 2023. Sebagaimana dikutip dari keterangan resmi Presiden RI, beberapa perwakilan atlet penerima bonus tersebut adalah:

  1. Peraih medali terbanyak (Rp525 juta) kepada Maulana Rifky Yavianda, cabor para-renang;
  2. Peraih medali emas termuda (Rp367,5 juta) kepada Nia Ramadani, cabor para-voli duduk;
  3. Peraih medali perak termuda (Rp315 juta) kepada Sholahuddin Al Ayubi, cabor para-atletik;
  4. Peraih medali emas tunggal (Rp525 juta) kepada Siti Mahmudah, cabor para-angkat berat;
  5. Peraih medali emas ganda (Rp420 juta) kepada Subhan dan Rina Marlina, cabor para-bulutangkis;
  6. Peraih medali emas beregu (Rp367,5 juta) kepada Fajar Pambudi, cabor judo tunanetra;
  7. Peraih medali perak tunggal (Rp315 juta) kepada Marinus Melanus Yowei, cabor para-renang;
  8. Peraih medali perak ganda (Rp252 juta) kepada Osrita Muslim dan Ida Yani, cabor para-tenis meja;
  9. Peraih medali perak beregu (Rp220,5 juta) kepada Felix Ardi Yudha, cabor boccia;
  10. Peraih medali perunggu tunggal (157,5 juta) kepada Ryan Arda Diarta, cabor para-atletik;
  11. Peraih medali perunggu ganda (Rp126 juta) kepada Aman Suratman, cabor para-tenis meja; dan
  12. Peraih medali perunggu beregu (Rp110,25 juta) kepada Lilis Herna Yulia, cabor para-catur.

Selain pemberian bonus apresiasi kepada para atlet, Presiden Jokowi juga memberikan penghargaan secara simbolis kepada perwakilan pelatih yang turut berperan penting dalam kesuksesan kontingen Indonesia di ASEAN Paragames 2023, yaitu Bangun Sugito dari cabor tenis meja, Matsuro dari cabor para-catur, dan Eko Supriyanto dari cabor angkat berat, masing-masing sebesar Rp210 juta.

Timnas Putri U-19 Indonesia Menatap Piala AFF



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini