Timnas Putri U-19 Indonesia Menatap Piala AFF

Timnas Putri U-19 Indonesia Menatap Piala AFF
info gambar utama

Timnas Putri U-19 Indonesia kini sudah ditunggu ajang bertajuk AFF U-19 Women's Championship 2023. Persiapan pun mulai dilakukan.

Ajang AFF U-19 Putri kali ini bakal diselenggarakan pada tanggal 5-15 Juli 2023. Indonesia bakal bersaing dengan sembilan negara lain untuk memperebutkan gelar juara.

Ajang ini merupakan turnamen sepak bola putri yang mempertemukan negara-negara Asia Tenggara. Sesuai nama turnamennya, setiap negara bakal mengirimkan pemain berusia 19 tahun ke bawah.

Di bawah arahan Rudy Eka Priyambada selaku pelatih Timnas Putri U-19 Indonesia, persiapan pun dilakukan. Sebagai tahap awal, sebanyak 30 pemain dipanggil untuk menjalani pemusatan latihan di Palembang.

Pemusatan latihan di Palembang sekaligus menjadi seleksi pemain. Setiap tim hanya diperbolehkan mendaftarkan 23 pemain, sehingga akan ada 7 pemain yang dicoret.

Di Palembang, tim menjalani latihan sebanyak dua sehari, yakni pada pagi dan sore hari. Selain itu, ada pula menu latihan fisik di gym.

Selama menjalani pemusatan latihan, Timnas Putri U-19 Indonesia tidak hanya berlatih rutin, namun juga melakoni laga uji coba. Menariknya, mereka beruji coba melawan tim pria dan bertanding dua kali sehari.

Dua laga tersebut digelar di Stadion Atletik, Palembang, Kamis (29/6) malam. Timnas Putri U-19 Indonesia bertanding melawan Farmel Hatta dan PUSRI. Hasilnya, Farmel Hatta dikalahkan 1-0, lalu PUSRI dikalahkan dengan skor 2-1. Setelah itu, masih ada satu uji coba lagi yang dijadwalkan.

Rudy Eka Priyambada menanggapi positif performa anak-anak asuhnya dalam laga nelawan Farmel Hatta dan PUSRI. Ia melihat Timnas Putri U-19 Indonesia sudah oke secara fisik, mental, dan permainan.

"Hari ini kita ingin melihat secara mental anak-anak melawan pria dari tim PUSRI dan Farmel. Saya pikir anak-anak secara mental, fisik sudah oke dan juga sudah mengerti cara bermain, baik saat bertahan maupun saat menyerang," ujar Rudy Eka seperti dilansir laman resmi PSSI.

Di ajang AFF U-19 Putri kali ini, Indonesia yang berstatus tuan rumah tergabung di Grup A bersama Kamboja, Laos, dan Timor Leste. Di laga perdana, Indonesia akan melawan Timor Leste pada 5 Juli 2023. Lalu di laga kedua, Indonesia melawan Laos di tanggal 7 Juli 2023. Kemudian di laga ketiga, Indonesia bermain dengan Kamboja pada 9 Juli 2023.

Giliran Timnas Bola Voli Putra Indonesia Beraksi di AVC Challenge Cup 2023







Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini