Lestarikan Kesenian Rakyat, Pradapa Loka Bhakti Unjuk Bakat

Lestarikan Kesenian Rakyat, Pradapa Loka Bhakti Unjuk Bakat
info gambar utama

Indonesia merupakan negara yang mempesona dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Terletak di antara Samudra Pasifik dan Hindia, Indonesia menawarkan panorama yang spektakuler, mulai dari pegunungan yang menjulang tinggi, hutan tropis yang lebat, pantai-pantai yang memukau, dan pulau-pulau eksotis yang tersebar di seluruh Nusantara.

Tidak hanya itu, Indonesia menawarkan kekayaan budaya yang melimpah. Keberagaman budaya juga menjadi salah satu daya tarik yang mencerminkan keragaman etnis, bahasa, agama, dan tradisi yang ada di dalamnya.

Dengan lebih dari 17.000 pulau dan lebih dari 300 kelompok etnis yang berbeda, Indonesia menjadi tempat yang unik dimana berbagai kebudayaan saling berpadu dan berkembang seiring waktu. Setiap pulau di Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang unik dan memiliki ciri khasnya masing-masing, tidak terkecuali Pacitan.

Pacitan merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur. Memiliki keindahan alam maritim dan nuansa alam yang apik, Pacitan menyimpan aneka macam warisan budaya yang terus dikembangkan. Tepatnya di Desa Pelem, Kecamatan Pringkuku kebudayaan khas asli Indonesia berkembang secara luas.

UGM Siap Kembangkan Perbaikan Kerusakan Syaraf Penyebab Glaukoma

Desa Pelem sebagai daerah didirikannya sanggar tari Pradapa Loka Bhakti menjadi ikon budaya Pacitan yang dikenal hingga di kancah internasional. Berdiri sejak tahun 1975 oleh Bapak Sukarman atas minat dan kesenangan di bidang kesenian khususnya seni tari, beliau mengajak Ibu Suminyati untuk menjadi penari pertama dari “kelompok” tari khas Pacitan yang saat ini telah menjadi sanggar yang mendunia. Seiring berjalannya waktu, sanggar Pradapa Loka Bhakti telah menciptakan tari khas Pacitan karya Bapak Sukarman yang diberi nama Tari Eklek.

Tari Eklek merupakan tarian khas pacitan yang terinspirasi dari kebiasaan masyarakat setempat Desa Pelem pada khususnya yang mayoritas berprofesi sebagai petani. Petani setempat ketika menuju ladang membawa eklek atau wadah untuk sabut memotong rumput. Disebut eklek karena ketika berjalan, terdapat arit dan tong kayu yang bertabrakan dan mengeluarkan suara “klek klek”.

Selain Tari Eklek, sanggar Pradapa Loka Bhakti juga menarikan Tari kethek ogleng yang merupakan tarian khas Pacitan. Tarian-tarian ini sering dipertunjukkan saat perayaan lokal oleh masyarakat setempat, atau sering kali muncul dalam acara peringatan hari jadi Kabupaten Pacitan.

Sanggar Pradapa Loka Bhakti menjadi kunci dalam seni tradisional di Pacitan khususnya di Desa Pelem dengan menawarkan pelatihan tari. Sanggar ini telah memiliki izin resmi sebagai Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP). Di sanggar ini, pengunjung diberi kesempatan untuk ikut dan belajar dalam beragam kegiatan seni yang diadakan.

Keberadaan sanggar ini sangat penting dalam menjaga keberlanjutan budaya lokal Pacitan. Melalui pembelajaran dan praktik seni tradisional, sanggar ini berusaha mempertahankan pengetahuan lokal dan memperkenalkannya kepada generasi muda. Selain itu, sanggar Pradapa Loka Bhakti sering tampil dalam acara budaya dan festival di Pacitan dan daerah sekitarnya, membantu memperluas penyebaran seni budaya Pacitan.

Sanggar Pradapa Loka Bhakti juga secara rutin menggelar pertunjukan seni yang melibatkan siswa dan guru sanggar. Pertunjukan ini bisa berupa konser musik, tarian, atau teater. Penonton dapat menikmati penampilan yang menakjubkan dan mendapatkan wawasan tentang kekayaan seni budaya Pacitan.

Partisipasi aktif sanggar Pradapa Loka Bhakti dalam festival seni dan budaya di Pacitan juga mencerminkan komitmen mereka dalam mempromosikan seni tradisional Pacitan kepada masyarakat lokal dan wisatawan. Mereka kerap mengundang seniman dari berbagai daerah untuk tampil dalam festival tersebut, menciptakan suasana yang hidup dan dinamis.

Tongkat Pintar ala Mahasiswa UGM, Bisa Membantu Tunanetra dan Lansia

Selain itu, sanggar juga menjalin kolaborasi dengan komunitas seni lainnya, baik lokal maupun internasional. Melalui kerjasama tersebut, mereka berbagi pengetahuan, pengalaman, dan keahlian dalam memperkaya kualitas seni yang dihasilkan. Ini memberikan manfaat tidak hanya bagi sanggar, tetapi juga memberi peluang bagi para seniman untuk berinteraksi dan belajar dari satu sama lain.

Sanggar Pradapa Loka Bhakti juga memberikan kesempatan bagi siswa berbakat untuk mengembangkan karir di dunia seni. Mereka mendorong dan membimbing siswa-siswa yang menunjukkan potensi serta memberikan motivasi belajar ke tingkat yang lebih tinggi.

Secara keseluruhan, Sanggar Pradapa Loka Bhakti adalah pusat kegiatan seni tradisional yang berperan penting di Pacitan. Melalui pembelajaran, pertunjukan, dan kolaborasi seni, sanggar ini menjaga keberlanjutan budaya Pacitan dan memberikan wadah bagi para seniman muda untuk mengembangkan bakat mereka.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini