Wisata Hidden Gems di Lorok

Wisata Hidden Gems di Lorok
info gambar utama

Pacitan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang memiliki berbagai potensi salah satunya potensi di bidang pariwisata, sehingga dapat dikembangkan menjadi industri pariwisata. Potensi pariwisata tersebut meliputi wisata pantai, wisata goa, wisata budaya/religi, wisata rekreasi dan wisata industri. Namun demikian, belum semua tempat-tempat wisata tersebut diketahui oleh masyarakat secara luas.

Hal tersebut dikarenakan Pemerintah Kabupaten Pacitan dan Dinas Pariwisata Kabupaten Pacitan belum memulai perencanaan untuk mengelola dan mengembangkan semua tempat wisata di Kabupaten Pacitan dengan baik. Secara administrasi, Kabupaten Pacitan terdiri dari 12 kecamatan dengan Kecamatan Ngadirojo merupakan salah satunya. Kecamatan Ngadirojo memiliki luas sekitar 9430,97 ha, di mana terbagi menjadi 18 desa.

Desa Sidomulyo dan Desa Wiyoro merupakan desa di Kecamatan Ngadirojo yang memiliki potensi pariwisata. Desa Wiyoro merupakan desa yang memiliki keindahan alam cukup menarik dengan suasana pedesaan yang tenang. Desa ini dikelilingi oleh pegunungan yang hijau dan berpotensi sebagai desa wisata. Selain itu, Desa Sidomulyo memiliki potensi wisata alam karena berada di kawasan pinggir pantai, sehingga banyak potensi wisata pantai.

Sudah banyak wisata alam yang terutama wisata pantai yang sudah dikelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pacitan, tetapi masih banyak juga potensi lain yang belum digali secara mendalam. Potensi wisata di Desa Wiyoro yang belum dikenal masyarakat luas adalah Air Terjun Kapyuran, sedangkan potensi wisata di Desa Sidomulyo yang belum dikenal masyarakat luas adalah Pantai Siwil.

KKN UGM, Deroduwur yang Memeluk dengan Kehangatan
Pantai Siwil merupakan salah satu pantai hidden gem di Pacitan, Jawa Timur
info gambar

Sidomulyo memiliki potensi wisata tersembunyi berupa pantai yang bernama Pantai Siwil. Pantai ini berlokasi sedikit tersembunyi sehingga belum terjamah banyak wisatawan. Letak Pantai Siwil ini seperti diapit oleh dua bukit, memiliki pasir berwarna putih, dan terdapat banyak terumbu karang yang memecah ombak. Sayangnya, akses ke pantai ini hanya bisa dilewati oleh kendaraan beroda dua saja.

Pantai Siwil memiliki keindahan yang luar biasa karena airnya yang jernih, ditambah di tepi pantai ini terdapat bebatuan jenis karang yang dapat menambah keindahan pantai. Jernihnya air laut di pantai ini membuat hewan kelomang dapat terlihat dengan jelas. Hal ini menunjukkan bahwa pantai ini masih terjaga alami. Pantai Siwil terletak di Dusun Tawang Wetan dan jauh dari pemukiman.

Akses ke lokasi Pantai Siwil masih terbilang susah karena hanya bisa diakses oleh transportasi roda dua. Kondisi jalan masih belum diaspal dan masih berupa tanah, sehingga ketika kondisi hujan akses yang ditempuh akan sulit.

Potret beberapa Mahasiswa KKN-PPN UGM Unit Ngadirojo yang berfoto bersama anak-anak sekitar Desa Wiyoro di Air Terjun Kapyuran
info gambar

Selain potensi wisata hidden gem di Desa Sidomulyo berupa Pantai Siwil yang indah, terdapat objek wisata tersembunyi lain yakni air terjun di tengah-tengah desa. Air terjun tersebut bernama Kapyuran, disebut Kapyuran karena air yang keluar dari sumber mata airnya tidak terlalu deras kecuali pada musim hujan yang mana arusnya cukup deras dan akan lebih terlihat menarik.

Air Terjun Kapyuran berasal dari sumber mata air Kapyuran yang berada di Desa Wiyoro dan saling terhubung dengan aliran air lainnya. Air Terjun Kapyuran terletak di tengah-tengah Dusun Kaliatas dan jalan menuju air terjun tersebut sangatlah mudah yakni dapat diakses melalui Google Maps.

Selain berpotensi untuk dijadikan wisata yang menarik, Air Terjun Kapyuran dalam kehidupan sehari-harinya turut digunakan oleh warga sekitar untuk menyalurkan air bersih dan digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Air Terjun Kapyuran memiliki tampilan visual yang memanjakan mata dengan batuan putih dan air jernih yang segar membuat setiap orang yang melihatnya merasakan kesejukan dan kesegaran alam.

KKN-PPM UGM 2023, Fokuskan Pengembangan Agribisnis Kopi di Lampung Barat

Namun, di balik keindahan yang tercermin dari Air Terjun Kapyuran tersebut masih terdapat beberapa kekurangan yang harus ditingkatkan untuk kemajuan dan perluasan jangkauan air terjun itu sendiri mengingat potensi air terjun ini cukup menarik dan membuat Desa Wiyoro lebih dikenal. Beberapa kekurangan yang ada seperti belum adanya penunjuk jalan menuju lokasi air terjun. Sehingga jika ke sana hanya berdasarkan arahan warga setempat saja apabila tidak membuka Google Maps.

Selain itu, belum adanya papan infografis mengenai informasi Air Terjun Kapyuran itu sendiri dimana ini merupakan salah satu hal penting untuk objek wisata agar jelas dan menambah wawasan para wisatawan yang berkunjung, serta belum adanya pengelolaan secara aktif dari pihak Pemerintah Desa setempat atau masyarakat Kaliatas.

Kedua potensi objek wisata di atas sangatlah menarik untuk dikunjungi dan wajib masuk list jika Kawan GNFI berkunjung ke Pacitan khususnya ke Ngadirojo sebagai salah satu cara untuk mempromosikan pariwisata Indonesia, Salam Wonderful Indonesia!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KN
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini