Sosok Nyi Rambut Kasih, Ratu Sakti yang Muncul untuk Lindungi Majalengka

Sosok Nyi Rambut Kasih, Ratu Sakti yang Muncul untuk Lindungi Majalengka
info gambar utama

Masyarakat Majalengka mempunyai cerita melegenda yang dikisahkan sudah turun temurun hingga kini. Legenda tersebut menceritakan tentang keberadaan sosok Nyi Rambut Kasih yang dikeramatkan oleh masyarakat.

Dinukil dari Detik, Nyi Rambut Kasih adalah sosok seorang ratu dari Kerajaan Sindangkasih, Majalengka. Sosok Nyi Rambut Kasih ini begitu dikeramatkan oleh masyarakat karena dipercaya mempunyai kekuatan dan ilmu supranatural yang tinggi.

Situ Cipanten, Wisata Danau Terbaik di Daerah Majalengka

Sosok Nyi Rambut Kasih ini dipercaya keberadaanya di petilasan, Dusun Leuwilenggik, Kelurahan Sindangkasih, Kecamatan Majalengka. Petilasan ini disebut-sebut sebagai tempat Nyi Rambut Kasih menghilang kala itu.

“Nyi Rambut Kasih akan muncul jika Kabupaten Majalengka dalam bahaya. Banyak orang yang sering melihat penampakan wanita cantik dengan penampilan ratu zaman dahulu di pendopo Majalengka,” tulis Sri Rohmatiah Djalil dalam Majalengka Kota Angin dan Misteri Hilangnya Nyi Rambut Kasih.

Sosok cantik dan sakti

Petilsan Nyi Rambut Kasih/Instagram
info gambar

Nana Rohmana selaku Ketua Grumala (Grup Madjalengka Baheula), sekaligus penikmat sejarah mengungkapkan sosok Nyi Rambut Kasih saat ini dipercaya hanyalah sebuah kisah legenda belaka.

Tetapi pada masa silam, sosok Nyi Rambut Kasih diceritakan sebagai seorang ratu dari Kerajaan Sindangkasih dengan paras cantik yang memiliki kekuatan sakti mandraguna. Sehingga begitu dicintai oleh rakyatnya.

Mengenal Jatiwangi Art Factory, Pusat Seni dan Budaya di Majalengka

“Sosok ini adalah penguasa Kerajaan Sindangkasih yang juga masuk dalam legenda juga. Dia itu ratu yang sakti mandraguna, cantik dan belum menikah karena tidak memiliki keturunan,” sambungnya.

Walau belum diketahui kebenaran sejarah mengenai sosok Nyi Rambut Kasih. Tetapi masyarakat masih tetap meyakini keberadaan sosok ini. Bahkan petilasan Nyi Rambut Kasih tetap dirawat hingga kini.

“Lokasinya juga di Dusun Leuwilenggik yang artinya lenggik itu perempuan yang ramping, kemudian leuwi artinya sungai. Jadi katanya beliau sering mandi di sungai,” ujarnya.

Punya kamar khusus

Petilasan Nyi Rambut Kasih/Instagram
info gambar

Karena Nyi Rambut Kasih dipercaya sering menampakkan diri di beberapa tempat, seperti di Pendopo Bupati Majalengka. Pemerintah Majalengka diketahui memberikan tempat khusus yang disediakan untuk Nyi Rambut Kasih.

Kamar khusus itu konon katanya sengaja dikosongkan sebagai tanda penghormatan bagi Nyi Rambut Kasih yang diyakini adalah sesepuh di Majalengka. Meski dikosongkan, di kamar ini terdapat barang-barang seperti kasur, lemari hingga cermin.’

“Di pendopo juga ada kamar khusus Nyi Rambut Kasih. Kalau saya perhatikan di pendopo ini, untuk penghormatan beliau sebagai sesepuh jadi dibuatkan kamar,” jelasnya.

Menjelajahi Ragam Destinasi Wisata Unggulan di Kota Angin, Majalengka

Naro menyatakan banyak masyarakat yang mengaku sering berjumpa dengan sosok perempuan cantik. Selain itu ada kepercayaan soal lagu engko yang harus dimainkan manakala ada masyarakat Majalengka yang menggelar hajatan.

“Di Majalengka kalau ada orang hajatan itu harus memainkan lagu engko. Kalau gak mainin lagu ini katanya ada orang kesurupan, hujan angin atau apa gitu. Lagu itu katanya kesukaan Nyi Rambut Kasih. Tapi sekarang sudah mulai hilang mitos ini,” ujarnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini