SDN 1 Sikunang X KKN-PPM Kejajar UGM: Menuju Perwujudan SDGs "Pendidikan Berkualitas"

SDN 1 Sikunang X KKN-PPM Kejajar UGM: Menuju Perwujudan SDGs "Pendidikan Berkualitas"
info gambar utama

Wonosobo (07/07/2023) - SDN 1 Sikunang merupakan pendidikan tingkat sekolah dasar yang berlokasi di Dusun Sikunang, Desa Sikunang, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. SDN 1 Sikunang tersebut merupakan sekolah dasar satu-satunya yang berada di Dusun Sikunang.

SDN 1 Sikunang terdiri dari 6 kelas dengan total siswa sekitar 113 siswa dengan rincian kelas 1 terdiri dari 21 siswa, kelas 2 terdiri dari 18 siswa, kelas 3 terdiri dari 14 siswa, kelas 4 terdiri dari 12 siswa, kelas 5 terdiri dari 22 siswa, dan kelas 6 terdiri dari 26 siswa. Setiap kelas diamanahkan kepada satu guru yang sekaligus merupakan wali kelas.

Di samping itu, wilayah SDN 1 Sikunang memiliki pemandangan yang indah dengan view ladang terasering di pegunungan Pemandangan tersebut seperti penyemangat warga sekolah untuk selalu antusias dalam kegiatan pembelajaran.

Berkaitan dengan agenda 2030 mengenai Sustainable Development Goals (SDGs), unit JT-134 KKN-PPM Kejajar UGM (Universitas Gadjah Mada) 2023 bekerja sama dengan SDN 1 Sikunang bersama-sama akan mewujudkan SDGs nomor 4, yakni “Pendidikan Berkualitas”.

Pemaparan dan Diskusi Program
info gambar

Perwujudan peningkatan pendidikan berkualitas di SDN 1 Sikunang tersebut diikuti oleh berbagai macam program yang diterapkan oleh KKN-PPM Kejajar UGM dari berbagai macam klaster, yaitu klaster agro, medika (kesehatan), saintek, dan sosial humaniora (soshum). Keempat program dari berbagai klaster tersebut diharapkan mampu membantu meningkatkan kualitas pendidikan di SDN 1 Sikunang yang tidak hanya dari sudut pandang pendidikannya namun juga dari sudut pandang sumber daya manusianya.

Sebelum program tersebut dilaksanakan, tim KKN-PPM Kejajar UGM melakukan pemaparan langsung kepada pihak sekolah disertai dengan diskusi interaktif berkaitan dengan kesesuaian program tersebut jika diterapkan di SDN 1 Sikunang. Sebagai hasil diskusinya, maka terbentuklah tanggapan positif dari pihak SDN 1 Sikunang kepada KKN-PPM Kejajar UGM untuk dapat bekerja sama menerapkan program-program tersebut di lingkungan sekolah.

Bapak Sutardi, S.Pd.SD. selaku kepala sekolah SDN 1 Sikunang menanggapi positif adanya KKN-PPM UGM Kejajar ini. Beliau menuturkan, “Kami memiliki harapan yang besar kepada KKN UGM ini dapat memberikan suatu yang bermanfaat kepada sekolah kami agar sekolah kami menjadi lebih bagus. Kami juga berharap adanya adopsi dari budaya sekolah dasar di perkotaan yang dapat cocok diterapkan di sekolah dasar lingkungan pedesaan. Selain itu, Adanya peningkatan kepercayaan diri siswa disertai dengan kemampuan mengeksplorasi diri lebih jauh dan mampu memantik potensi akan tumbuh seiring dengan berjalannya agenda ini.”

Diskusi di SDN 1 Sikunang
info gambar

Salah satu guru di SDN 1 Sikunang Ibu Diyah Yanuarsih, S.Pd.SD. juga menanggapi secara positif adanya program dari KKN ini. “Sebagai guru, kami senang sekali dengan kehadiran Mas dan Mbak KKN karena kami mengharap adanya perubahan di sekolah ini. Saya berpesan kepada Mas dan Mbak KKN untuk bisa sabar dalam menyampaikan ilmunya dan mampu maksimal dalam mempersiapkan materi dengan baik sekaligus kuasai materinya.”

Menanggapi hal positif tersebut, tim KKN-PPM Kejajar UGM sebagai kawan GNFI akan berusaha maksimal untuk mengimplementasikan program yang akan segera dilaksanakan di SDN 1 Sikunang. Hal tersebut guna mencapai SDGs “Pendidikan Berkualitas” dan menebar kebermanfaatan untuk berbagai aspek di SDN 1 Sikunang secara berkelanjutan.

Foto bersama guru
info gambar

“Kami berharap ada program yang dapat diterapkan secara berkelanjutan dan sekolah dapat meneruskannya walaupun KKN telah selesai dilaksanakan dengan disesuaikan oleh kondisi sekolah ini”, harap Bapak Sutardi, S.Pd.SD.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini