Festival Ekonomi Syariah dan Ekonomi Digital Digelar di Bukittinggi, Hadirkan PADI Reborn

Festival Ekonomi Syariah dan Ekonomi Digital Digelar di Bukittinggi, Hadirkan PADI Reborn
info gambar utama

Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Barat yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan mengadakan Festival Ekonomi Syariah dan Ekonomi Digital dalam waktu dekat.

Festival ini akan digelar di pelataran Jam Gadang dan Lapangan Kantin, Bukittinggi, Sumatera Barat pada 13 hingga 16 Juli 2023. Acara tersebut merupakan rangkaian dari Road to Festival Ekonomi Syariah se-Sumatera 2023.

Dilansir dari laman sumbarprov.go.id, festival ini nantinya akan mengusung tema "Penguatan Sinergi dan Inovasi Ekonomi dan Keuangan Syariah Melalui Dukungan Digitalisasi untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Barat yang Inklusif."

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Barat, Endang Kurnia Saputra menyampaikan harapan supaya acara ini bisa menjadikan Sumatera Barat sebagai salah satu kiblat ekonomi syariah di Indonesia.

Hadirkan Berbagai Macam Acara dan Perlombaan

Berbagai kegiatan akan diselenggarakan dalam festival yang akan diadakan selama tiga hari berturut-turut.

Berbagai sosialisasi tentang keuangan bisa diikuti oleh setiap orang yang hadir pada festival ini.

Dikutip dari akun Instagram @bank_indonesia_sumbar, beberapa sosialisasi yang akan diadakan dalam Festival Ekonomi Syariah dan Ekonomi Digital ini diantaranya Sosialisasi Ekonomi dan Keuangan Syariah, Sosialisasi Cinta Bangga Paham Rupiah, hingga Sosialisasi Keuangan Inklusif. Selain itu, para pengunjung yang hadir dalam festival ini juga bisa mengikuti Pasar Murah with QRIS dan Pameran UMKM dari berbagai daerah.

Selain beberapa acara yang berkaitan dengan ekonomi dan dunia kewirausahaan, festival ini juga mengadakan berbagai perlombaan yang sudah mulai diseleksi sejak Juni lalu. Terdapat 13 perlombaan yang diadakan pada acara ini, mulai dari Lomba Dakwah Pesantren, hingga Lomba antar barista dari beberapa coffee shop yang ada di Sumatera Barat.

Para pemenang ini nantinya akan menjadi perwakilan Sumatera Barat dalam perlombaan tingkat Sumatera yang akan diadakan di Sumatera Utara.

Semarakkan Transaksi Digital dengan Penggunaan QRIS

Penggunaan transaksi digital dengan menggunakan QRIS menjadi salah satu tujuan dari diadakannya Festival Ekonomi Syariah dan Ekonomi Digital.

Tidak hanya di Sumatera Barat, penggalakkan penggunaan QRIS, baik bagi para pelaku usaha maupun pembeli juga sudah dilakukan di seluruh Indonesia.

Dikutip dari laman bi.go.id, angka pengguna QRIS di Indonesia sudah menyentuh angka jutaan. Hingga Februari 2023, jumlah pengguna QRIS di Indonesia sudah menyentuh angka 30,87 juta. Selain itu, para pedagang yang juga menggunakan fitur ini sudah berada di angka 24,9 juta.

Jumlah transaksi yang dihasilkan pun juga sudah mencapai angka yang fantastis. Tercatat, nominal transaksi QRIS hingga Februari 2023 sudah mencapai angka RP12,28 Triliun.

Pengadaan Pasar Murah with QRIS diharapkan bisa menjadi daya tarik agar fitur ini semakin familiar, khususnya bagi masyarakat Sumatera Barat.

Tampilkan PADI Reborn Sebagai Guest Star

Tidak hanya sosialisasi ekonomi dan pasar murah, Festival Ekonomi Syariah dan Ekonomi Digital juga menampilkan acara musik dengan menampilkan band papan atas, PADI Reborn sebagai salah satu hiburan yang bisa dinikmati oleh para pengunjung yang hadir.

Hadirnya PADI Reborn sebagai guest star dalam acara ini bisa menjadi daya tarik terbesar dari kegiatan.

Dilihat dari poster yang ditampilkan dalam Instagram @bank_indonesia_sumbar, PADI Reborn dijadwalkan akan tampil pada hari kedua festival, 14 Juli 2023 pukul 20.00-22.00 WIB.

Hadirnya band papan atas Indonesia ini tentunya akan mengobati para penggemar, khususnya bagi para Sobat Padi yang berada di Bukittinggi dan sekitarnya.

Jadi bagi kamu yang berada di Bukittinggi pada 13 hingga 16 Juli 2023, jangan sampai terlewat untuk hadir dalam rangkaian Festival Ekonomi Syariah dan Ekonomi Digital.

Referensi:

  • https://sumbarprov.go.id/home/news/22930-jadikan-sumbar-kiblat-ekonomi-syariah-festival-ekonomi-syariah-kembali-digelar-13-16-juli-di-bukittinggi
  • https://www.instagram.com/p/CtvCnxBJA0w/?hl=id
  • https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_259323.aspx

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini