Kalahkan Ramen dari Jepang, Rawon Dinobatkan sebagai Sup Terenak di Dunia Versi TasteAtlas

Kalahkan Ramen dari Jepang, Rawon Dinobatkan sebagai Sup Terenak di Dunia Versi TasteAtlas
info gambar utama

Rawon baru-baru ini meraih gelar sebagai sup paling lezat di dunia menurut penilaian TasteAtlas yang diumumkan pada Minggu (30/07/2023). Prestasi luar biasa ini menempatkan kuliner tradisional Indonesia ini di puncak daftar, mengungguli saingan tangguh seperti ramen dari Jepang dan tom kha gai dari Thailand.

TasteAtlas, melalui laman resminya, menggambarkan rawon sebagai hidangan sup dengan aroma khas, yang dibuat dari proses perlahan merebus daging sapi. Cita rasa rawon semakin memikat dengan sentuhan berbagai rempah-rempah tradisional seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai.

Karakteristik unik dari rawon terletak pada kuahnya yang berwarna hitam, yang dihasilkan dari penggunaan bahan kluwek. Namun, hal menarik yang perlu diperhatikan adalah bahwa kluwek memiliki sifat beracun jika dikonsumsi dalam bentuk mentah. Sebelum digunakan dalam hidangan, kluwek harus mengalami proses fermentasi terlebih dahulu untuk menghilangkan sifat beracunnya. Setelah itu, kluwek ditumbuk bersama rempah-rempah lainnya untuk memberikan rasa asam dan gurih yang khas serta warna hitam pekat yang menjadi ciri khas dari hidangan ini.

View this post on Instagram

A post shared by Seasia News (formerly Seasia.co) (@seasia.news)

Pengalaman makan rawon akan lebih lengkap ketika hidangan ini dihidangkan bersamaan dengan nasi hangat, telur asin, kecambah, dan sambal bagi mereka yang menyukai sensasi pedas. Selain menobatkan rawon sebagai sup terbaik di dunia, TasteAtlas juga memberikan rekomendasi beberapa kedai rawon terbaik di Indonesia, salah satunya adalah Rawon Setan yang berlokasi di Jalan Embong Malang I No.78, Genteng, Surabaya. Kedai ini telah menjelma menjadi legenda kuliner di Surabaya dan menjadi tempat wajib kunjung bagi para pecinta rawon.

Nama "Setan" dalam Rawon Setan mengisyaratkan bahwa warung ini hanya buka di malam hari. Dengan jam operasional dari pukul 12.00 hingga 01.00 WIB setiap hari, warung rawon ini menawarkan hidangan rawon dengan potongan daging yang besar dan empuk. Tidak hanya itu, cita rasa kuahnya yang nendang selalu berhasil memikat hati setiap pengunjung yang datang.

Rawon, sebagai kebanggaan kuliner Indonesia, telah berhasil menaklukkan lidah para penikmat makanan di seluruh dunia. Kehadirannya sebagai juara di dunia kuliner tidak hanya mengundang decak kagum, tetapi juga memberikan pengakuan internasional atas kelezatan dan keunikan cita rasa yang terkandung dalam hidangan tradisional ini.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini