Mengenal Tuas Jenis Pertama, dari Pengertian Hingga Contohnya

Mengenal Tuas Jenis Pertama, dari Pengertian Hingga Contohnya
info gambar utama

Tuas jenis 1 merupakan satu dari tiga jenis tuas, ketiga jenis tuas tersebut dari mulai jenis pertama hingga ketiga ternyata sangat berguna untuk meringankan pekerjaan kita sehari-hari. Salah satu kegiatan yang menggunakan prinsip tuas adalah yang berhubungan dengan benda.

Tuas sendiri memiliki arti sebagai pesawat sederhana yang bertumpu di salah satu titiknya dan digunakan untuk mengangkat beban berat, biasanya tuas ini dibuat dari kayu atau jenis lainnya.

Di antara benda yang membantu kegiatan kita tersebut tanpa kita sadari ternyata banyak yang memiliki cara kerja selayaknya tuas. Secara garis besar, tuas pun memiliki tiga bagian utama yang dapat dikenali secara lebih dalam. Kali ini kita akan mengenal lebih dalam lagi mengenai tuas jenis 1, mulai dari pengertian hingga contohnya. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut:

Pengertian dan definisi tuas jenis 1

Tuas Jenis 1 | pexels.com | Nikolaos Dimou
info gambar

Tuas jenis 1 atau dikenal juga dengan pengungkit jenis pertama ini memiliki kedudukan dari ketiga bagian yang dirancang dalam posisi sedemikian rupa. Posisi tersebut yakni berada di antara titik beban dan titik kuasa. Sehingga titik tumpu seringkali menjadi penengah dari kedua bagian tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa tuas jenis 1 ini memiliki jarak titik kuasa, titik tumpu, dan titik bebannya disesuaikan. Contoh tuas jenis 1 yang dapat kita lihat dari benda-benda sekitar seperti linggis, gunting, alat pencabut paku, hingga jungkat-jungkit.

Contoh tuas jenis pertama dan penjelasannya

Contoh tuas jenis 1 pada jungkat-jungkit | pexels.com/Gustavo Fring
info gambar

Kita contohkan benda yang menggunakan prinsip tuas jenis 1 ini jungkat-jungkit, dimana seseorang akan sulit dan merasa berat saat menjungkit ketika jarak orang di depannya berada di titik yang lebih jauh. Namun, jika berada di titik tumpu yang lebih dekat maka ia akan mudah untuk menjungkit.

Begitulah penjelasan mengenai cara kerja dari contoh tuas jenis 1 seperti permainan jungkat-jungkit. Nah, apakah Kawan pernah mencobanya? Yuk, buktikan sekarang cara kerja tuas jenis 1 ini.

Contoh soal tuas jenis 1

Tuas jenis 1 | bobo.grid.id/
info gambar

Sebelum memasuki pada contoh soal tuas jenis 1, Kawan harus tahu terlebih dahulu istilah-istilah pada rumus yang akan digunakan. Nah, rumus tersebut adalah:

KM= Lk/Lb = W/F
W x Lb = F x Lk

Keterangan :

F = Gaya (Kg.m/s² atau Newton)
Lk = Lengan Beban (m)
Lb = Lengan Kuasa (M)
W = Beban (Kg.m/s² atau Newton)
KM = Keuntungan mekanik (Tanpa Satuan)

Nah, sekarang kita masuk pada contoh soal tuas jenis 1 di mana terdapat sebuah tuas dengan keterangan sebagai berikut:

  • Lengan tuas (lk) memiliki panjang 80 cm
  • Lengan beban (lb) memiliki panjang 20 cm
  • Diberikan beban (W) sebesar 75 N

Pertanyaannya, berapakah gaya yang dihasilkan dan keuntungan mekanisnya?

Jawab:

Lengan tuas = lk + lb = 80
Lk = 80 - 20 = 60 cm

Jawaban pertanyaan pertama:

W x Lb = F x Lk
75 x 20 = F x 60
25 N = F

Nah, gaya minimal untuk mengangkat beban adalah 25 N

Jawaban pertanyaan kedua:

KM= Lk/Lb
60/20 = 3

Jadi, keuntungan mekanis yang didapatkan dari tuas tersebut adalah 3. Disimpulkan bahwa saat kita mengangkat beban 75 N, maka kuasa kita hanyalah sepertiganya saja yaitu 25 N atau 3 kali lebih ringan. Itulah gunanya tuas yang bisa memperkecil gaya dan memudahkan kita untuk mengangkat beban.

Itu tadi penjelasan mengenai tuas jenis 1 atau pengungkit jenis pertama yang disertai contoh alatnya serta contoh soal. Bagaimana Kawan? Sudah mengerti dan paham mengenai penjelasan tuas jenis 1 ini? Semoga bermanfaat.

Referensi :

https://www.youtube.com/watch?v=S4Qu-pN-xu
https://kids.grid.id/
https://bobo.grid.id/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini