Mengenal Seni Makrame, Bukan Sekadar Tali Temali

Mengenal Seni Makrame, Bukan Sekadar Tali Temali
info gambar utama

Macrame atau makrame merupakan salah satu bukti bahwa dunia seni senantiasa nggak ada matinya. Dari seutas tali yang kemungkinan besar hanya dijadikan sarana untuk menyatukan suatu barang, kesenian makrame bisa mengubahnya menjadi sesuatu yang penuh estetika.

Lantas, apa itu makrame? Makrame merupakan sebutan untuk seni ikat-mengikat tali yang nantinya menjadi sebuah bentuk bangun yang memiliki fungsi atau bentuk yang indah. Keseluruhan pengerjaan makrame dapat Kawan kerjakan menggunakan tangan. Selain menjadi hobi, kerajinan makrame tentunya bisa mendatangkan keuntungan karena memiliki nilai jual. Yuk, kita bahas lebih dalam!

Sejarah Awal Makrame

Para sejarawan meyakini bahwa kesenian makrame pertama kali muncul sekitar abad ke-13 di kalangan para penenun Arab. Kata makrame sendiri sejatinya berasal dari bahasa Arab mucharam yang berarti kisi-kisi atau susunan.

Sebelum kemunculannya, kesenian dari simpul tali memang sudah ada, namun belum menjadi sesuatu yang praktikal dan dapat digunakan seperti hasil karya makrame yang kala itu bisa menjadi shawl hingga handuk.

Selanjutnya, kesenian makrame mulai dibawa ke tanah Eropa, utamanya oleh para pelayar bangsa Moor selama perjalanan mereka dari Afrika Utara. Para pelayar tersebut menyibukkan diri dengan makrame agar tidak bosan dalam mengarungi laut lepas selama kurun waktu yang lama.

Berbagai barang dan simpul yang lebih rumit berhasil mereka temukan. Makrame kemudian pertama kali diperkenalkan di Spanyol pada abad 15, kemudian Italia di abad ke-16.

Baca juga: Menelusuri Jejak Karya Musik Indonesia dari Masa ke Masa

Pasang Surut Popularitas Makrame

Popularitas makrame memuncak di era Ratu Victoria di tanah Inggris (Victorian era). Kala itu makrame merupakan hobi favorit sebagian besar perempuan di semua kelas masyarakat. Makrame menemukan celah kejayaan di Amerika pada tahun 1970-an sebagai bentuk protes masyarakat terhadap produksi barang yang tidak etis.

Lalu, makrame sering ditemukan sebagai dekorasi rumah, sweater, hingga sandal. Sayangnya, mendekati akhir 70-an dan selama era 80-an, popularitas makrame menurun karena dianggap sebagai suatu hal yang ketinggalan zaman.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman dan perputaran tren, makrame kembali booming di masa kini, yakni abad 21. Hal ini khususnya disebabkan oleh banyaknya orang yang kembali menyukai gaya bohemian.

Kesan feminin yang makrame tampilkan juga menarik perhatian para perempuan masa kini. Ditambah lagi pengaruh media sosial yang kerap menjunjung tinggi sesuatu yang berbau estetika, seperti Pinterest dan Instagram yang membuat makrame semakin digemari meski telah ada sejak ratusan tahun lalu.

Memulai Berkesenian Makrame

Salah satu hal yang membuat makrame mudah mendapatkan penggemar baru adalah relatif mudah dipelajari daripada kesenian simpul lainnya. Untuk mulai membuat makrame sederhana, Kawan cukup menyiapkan tali dan gunting saja.

Adapun tali yang direkomendasikan untuk membuat makrame adalah tali berbahan kapas yang lembut dan mudah diikat. Selain itu, sebenarnya Kawan bisa menggunakan tali apa saja, atau bahkan benang. Namun, benang adalah opsi terakhir karena bentuknya yang terlalu tipis dan mudah melar ketika dikreasikan.

Sementara untuk mempelajari simpul-simpul dasar makrame hingga menjadi barang berguna nan cantik seperti gantungan atau dekorasi rumah, Kawan bisa mempelajari melalui YouTube. Sebab, sudah banyak video tutorial makrame yang bisa Kawan temukan. Siapa tahu, kesenian makrame tidak hanya sebatas menjadi hobi, tetapi bisa menjadi sumber pendapatan.

Baca juga: Karya Seni Lukis: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Makrame merupakan wujud dari kreativitas tanpa batas yang eksistensinya langgeng hingga lintas generasi. Kawan tertarik mempelajarinya?

Sumber referensi:

  • https://sarahmaker.com/how-to-macrame/
  • https://hemptique.com/pages/what-is-macrame#:~:text=The%20origins%20of%20macrame%20date,the%20Assyrian%20and%20Babylonian%20civilizations.
  • https://www.apartmenttherapy.com/brief-history-macrame-37059785
  • https://www.thesprucecrafts.com/what-is-macrame-4770893

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini