Anastasia dan Keschia, Pasangan Ibu-Anak Pertama yang Akan Terbang ke Luar Angkasa

Anastasia dan Keschia, Pasangan Ibu-Anak Pertama yang Akan Terbang ke Luar Angkasa
info gambar utama

Mengetahui berita tentang seorang atau sekelompok astronaut yang melakukan misi ke luar angkasa selalu menimbulkan decak kagum.

Apalagi jika hal tersebut dilakukan oleh sepasang ibu dan anak. Ya, Kawan tidak salah membaca. Di New Mexico, ada pasangan ibu-anak yang akan segera terbang ke luar angkasa untuk pertama kalinya.

Mereka adalah Anastatia Mayers dan Keisha Schahaff. Sang anak, Anastatia, merupakan mahasiswi ilmu fisika dan filosofi di Universitas Aberdeen di Inggris.

Gadis berusia 18 tahun tersebut akan menjadi astronaut termuda kedua yang akan menjelajah luar angkasa.

Kisah Anastatia dan Keisha

Mimpi bepergian ke luar angkasa sudah Anastatia pupuk sejak pertama kali ia mendapatkan kelas astronomi sewaktu SD.

Gadis berkebangsaan Antigua tersebut lantas meneruskan pendidikan tingkat tingginya di Aberdeen dengan mempelajari dua ilmu yang sekilas berseberangan: fisika dan filosofi.

Namun, seperti dikutip Virgin Galactic, Anastatia mengatakan bahwa kedua ilmu tersebut sesungguhnya bisa menghasilkan kombinasi yang menarik.

Terlebih, keduanya mampu menjadi wadahnya dalam mengekspresikan kecintaannya terhadap ilmu alam dan rasa penasarannya terhadap cara kerja dunia.

Kini, mahasiswi tahun ketiga tersebut akhirnya mampu mewujudkan mimpi ke luar angkasa. Bersama kru lain, termasuk sang ibu, Anastatia mengudara pada Kamis (10/8).

Sementara itu, sang ibu, Keisha Schahaff dapat turut mengudara karena memenangkan kompetisi yang diadakan oleh perusahaan penerbangan Virgin Galactic. Uniknya, Keisha memenangkan kompetisi tersebut secara hampir tidak sengaja.

Kala itu, ia tengah dalam perjalanan menggunakan maskapai Virgin Galactic dari Antigua ke Inggris untuk menemani Anastatia mengurus visa.

Tiba-tiba ia melihat iklan tentang kompetisi ke luar angkasa tersebut dan tanpa ragu mengisi undian.

Beberapa bulan setelahnya, Keisha menerima pengumuman yang menyatakan bahwa dia termasuk ke dalam 20 besar finalis, untuk kemudian akhirnya dinyatakan sebagai pemenang.

Baca juga: Seperti Apa Rasanya Sayuran yang Berasal dari Luar Angkasa?

Misi Galactic 02

Misi ke luar angkasa yang diikuti ibu dan anak tersebut bernama Galactic 02. Misi tersebut merupakan misi penerbangan komersial ke luar angkasa ke dua yang diselenggarakan oleh maskapai penerbangan Amerika Serikat.

Bila diuangkan, maka harga yang sebenarnya harus dibayar untuk mengikuti perjalanan tersebut adalah USD 450.000.

Bagi Anastatia, misi ini merupakan hal yang sangat penting di hidupnya. Ia berharap orang-orang akan menonton dan memberinya dukungan.

Sebab, harapannya adalah untuk membuktikan bahwa kita semua bisa menembus batasan dan meraih mimpi.

“Aku ingin orang-orang tahu. Tidak peduli dari mana kamu berasal, siapa dirimu, dan yang lainnya, mimpimu adalah mimpimu dan kamu bisa membuatnya jadi nyata, tak peduli apa yang orang lain katakan.” ujarnya, seperti dikutip BBC.

Tak jauh berbeda, bagi Keisha, misi ini juga sangat penting. Tak hanya sebagai wujud cinta kasihnya kepada sang putri.

Namun, melalui Galactic 02, ia juga merasakan kebahagiaan karena ia juga bisa mewujudkan mimpinya untuk pergi ke luar angkasa.

Masa Persiapan Anastatia sebelum ke Luar Angkasa

Sebelum berangkat, Anastatia memiliki waktu satu setengah tahun untuk mempersiapkan diri. Ia berusaha mempersiapkan kekuatan fisik dan juga mental untuk menghadapi pengalaman baru yang luar biasa tersebut.

Salah satu aspek yang ia ingin kembangkan adalah karakternya. Anastatia berharap bisa membentuk karakter diri yang lebih terbuka, oportunis, dan positif.

Di samping itu, ia sendiri sadar bahwa keseluruhan perjalanannya untuk mendapatkan kesempatan ke luar angkasa tersebut adalah pelajaran bahwa ia harus selalu percaya pada diri sendiri dan keberuntungan yang diberikan semesta.

Baca juga: Pesawat Luar Angkasa Milik NASA Mencapai Matahari untuk Pertama Kalinya

Demikianlah cerita menakjubkan dari Anastatia dan Keisha. Semoga menginspirasi Kawan untuk lebih berani bermimpi dan mewujudkannya, ya!

Sumber referensi:

  • https://www.abdn.ac.uk/news/22166/
  • https://www.virgingalactic.com/astronaut-bio-anastatia-mayers
  • https://www.bbc.com/news/uk-scotland-north-east-orkney-shetland-66405219

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini