ASEAN Fun Walk 2023, Jalan Santai sambil Kulineran Asia Tenggara di Vietnam

ASEAN Fun Walk 2023, Jalan Santai sambil Kulineran Asia Tenggara di Vietnam
info gambar utama

Setidaknya seribu orang dikabarkan telah mengikuti kegiatan “ASEAN Fun Walk 2023” yang digelar pada 12 Agustus 2023 di pusat kota Ho Chi Minh, Vietnam. Acara ini digelar dalam rangka memperingati hari jadi ASEAN yang jatuh pada tanggal 8 Agustus serta perayaan 10 tahun hubungan kemitraan strategis antara Indonesia dan Vietnam.

ASEAN Fun Walk 2023 diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal RI bekerja sama dengan Pemerintah Kota HCM dan Konsulat Jenderal negara ASEAN lainnya untuk mempromosikan semangat persahabatan, kerja sama dan perdamaian di antara negara-negara anggota ASEAN.

Berbagai lapisan masyarakat, baik dari pemerintah, akademisi, pemuda serta diplomat berjalan santai di Nguyen Hue Pedestrian Street yang menjadi pusat kegiatan masyarakat Kota Ho Chi Minh setiap akhir pekan.

Merasakan semangat ASEAN

Mengutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Chairman of HCMC People’s Committee, Phan Van Mai, dalam sambutannya sangat mengapresiasi inisiasi KJRI untuk menyelenggarakan kegiatan ASEAN Fun Walk sehingga masyarakat dapat saling mengenal dan merasakan semangat ASEAN.

“ASEAN Fun Walk adalah kegiatan yang pertama kali dilakukan di HCMC atas inisiatif KJRI. Tahun ini, Indonesia sebagai Ketua ASEAN telah meluncurkan banyak inisiatif yang penting pada ketiga pilar ASEAN untuk memperkuat ASEAN,” ungkapnya.

Sementara itu, Konsul Jenderal RI, Agustaviano Sofjan mengungkapkan bahwa kawasan Asia Tenggara merupakan kawasan yang dinamis dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Hal ini tidak lain karena ASEAN selalu mengedepankan dialog dan perdamaian.

Selain itu, kawasan Asia Tenggara mempunyai keragaman yang tinggi. Meski dengan keberagaman ini, ASEAN disebut memiliki hubungan yang kuat dan saling menguntungkan satu sama lain.

Sukses Gelar MGMAC dan AMF, Jakarta Sambut KTT ke-43 ASEAN

Menyatukan warga ASEAN

ASEAN Fun Walk 2023 juga menjadi ajang penyatu warga ASEAN yang tinggal di Kota Ho Chi Minh dalam suasana penuh semangat dan kegembiraan. Peserta yang hadir juga berkesempatan untuk mempelajari budaya melalui pertunjukan dan makanan dari berbagai negara ASEAN sekaligus merayakan keberagaman.

Usai jalan santai berakhir, para peserta disajikan makanan yang berasal dari masing-masing Konsulat Jenderal ASEAN di HCMC. KJRI dalam kesempatan ini, menyediakan makanan khas Indonesia seperti bubur kacang hijau, lemper, dadar gulung, dan risoles. Peserta dikabarkan antusias mencicipi jajanan tradisional ini.

Kesenian dan budaya yang ditampilkan melalui berbagai variasi pakaian tradisional masing-masing negara ASEAN juga menarik perhatian para peserta. Pertunjukan pencak silat yang dibawakan pemuda Vietnam membuat hadirin begitu antusias. Acara semakin semarak dengan, alunan dan gerak poco-poco yang dibawakan diaspora Indonesia serta diikuti secara spontan oleh para peserta.

Siap Sambut KTT ASEAN ke-43, Rehabilitasi JCC Segera Rampung 25 Agustus 2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini